Punthuk Setumbu, Spot Terbaik Menikmati Sunrise & Candi Borobur dari Atas Bukit




Punthuk Setumbu - www.rentalmobiljogjaku.com

Jika Anda sudah pernah menonton film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2, Anda pasti ingat adegan saat karakter Rangga dan Cinta berjalan-jalan di dan menikmati pemandangan matahari terbit alias sunrise di sebuah gereja yang bentuknya seperti ayam. Nah, ternyata gereja unik yang juga kerap disebut gereja burung merpati ini berada di kawasan perbukitan yang bernama Punthuk Setumbu. Jika dari Yogyakarta, Anda dapat menempuh dengan naik kendaraan selama sekitar 1 jam saja.

Punthuk Setumbu - www.rentalmobiljogjaku.com
Punthuk Setumbu – www.rentalmobiljogjaku.com

Punthuk Setumbu sendiri adalah sebuah dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut dan berada di gugusan Pegunungan Menoreh, tepatnya di Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Awalnya Punthuk Setumbu adalah ladang milik penduduk. Akan tetapi usai seorang fotografer membidik foto keindahan sunrise di balik Borobudur yang mempesona dari tempat tersebut, maka banyak orang yang mulai tertarik untuk mengunjungi Punthuk Setumbu.

Bukit Punthuk Setumbu menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise dan indahnya alam Jogja dengan latar belakang Merapi Merbabu. Yang lebih menarik lagi, Anda juga bisa menyaksikan langsung seperti apa megahnya Candi Borobudur saat pagi hari masih diselimuti dengan kumpulan kabut. Tak heran jika Punthuk Setumbu bisa menjadi sebuah spot untuk berfoto-foto ria dengan latar belakang alam yang sangat menakjubkan.

Lihat Juga:   Daftar Tarif Penginapan Terbaik di Serpong, Tangerang

Jalan menuju ke Punthuk Setumbu memang cukup terjal karena Anda harus trekking terlebih dahulu untuk mencapai puncak bukit. Pastikan untuk menggunakan sepatu yang nyaman ketika Anda hendak berjalan-jalan ke Punthuk Setumbu agar tidak terpeleset atau lebih mudah melalui medan yang naik-turun.

Jika dari parkiran yang berada di kaki bukit, Anda harus trekking menyusuri jalanan di bukit sekitar 15 menit agar dapat mencapai puncak. Apabila Anda tak kuat trekking hingga ke puncak, tidak jauh dari tempat parkir Punthuk Setumbu ada gazebo yang bisa Anda gunakan untuk melihat keindahan Candi Borobudur dari kejauhan. Tapi tentu saja sensasinya tak akan semaksimal saat memandang dari puncak bukit.

Lihat Juga:   Penginapan Lestari Lamongan, Tarif Murah Dekat Makam Sunan Drajat dan WBL

Waktu paling ideal untuk melihat sunrise adalah pada bulan Juni-Agustus, atau saat Jawa Tengah sedang mengalami musim kemarau. Pasalnya, saat kemarau biasanya sunrise di sana bisa terlihat jelas tanpa ditutupi kabut. Namun jika Anda memang ingin memotret Candi Borobudur dari jauh dengan berselimutkan kabut, Anda bisa datang kapan saja.

Anda setidaknya harus sudah tiba di lokasi sebelum pukul 05.00 WIB agar bisa melihat proses terbitnya matahari yang benar-benar akan membuat Anda begitu terbius menyaksikan keindahannya. Jangan khawatir, untuk menikmati pemandangan sunrise yang menawan dari Bukit Punthuk Setumbu, Anda hanya akan dikenai retribusi sebesar Rp 15 ribuan saja per orang. Cukup bukan?




Tentang Dian Kartika1086 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan