Rekomendasi Penginapan di Pulau Poncan Sibolga




Hotel Wisata Indah - @maryadhie yadhie
Hotel Wisata Indah - @maryadhie yadhie

Tidak susah mencari di Indonesia karena status negara ini sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Namun, jika Anda sudah bosan berwisata ke Bali atau Pulau Lombok, Anda mungkin bisa menuju barat untuk menyambangi Pulau Poncan, dekat Kota Sibolga, Sumatera Utara. Selain panorama yang elok, pulau dengan luas sekitar 500 hektar ini juga telah didukung fasilitas penginapan.

Dilansir dari Wikipedia, Pulau Poncan adalah sebuah pulau di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, berjarak sekitar 7 km dari Kota Sibolga. Menjadi pulau terbesar di kawasan Tapanuli Tengah, nama ‘Poncan’ konon berasal dari kata ‘Found Change’ yang kemudian menjadi ‘Pon Can’ dalam pelafalan penduduk setempat yang dulu berdagang di pulau tersebut.

Sebenarnya, terdapat dua Pulau Poncan Sibolga, yaitu Poncan Gadang dan Poncan Ketek. Kedua pulau tersebut memiliki bersebelahan dan bisa dijangkau dalam waktu singkat menggunakan kapal cepat atau speedboat. Selain dua pulau itu, ada pula pulau lain yang juga dekat dengan Kota Sibolga, yakni Pulau Sarudik dan Pulau Panjang.

Jika Anda ingin berwisata ke Pulau Poncan, akses transportasi sangat mudah. Apabila Anda bertolak dari Kota Medan, Anda terlebih dahulu harus menempuh perjalanan darat sejauh 350 km atau membutuhkan waktu sekitar 9 jam ke Sibolga. Selanjutnya, perjalanan menuju ke Pulau Poncan dilakukan menggunakan speedboat yang tersedia di dermaga, dengan biaya sekitar Rp15 ribuan per orang.

Daya tarik utama Pulau Poncan Sibolga tentu saja pemandangan pantai dan laut yang sangat indah. Kedua pulau ini memiliki pantai yang sangat bersih sehingga membuat wisatawan yang berkunjung betah berlama-lama bermain. Pepohonan hijau yang melambai-lambai terkena embusan angin bakal membuat mata semakin adem.

Selain menikmati panorama pantai yang mengagumkan, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan ketika Anda berkunjung ke Pulau Poncan Sibolga. Anda bisa berenang di tepi pantai hingga diving atau snorkeling. Selain itu, Anda pun bisa melakukan aktivitas berkeliling pulau dengan menggunakan speedboat dan hanya dikenakan biaya yang cukup terjangkau.

Lihat Juga:   Omah Suket, Penginapan Minimalis & Murah di Pantai Indrayanti

Lalu, bagaimana dengan fasilitas pendukung? Tidak perlu khawatir, karena Pulau Poncan Sibolga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas memadai, termasuk penginapan. Namun, jika Anda kebetulan tidak kebagian di penginapan Pulau Poncan, Anda bisa mencari alternatif lain di sekitar Pantai Sibolga. Berikut kami sajikan penginapan di dan dekat Pulau Poncan.

Sibolga Marine

Penginapan ini beralamat di Jalan Kolonel Yos Sudarso No. 29, Poncan Gadang, Kota Sibolga. Sibolga Marine Resort bisa dikatakan sebagai akomodasi paling populer di Pulau Poncan. Menurut situs resminya, tempat inap ini telah berdiri sejak tahun 1997 silam, terletak di atas lahan seluas lebih dari 3 hektar dengan 70 unit kamar berbentuk seperti pondok yang didesain menyerupai rumah adat Batak.

Setidaknya, ada tiga kamar yang telah disediakan di tempat ini, yaitu Standard Room, Superior Room, dan Deluxe Room. Semua unit menawarkan pemandangan laut dan balkon, Standard dikatakan cocok untuk traveler single maupun couple. Sementara, Superior adalah kamar dengan desain elegan dilengkapi king size bed, sedangkan Deluxe menawarkan ruangan yang nyaman lengkap dengan living room.

Tarif Sibolga Marine Resort

Tipe KamarTarif
Standard RoomRp450.000 per malam
Superior RoomRp500.000 per malam
Deluxe RoomRp800.000 per malam

Selain tarif di atas, pihak Sibolga Marine Resort juga kerap mengadakan paket menginap pada musim-musim liburan. Paket yang tersedia biasanya 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, serta 4 hari 3 malam dengan harga mulai Rp700 ribuan hingga Rp3,3 jutaan. Jika Anda berminat singgah, reservasi bisa dilakukan melalui situs resmi hotel atau via nomor telepon (0631) 23278.

Sibolga Marine Resort - www.travelio.com
Sibolga Marine Resort – www.travelio.com

Hotel Wisata Indah

Jika Anda kebetulan tidak kebagian kamar di Sibolga Marine Resort, Hotel Wisata Indah mungkin menjadi opsi terbaik untuk menginap. Pasalnya, akomodasi ini terletak di tepi Pantai Sibolga, spot terdekat dari Pulau Poncan. Hotel Wisata Indah sendiri berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso No. 51, Pasar Baru, Sibolga.

Lihat Juga:   7 Hotel dan Penginapan Untuk Backpacker di Bandung

Hotel Wisata Indah menjadi favorit banyak pelancong karena lokasinya yang berada di pinggir pantai dengan view laut yang elok. Selain itu, akomodasi ini juga memiliki kamar-kamar yang bersih dan luas, dengan fasilitas yang komplet, termasuk luar ruangan, restoran dengan sajian lokal dan Western, akses Wi-Fi gratis, hingga lift.

Pengelola sendiri telah menyediakan beberapa tipe kamar yang bisa dipilih oleh para tamu, seperti Superior Room, Deluxe Room, dan Nauli Suite. Untuk kamar paling , disewakan dengan biaya mulai Rp500 ribuan per malam. Jika Anda berminat, pemesanan dan informasi lebih lanjut dapat Anda peroleh dengan menghubungi nomor telepon (0631) 23688.

Hotel Wisata Indah - @maryadhie yadhie
Hotel Wisata Indah – @maryadhie yadhie

Hotel Prima Indah

Akomodasi ini beralamat tidak jauh dari Hotel Wisata Indah, tepatnya di Jalan Brigadir Jenderal Katamso No. 45, Kota Sibolga. Hotel Prima Indah bisa Anda capai setelah melakukan perjalanan sekitar 800 meter dari Terminal Sibolga. Sementara, apabila Anda hendak berwisata ke Pulau Poncan, Anda hanya perlu waktu 10 menit menyeberang dengan speedboat.

Menurut review beberapa wisatawan yang pernah singgah, Hotel Prima Indah dikatakan memiliki pelayanan yang lumayan baik. Selain itu, akomodasi ini juga memiliki lokasi yang bagus karena dekat dengan pantai. Meski demikian, beberapa tamu mengeluhkan sarapan yang terlalu standar serta sinyal Wi-Fi yang tidak begitu bagus.

Jika Anda menginap di kamar tipe Deluxe, Anda akan dikenakan biaya mulai Rp430 ribuan per malam. Sementara, tarif kamar Deluxe Triple berkisar Rp600 ribuan per malam dan tarif kamar Suite mulai Rp690 ribuan per malam. Untuk pemesanan, Anda bisa langsung datang ke lokasi, via situs booking online, atau menghubungi nomor telepon (0631) 22872.

Hotel Prima Indah - @Kadir Hong
Hotel Prima Indah – @Kadir Hong




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*