Pulau Merah di Banyuwangi: Pesona, Fasilitas, dan Harga Tiket




Pulau Merah Banyuwangi - infobanyuwangi.com
Pulau Merah Banyuwangi - infobanyuwangi.com

Selama ini, ketika berkunjung ke , mungkin sebagian besar wisatawan bakal memilih objek wisata seperti Ijen maupun Taman Nasional Blambangan. Padahal, di kawasan di pesisir timur Jawa tersebut menyimpan sejuta objek wisata menarik lainnya yang juga patut untuk dikunjungi, salah satunya Merah atau Red Island.

Pulau Merah Banyuwangi - infobanyuwangi.com
Pulau Merah Banyuwangi – infobanyuwangi.com

Pulau Merah berlokasi di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggarahan, Kabupaten Banyuwangi. Pulau ini disebut dengan Pulau Merah karena pulau ini memiliki dengan pasir berwarna merah, terutama ketika laut sedang surut. Sementara, beberapa kalangan mengatakan bahwa pulau ini disebut dengan Pulau Merah karena tepian bebatuan pantainya tampak seperti tanah merah.

Awalnya, Pulau Merah ini disebut dengan Pantai Ringin Pitu. Pergeseran nama dari Pantai Ringin Pitu menjadi Pulau Merah salah satunya disebabkan warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter tersebut. Sementara, versi lainnya menyebutkan, konon dulu pernah terpancar cahaya merah sehingga kemudian warga setempat menamakan kawasan ini menjadi Pulau Merah.

Lihat Juga:   7 Tempat Wisata Unik di Makassar yang Layak Dikunjungi Saat Liburan

Sebenarnya, Pulau Merah ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang 3 km. Dari bibir pantai tersebut, terdapat bukit kecil yang sangat cantik dengan tinggi sekitar 200 meter dari atas permukaan laut. Di bagian timur, wisatawan bakal dimanjakan dengan pemandangan pegunungan, sedangkan di pemandangan sunset atau matahari terbenam yang sangat indah bakal mengisi sudut sebelah barat pulau ini.

Selain pemandangan yang menawan, Pulau Merah juga memiliki ombak yang sangat bagus, dengan tinggi sekitar 2 meter dan panjang kurang lebih 300 meter, yang dikelilingi oleh pohon mangrove. Karena itulah, tidak mengherankan jika kemudian kawasan ini menjadi salah satu spot bagi wisatawan yang doyan dengan olahraga air, terutama selancar atau surfing.

Di waktu-waktu tertentu, banyak wisatawan asing yang berselancar di sepanjang pulau ini. Suasana yang sejuk dan disempurnakan dengan deretan pegunungan hijau membuat pengunjung betah berlama-lama di pulau ini. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sendiri telah bertekad menjadikan Pulau Merah sebagai destinasi untuk berselancar yang menjadi salah satu wisata andalan Banyuwangi. Di bulan Mei 2013 lalu, di pulau ini sempat diadakan kejuaraan surfing internasional yang diikuti peselancar dari 20 negara.

Lihat Juga:   Cigading Losmen, Penginapan Murah dan Standar di Cilegon

Angin di Pulau Merah sendiri boleh dibilang cukup kencang sehingga mampu menghasilkan ombak yang cukup tinggi. Karena itu, tidak salah jika kemudian banyak orang yang mengatakan kawasan Pulau Merah seperti Pantai Kuta atau Pantai Legian di Bali pada tahun 1970-an silam. Selain berselancar, aktivitas mengasyikkan lainnya yang bisa dilakukan di Pulau Merah adalah memancing, snorkeling, menyelam, bermain bola, atau sekadar menyusuri pantai.

Untuk bisa menikmati Pulau Merah, wisatawan hanya perlu merogoh kocek untuk membayar tidak sampai Rp10 ribu per orang. Di kawasan pulau ini, juga telah dilengkapi dengan berbagai penunjang, salah satu akomodasi penginapan. Dari Banyuwangi, Pulau Merah berjarak sekitar 80 km dan bisa ditempuh dengan angkutan umum dan dilanjutkan dengan menggunakan ojek.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*