Referensi Tempat Wisata Gratis di Pattaya untuk Anda yang Ingin Jalan-Jalan Hemat




Pasar Terapung Pattaya - turez.id
Pasar Terapung Pattaya - turez.id

Negara memang punya sejuta pesona. Negara yang masih dalam kawasan Asia Tenggara ini kerap dijadikan pilihan destinasi oleh para wisatawan asal Indonesia karena memiliki kultur serta kondisi yang tak terlalu jauh berbeda dengan Tanah Air. Ada banyak tempat yang bisa dituju untuk pelesir saat liburan ke Thailand, mulai dari ke Bangkok hingga kawasan yang tak kalah populer adalah Pattaya.

Pattaya dikenal sebagai daerah pesisir yang memiliki banyak pantai indah. Daerah yang dulunya hanya sebuah perkampungan nelayan yang tenang tersebut kini sudah berkembang pesat menjadi kawasan wisata, lengkap dengan sarana akomodasi berupa dan , pusat perbelanjaan, bar, club malam, hingga tempat-tempat wisata yang menarik. Bila Anda ingin menghemat pengeluaran, ada beberapa tempat wisata gratis di Pattaya. Berikut informasi lengkapnya.

Tempat Wisata Gratis di Pattaya

Pasar Terapung Pattaya

Mirip seperti pasar apung yang ada di Kalimantan, Pattaya ternyata juga memiliki pasar terapung yang cukup unik. Bahkan kabarnya Pattaya Floating Market disebut-sebut sebagai pasar terapung buatan manusia terbesar di dunia. Pasar apung yang buka sejak tahun 2008 silam ini berhasil menyedot perhatian wisatawan dan menjadi salah satu destinasi untuk jalan-jalan hemat saat berada di Pattaya.

Pasar tersebut berada di atas lokasi seluas 100 ribu meter persegi dan terdiri dari 4 area yang masing-masing mewakili arsitektur dan kebudayaan Thailand dari utara, barat , bagian tengah, sampai ke bagian selatan. Destinasi yang memadukan wisata arsitektur dan tempat belanja ini bisa Anda jadikan tujuan untuk mencari berbagai barang seperti mainan dari kayu khas Thailand, pakaian, hingga khas Thailand. Bahkan ada pula beberapa atraksi atau pertunjukan yang cukup menghibur lengkap dengan aksi gajah Thailand.

Walaupun tempat ini gratis, Pasar Terapung Thailand menyediakan kotak donasi yang menerima sumbangan dari para turis di sana. Untuk menuju pasar ini, Anda bisa naik songthaew warna putih dari selatan jalan tol Sukhumvit, dengan perjalanan sejauh 5,3 km. Biaya transportasinya sekitar 10-20 baht.

Lihat Juga:   Tiket Masuk, Panorama, dan Kegiatan di Wonder Hill Jojogan, Pangandaran
Pasar Terapung Pattaya - turez.id
Pasar Terapung Pattaya – turez.id

Wat Phra Yai

Selain Wat Pho di pusat Thailand, ada pula kuil Buddha lainnya yang cukup terkenal di Pattaya, yakni Wat Phra Yai. Kuil yang ada di atas Bukit Pratumnak antara Pattaya dan Pantai Jomtien ini begitu unik karena memiliki bangunan setinggi 18 meter yang cukup tinggi menjulang. Wat Phra Yai dikenal berkat arsitekturnya yang unik dan banyak juga pengunjung yang sengaja datang ke sana untuk beribadah.

Kuil megah ini didominasi warna kuning emas lengkap dengan dekorasi naga di sejumlah titik. Di sana Anda bisa menemukan patung Buddha berukuran besar yang kerap dijadikan spot untuk berfoto selfie oleh para wisatawan.

Wat Phra Yai - www.bangkok.com
Wat Phra Yai – www.bangkok.com

Walking Street

Nah, bila Anda ingin melihat seperti apa gemerlapnya suasana Pattaya, Anda bisa mampir ke Walking Street. Di tempat satu itu Anda bisa menemukan banyak street food atau jajanan khas Thailand yang menggugah selera. Meskipun tetap saja harus membayar setiap kali hendak membeli makanan, Anda juga bisa kok tidak keluar biaya sedikitpun jika hanya sekadar berjalan-jalan sambil melihat sekeliling. Jalanan ini terbentang dari Beach Road sampai Pelabuhan Bali Hai.

Di Walking Street ada banyak hiasan lampu neon yang menjadi ciri khas utamanya. Anda bisa bersantap makanan laut di restoran, menonton konser, pergi ke bar go go, club malam, hotel, diskotek, bar, hingga lokasi untuk menonton acara olahraga bersama.

Walking Street - Farangster
Walking Street – Farangster

Wat Yansangwararam

Lokasi kuil Wat Yansangwararam mungkin memang agak jauh, yakni ada di sebelah selatan Pattaya. Meski demikian, Wat Yansangwararam merupakan salah satu tempat wisata gratis yang banyak disukai oleh turis. Wat Yansangwararam ada di sekitar 20 km dari pusat Pattaya dan berdiri di atas lahan yang luas dan terdiri dari beberapa kompleks kuil.

Lihat Juga:   Selain Bakpia, Ini Oleh-Oleh Makanan Khas Jogja

Salah satu hal yang menarik dari kuil Wat Yansangwararam tentunya karena ada danau yang besar dan kebun yang membuat pemandangan kuil ini terlalu epik dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Arsitektur dari Wat Yansangwararam pun berbeda dari kuil pada umumnya di Thailand karena memadukan unsur arsitektur dari India, Jepang, China, Lanna Thai, dan Swiss. Di kuil juga dilengkapi dengan sejumlah monumen, termasuk monumen Raja Prajadhipok.

Silverlake Winery

Di Pattaya rasanya belum lengkap jika Anda belum mampir ke sebuah bernama Silverlake Winery. Silverlake Winery sendiri merupakan sebuah kebun anggur besar yang terletak di pedesaan sebelah tenggara Pattaya. Ada banyak varietas anggur yang ditanam di sana, mulai dari anggur putih, merah, dan rose wine.

Silverlake Winery menawarkan sebuah tempat romantis dengan suasana yang tenang bernuansa ala Eropa lengkap dengan bangunan ala Italia serta kebun bunga dan danau yang indah. Anda bisa tour atau mengelilingi kebun anggur menggunakan trem listrik, mencoba wine, makan siang, atau hanya sekadar menikmati suasana tenang dan pemandangan kebun anggur dengan latar belakang perbukitan, dan patung Buddha emas setinggi 130 meter dari Buddha Mountain.

Kabar baiknya, untuk sekedar masuk saja ternyata para turis tak dikenai entrance fee alias gratis masuk. Tetapi jika ingin ikut tur, siapkan budget antara 100-250 baht untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak 70 baht. Paket tur yang disediakan biasanya sudah termasuk 2 gelas wine (untuk dewasa) atau 1 botol jus anggur (untuk anak-anak). Asyik kan? Kapan lagi bisa mencicipi wine langsung dari pabriknya?




Tentang Dian Kartika1099 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan