Pilihan Rekreasi di Desa Wisata Citengah Sumedang Harga Murah




Kampung Karuhun - www.korsum.id
Kampung Karuhun - www.korsum.id

Citengah merupakan desa wisata yang ada di , dan memiliki potensi wisata alam air terjun, wisata edukasi, wisata perkebunan, dan wisata kesenian.[1] Fasilitas yang ditawarkan setiap spot wisata di Citengah terbilang lengkap, dengan masuk yang dapat dikatakan relatif terjangkau.

Di desa wisata yang cukup di Sumedang ini, Anda bisa menikmati keindahan panorama alam Curug Gorobog, belajar kesenian di Kampung Karuhun, serta menjelajah perkebunan di Cisoka Eco Green Park atau di Puncak Sokawana. Untuk lebih jelas mengenai tempat rekreasi ini, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Curug Gorobog

Curug Gorobog merupakan wisata air terjun yang terbilang populer di Citengah dan berada di Sumedang Selatan, Jawa Barat. Spot rekreasi ini terbilang dekat dengan tempat wisata Kampung Karuhun. Dilansir dari Google Maps, dari kampung menuju curug ini, Anda membutuhkan waktu tempuh 20 menit berjalan kaki atau tiga menit berkendara.

Dikelilingi tebing dengan tumbuhan rambat dan pepohonan rindang, Curug Gorobog tampak seperti air terjun di negeri dongeng. Bagian bawah air terjun adalah sungai dengan batuan dan rumput yang masih asri. Sementara itu, bagian samping kanan dan kiri air terjun adalah hutan yang luas dengan pepohonan tinggi yang rindang.

Fasilitas umum yang ditawarkan tempat wisata alam ini terbilang lengkap. Anda bisa beristirahat sekaligus piknik di pinggir air terjun atau menikmati secangkir kopi di kafe dekat area hutan. Tak hanya itu, di spot rekreasi ini sudah ada toilet, tempat parkir, dan spot berfoto khusus dengan jembatan kayu.

Menurut review pelancong yang pernah berlibur ke Curug Gorobog, turis harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Ini belum termasuk tarif parkir, yakni Rp5 ribu per kendaraan. Biaya tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Lihat Juga:   Taman Nasional Wolong China, Tempat Wisata untuk Berinteraksi Langsung dengan Panda
Curug Gorobog - travel.kompas.com
Curug Gorobog – .kompas.com

Kampung Karuhun

Kampung Karuhun Sumedang merupakan tempat wisata semi buatan yang ada di Jl. Pagar Betis, Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Jawa Barat dan dekat Cisoka Eco Green Park. Dilihat dari Google Maps, dari green park menuju kampung wisata, Anda membutuhkan waktu tempuh 15 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Tak seperti kampung wisata pada umumnya, Kampung Karuhun memiliki pemandangan alam yang masih asri dengan sungai alami yang konon tak pernah surut. Di sekeliling sungai, terdapat bebatuan besar yang dimanfaatkan sebagai pembatas. Fasilitas lain yang ada di spot rekreasi ini adalah pondok dan gazebo sebagai tempat istirahat, jembatan kayu dengan pemandangan sungai dan hutan sekitar, area berpiknik, tempat bermain anak, spot foto, dan kolam renang yang dibekali waterboom. Ada juga kafe dan yang menawarkan hidangan lezat.

Berdasarkan review yang pernah pergi ke Kampung Karuhun, pelancong harus membayar masuk Rp15 ribu untuk dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak. Selain itu, ada fasilitas akomodasi yang dibanderol Rp300 ribu per malam. Biaya Kampung Karuhun ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Kampung Karuhun - www.korsum.id
Kampung Karuhun – www.korsum.id

Cisoka Eco Green Park

Cisoka Eco Green Park merupakan tempat wisata edukasi sekaligus agrowisata yang terletak di Citengah, Sumedang, Jawa Barat dan dekat Puncak Sokawana. Dilihat dari Google Maps, dari eco green park menuju Puncak Sokawana, Anda membutuhkan waktu tempuh 14 menit berjalan kaki atau tiga menit berkendara.

Lihat Juga:   Objek Wisata Populer di Semarang

Termasuk wisata semi buatan, Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri dengan pemandangan bukit dan hutan. Selain itu, ada banyak wahana permainan yang bisa Anda mainkan di spot rekreasi ini, seperti dayung sampan, naik perahu karet, dan berjalan di atas jembatan kayu.

Fasilitas lain yang disediakan Cisoka Eco Green Park adalah bersantai di tengah perkebunan teh, area memancing, spot foto di tengah danau buatan, dan bersepeda di area perkebunan. Selain itu, ada restoran keluarga dengan pemandangan pinggir sungai dan hutan yang menyediakan aneka dan .

Cisoka Eco Green Park - (YouTube: NGAPRAK SMTV)
Cisoka Eco Green Park – (YouTube: NGAPRAK SMTV)

Puncak Sokawana

Puncak Sokawana merupakan tempat rekreasi alam sekaligus edukasi yang ada di Citengah, Sumedang Selatan, Jawa Barat dan dekat Cisoka Eco Green Park. Dilansir dari Google Maps, dari Puncak Sokawana menuju eco green park tersebut, Anda membutuhkan waktu tempuh 14 menit berjalan kaki atau tiga menit menggunakan kendaraan bermotor.

Tak hanya bisa melihat keindahan alam sekitar, Anda bisa tracking di area perkebunan teh dan bersepeda. Selain itu, Anda bisa piknik dan bersantai di area pinggir kebun teh sambil menikmati pemandangan bukit dan hamparan hijau. Fasilitas umum yang ada di spot wisata ini, antara lain gazebo kecil dan bangku kayu, area bermain anak, dan jalur khusus sepeda di tengah kebun teh.

Puncak Sokawana - sumedangtandang.com
Puncak Sokawana – sumedangtandang.com

[1] Ridwan & Catur Surya. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Desa Citengah Kabupaten Sumedang. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer Universitas Pasundan, Vol. 10(1): 28-33.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan