Referensi Tempat Kemah di Kintamani, Sajikan Panorama Elok Gunung Batur




Pinggan Sunrise Camping - www.agoda.com
Pinggan Sunrise Camping - www.agoda.com

Kintamani memang tidak memiliki pantai elok seperti daerah lainnya di Bali. Namun, kecamatan yang berselang dua jam berkendara dari Denpasar ini menawarkan panorama pegunungan dan danau yang unik dan menakjubkan. Karena itu, tidak heran jika kemudian Kintamani menjadi yang populer untuk kemah atau , terutama mereka yang mengaku sebagai pencinta .

Ada beberapa kawasan yang dapat Anda jadikan lokasi berkemah ketika liburan ke Kintamani. Semuanya menyajikan pemandangan yang hampir mirip, yakni pegunungan, dan beberapa di antaranya punya panorama Danau Batur yang luar biasa. Penasaran di mana saja lokasi camping yang nyaman di Kintamani? Berikut kami sajikan bocorannya.

N’jung Bali Camp

Ketika Anda mengetik keyword ‘kemah di Kintamani’ atau ‘camping di Kintamani’, maka tempat ini langsung berada di halaman utama. Yup, N’jung Bali Camp menjadi salah satu lokasi camping yang sangat populer di Kintamani. Anda bisa menemukan tempat ini di Desa Songan, dan sebetulnya masih tergolong anyar karena baru dibuka pada tahun 2017 lalu.

Rute menuju N’jung Bali Camp cukup mudah. Jika Anda bertolak dari Kota Denpasar, perlu menempuh jarak sekitar 70 km untuk tiba di lokasi ini, sedangkan jarak dari Desa Penelokan, Kintamani cuma 10 km. Apabila Anda pernah berwisata ke Pemandian Air Panas Tota Devasya, jarak ke N’jung Bali Camp malam semakin dekat, hanya 2 km dari spot tersebut.

Camping ground ini memiliki ukuran yang sangat luas. Terdapat area seluas 2.500 meter persegi yang bisa dimanfaatkan sepuasnya untuk kenyamanan para wisatawan. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot membawa berbagai peralatan berkemah selama berada di tempat ini, karena semua peralatan sudah disediakan oleh pengelola.

Menurut ulasan traveler yang sempat singgah, N’jung Bali Camp dikatakan sebagai tempat kemah yang seru, cozy, dengan fasilitas yang memadai. Jika Anda tertarik kemah di tempat ini, pengelola menyewakan tenda dengan mulai Rp285 ribuan per malam, dan pemesanan dapat dilakukan via beberapa situs booking online.

N'jung Bali Camp - www.booking.com
N’jung Bali Camp – www.booking.com

Bali Sunrise Camp

Masih di Desa Songan, lokasi berkemah lainnya yang dapat Anda datangi adalah Bali Sunrise Camp. Tempat ini tepatnya terletak di Jalan Raya Caldera Batur, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bali. Dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali Sunrise Camp dapat ditempuh dengan jarak 81 km atau sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Dilansir dari situs resmi pengelola, para wisatawan dapat menikmati pemandangan di sekitar perkemahan. Traveler dijamin akan terkagum-kagum dengan pemandangan pegunungan, perbukitan, alam yang alami, dan juga samudera biru. Meski paket berkemah yang ditawarkan cukup singkat, tetapi sangat lengkap dan para peserta bisa mendapatkan pengalaman menikmati alam Bali yang indah dan juga menyaksikan kehidupan sosial masyarakat setempat di pulau eksotis itu.

Ada banyak paket kemah yang disediakan Bali Sunrise Camp, antara lain Camping & Village Trekking 2 Days 1 Night, Camping & Mountain batur Sunrise Trekking Short Trip 2 Days 1 Night, Camping & Caldera Sunrise Trekking Short Trip 2 Days 1 Night, dan lain-lain. yang ditawarkan pun beragam, namun rata-rata 50 dolar AS per orang.

Bali Sunrise Camp - www.lonelyplanet.com
Bali Sunrise Camp – www.lonelyplanet.com

Kayupadi Camping Ground

Juga berlokasi di Desa Songan, tepatnya di Jalan Kayupadi, lokasi ini juga dapat Anda jadikan untuk bermalam di tenda beramai-ramai bersama kawan atau . Kayupadi Camping Ground juga sering dijadikan lokasi camping dari pendaki setelah turun dari Gunung Batur karena hanya berselang sekitar 40 menit perjalanan berjalan kaki.

Menurut review beberapa pendaki yang pernah singgah, berkemah di tempat ini dijamin tidak akan mengecewakan. Pasalnya, pemandangan yang disajikan sangat elok, sehingga sangat direkomendasikan buat mereka yang mau berkemah dengan kawan atau keluarga. Selain itu, lokasi berkemah pun nyaman dengan fasilitas mandi yang bersih.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa berkemah di Kayupadi Camping Ground? Ternyata pelancong tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan Rp15.000 per orang, sudah bisa bermalam di tempat ini. Jika ingin menyewa tenda, harganya Rp40.000 isi 4 orang. Sementara, apabila cuma berkunjung, dikenakan tiket masuk Rp10.000 per orang, sudah termasuk fasilitas parkir, toilet, air, dan listrik.

Kayupadi Camping Ground - @kayupadicamp
Kayupadi Camping Ground – @kayupadicamp

Pinggan Sunrise Camping

Alternatif tempat berkemah lainnya di Kintamani adalah Pinggan Sunrise Camping. Sesuai namanya, Anda bisa menemukannya di Jalan Raya Pinggan, Kintamani, Bangli, Bali. Dari Desa Pinggan, jarak camping ground berkisar 2,87 km, sedangkan jika wisatawan hendak mendaki Gunung Batur, jarak dari lokasi sekitar 3,46 km.

Terletak tidak jauh dari Gunung Batur, daya tarik utama yang ditawarkan tempat ini tentu saja pemandangan Gunung Batur yang gagah sekaligus indah. Perjalanan ke atas bukit memang membutuhkan perjuangan dan mungkin sedikit menakutkan bagi mereka yang baru pertama kali camping. Namun, ketika sampai di atas, semua perjuangan akan terbayar tunai dengan panorama yang disajikan.

Sebenarnya, Pinggan Sunrise Camping baru booming pada tahun 2015 lalu, ketika para pengunjung mengabadikan momen-momen keren di bukit ini dan di-upload ke media sosial. Tidak hanya Gunung Batur, jika cuaca sedang cerah dan penglihatan tajam, wisatawan pun berkesempatan melihat pemandangan Gunung Rinjani di kejauhan.

Pinggan Sunrise Camping - www.agoda.com
Pinggan Sunrise Camping – www.agoda.com

Selain tempat-tempat di atas, Anda pun bisa berkemah di Bumi Perkemahan Gunung Batur. Anda bisa menemukan lokasi ini di Gang Pundukan, Serongga, Grembeng, Banjar, Jalan Pura Bukit Catu, Desa Songan, Kintamani, Bangli. Menurut ulasan beberapa wisatawan, tempat ini punya fasilitas yang komplet untuk berkemah, serta bisa trekking langsung ke puncak Gunung Batur.

Lihat Juga:   5 Wahana Air Seru dan Menarik di Bekasi




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan