Pulau Batu Garuda, Spot Cantik di Belitung dengan Batu Granit Usia 200 Juta Tahun




Pulau Batu Garuda - www.eventorganizer.co.id
Pulau Batu Garuda - www.eventorganizer.co.id

Apakah Anda sedang merencanakan keluarga? Jika iya, tidak ada salahnya untuk melancong ke . Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di daerah kepulauan tersebut, salah satunya mengunjungi Garuda. kecil tersebut menjadi salah satu destinasi bagi para turis karena punya warisan yang sangat elok.

Pulau Batu Garuda

Bangka Belitung sendiri merupakan salah satu provinsi yang kerap disinggahi para turis lokal maupun mancanegara. Apalagi semenjak film Laskar Pelangi booming, daerah tersebut semakin ramai. Alasan lain yang mengundang banyak untuk berkunjung, yaitu karena Provinsi Bangka Belitung terdiri dari dua pulau besar yang saling berhubungan.[1]

Sementara Pulau Bangka menjadi destinasi para pencari kuliner, lain halnya dengan Pulau Belitung yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk menikmati pesona alam provinsi ini. Pulau Belitung tidak hanya terkenal karena keelokannya, tetapi punya warisan yang saat ini masih lestari.

Pulau Belitung menyimpan warisan berupa batuan granit yang berusia 65 tahun hingga 200 juta tahun. Kumpulan batu granit tersebut membentuk sebuah pulau kecil yang diberi nama Pulau Batu Garuda. Lokasi Pulau Batu Garuda ini persis di depan Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung. Dari pesisir Pantai Kelayang, Anda sudah bisa melihat keindahan Pulau Batu Garuda yang cantik.

Untuk menuju Pulau Batu Garuda, Anda bisa menggunakan perahu tradisional atau perahu mesin yang disewakan oleh penduduk di pesisir pantai selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Lamanya perjalanan tergantung kecepatan perahu yang Anda naiki. Dari atas perahu, Anda bisa menikmati keindahan Pulau Batu Garuda yang dikelilingi oleh pasir putih dan air yang jernih. sewa perahu yang ditawarkan dari Pantai Tanjung Kelayang menuju Pulau Batu Garuda berkisar Rp100 ribuan hingga Rp400 ribuan.

Lihat Juga:   Info Harga Tiket, Fasilitas, dan Penginapan di Kampung Sawah Soreang
Pulau Batu Garuda - (YouTube: Belitung Island)
Pulau Batu Garuda – (YouTube: Belitung Island)

Keunikan Pulau Batu Garuda

Bagi Anda yang bertanya-tanya, mengapa pulau ini disebut sebagai Pulau Batu Garuda, coba perhatikan bentuk kumpulan batu granit yang paling besar. Anda akan menemukan tumpukan batu granit di tengah pulau yang bentuknya menyerupai kepala burung garuda. Batu granit tersebut adalah batu yang paling menonjol di antara batu lainnya.

Batu granit berbentuk kepala garuda tersebut berasal dari proses pembekuan magma yang bersifat asam, dengan kandungan silika hingga 65%. Batuan di sekitarnya membentuk batolit di kedalaman puluhan kilometer dari permukaan tanah. Adanya proses tektonik setelah terbentuknya batolit membuat batu tersebut terangkat ke permukaan tanah dan membentuk retakan yang membuatnya mirip dengan kepala garuda.

Kemunculan batu granit yang menyerupai kepala burung garuda tentunya membuat banyak orang heboh. Ini adalah salah satu daya tarik sekaligus keunikan Pulau Batu Garuda. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung akan berfoto tepat di depan batu granit tersebut. Momen ini tentunya cukup seru bagi sebagian besar orang, sekaligus sebagai bukti bahwa mereka pernah mengeksplorasi wilayah Belitung.

Selain untuk wisatawan, batuan granit yang ada di sekitar pulau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang yang bergelut di bidang geologi atau science. Bisa dibilang, Pulau Batu Garuda menjadi salah satu edukasi, karena pulau ini termasuk salah satu warisan geopark yang berusia 65 juta hingga 200 juta tahun.

Lihat Juga:   Villa Alfathania, Penginapan Tiga Kamar di Mutiara Panderman Residence, Batu
Pulau Batu Garuda - www.f3ri.net
Pulau Batu Garuda – www.f3ri.net

Kawasan Pulau Batu Garuda akan lebih indah menjelang petang. Anda bisa melihat senja dengan lebih puas dari pulau tersebut. Air laut di sekitar pulau yang dangkal dan bening akan memperlihatkan bayangan batu karang yang berkilauan. Sementara, jika malam tiba, kebanyakan batuan di sekitar pulau akan memantulkan cahaya, sehingga terlihat seolah bersinar dan berkilauan.

Selain berfoto dengan pemandangan yang indah, Anda juga bisa piknik di pulau tersebut. Banyak turis yang berduyun-duyun datang membawa keluarga mereka beserta perbekalan lengkap untuk piknik. Anda bisa menggelar tikar di pinggir pantai dan meletakkan berbagai macam hidangan di atas tikar.

Makan bersama keluarga sambil menikmati panorama pantai, tentu akan membuat suasana liburan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa beristirahat atau sekadar bersantai sambil mengabadikan senja di Pulau Batu Garuda.

Bagi Anda yang bosan memandangi pantai di sekitar pulau, Anda juga bisa mencoba melepaskan tukik bersama para wisatawan lainnya. Pulau Batu Garuda akan memfasilitasi Anda untuk melakukan pelepasan tukik, sebagai bentuk kepedulian terhadap hewan di pulau tersebut.

[1] Cipta, Hendra. 2017. Kawasan Ekonomi Khusus dan Potensi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Tawshiyah, Vol. 12(1): 1-18.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan