Pondok Lembah Bukit, Penginapan Murah di Pantai Wediombo

Pantai Wediombo - @Andreas Kurniawan

Pantai Wediombo merupakan salah satu alternatif wisata pantai yang menarik ketika Anda memutuskan berlibur ke Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini sendiri sudah sangat populer, salah satunya menawarkan pemandangan sunset yang diklaim paling sempurna di kawasan Gunung Kidul. Selain itu, meski tidak banyak, di sekitar Pantai Wediombo juga telah tersedia beberapa penginapan, salah satunya Lembah Bukit.

Sebelum membahas mengenai Pondok Lembah Bukit, kita kupas sedikit mengenai Pantai Wediombo. Dirangkum dari berbagai sumber, Pantai Wediombo beralamat di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini bisa Anda capai setelah melakukan sekitar dua jam berkendara dari pusat Kota Yogyakarta. Sementara, apabila Anda bertolak dari Wonosari, jarak ke pantai sekitar 40 km.

Jika Anda kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, menuju pantai ini bisa dilakukan dengan menumpang kendaraan umum. Anda bisa naik bus jurusan Jogja-Wonosari di Terminal Giwangan, kemudian dilanjutkan dengan naik minibus jurusan Wonosari-Jepitu. Minibus ini sendiri akan berangkat setiap 20 menit sekali. Selanjutnya, turun dari pertigaan Jepitu dan gunakan jasa ojek untuk mencapai Pantai Wediombo.

Banyak hal menarik yang bisa Anda saksikan dan lakukan ketika berada di Pantai Wediombo. Pantai ini adalah salah stu spot para pemancing. Jadi, jika Anda hobi memancing, Anda bisa menyalurkan kegemaran Anda di pantai ini. Biasanya, para pemancing berjejer di Bukit Karang karena di area tersebut terdapat banyak ikan laut, seperti kerapu, tenggiri, ikan cucut, bahkan ikan kakap batu.

Selain memancing, Pantai Wediombo juga menjadi spot yang pas untuk berenang, berselancar, atau sekadar bermain air. Pasalnya, pantai ini menyediakan kolam tersembunyi yang dikelilingi oleh gugusan karang. Kolam tersembunyi tersebut memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter dengan air yang sangat jernih dan cenderung tenang sehingga cukup aman dipakai berenang.

Nah, untuk mereka yang hobi mengeksplorasi keindahan bawah laut, juga bisa menyalurkan hobi itu di Pantai Wediombo. Pasalnya, pantai ini memiliki berbagai biota laut cantik yang tersembunyi. Wisatawan bisa melakukan snorkeling untuk melihat terumbu karang atau ikan-ikan laut yang lucu dan beragam biota laut lainnya.

Pantai Wediombo - @kus mar

Pantai Wediombo – @kus mar

Pantai berpasir putih ini pun juga sangat cocok untuk mereka yang ingin refresh. Pasalnya, terletak jauh dari perkotaan, suasana Pantai Wediombo cenderung sangat tenang. Selain itu, kondisi pantai ini juga tergolong bersih dari sampah. Jangan lupakan juga ketika sore menjelang dan cuaca mendukung, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam. Pantai Wediombo sendiri diklaim sebagai spot terbaik untuk melihat sunset dibandingkan pantai lainnya di Kabupaten Gunung Kidul.

Lihat Juga:   ‘Grand Boutique Spa’ di Hotel Orchardz Bandara Cengkareng

Fasilitas dan Pondok Lembah Bukit

Lalu, bagaimana dengan wisatawan yang datang dari jauh dan ingin bermalam? Jangan khawatir, karena meskipun jumlahnya tidak banyak, masih ada beberapa yang bisa dijadikan istirahat yang layak. Salah satu akomodasi tersebut adalah Pondok Lembah Bukit, yang beralamat di Jalan Joho, Pracimantoro, Pantai Wediombo, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Selain memiliki lokasi yang tidak begitu jauh dari Pantai Wediombo, Pondok Lembah Bukit sering direkomendasikan karena menawarkan tarif yang cukup di kantong. Ini tentunya sangat menguntungkan bagi wisatawan, terutama para backpacker, yang ingin menghemat anggaran wisata mereka ketika ke Yogyakarta.

Pondok Lembah Bukit sendiri bisa dibilang sebagai akomodasi setara hotel kelas satu atau hotel melati. Namun, berbeda dengan hotel melati atau losmen pada umumnya yang tampil ‘seadanya’, penginapan ini mengusung bangunan dengan desain yang cukup keren. Pengelola menyediakan kamar dalam bentuk pondok atau gubuk.

Setidaknya, ada satu pondok dan empat gubuk yang telah disediakan pengelola Pondok Lembah Bukit. Masing-masing kamar sudah didukung dengan fasilitas seperti ranjang atau kasur, kamar mandi pribadi dengan air tawar, serta kipas angin. Dengan membayar tarif sebesar Rp50 ribu sampai Rp200 ribuan, pengunjung sudah bisa menginap selama satu malam.

Lihat Juga:   Wisma Lotus, Penginapan Recommended Harga Rp 200 Ribuan di Purwokerto

Karena jumlah kamarnya yang minim, pengunjung yang berminat disarankan untuk memesan jauh-jauh hari jika tidak ingin kehabisan kamar. Reservasi atau booking kamar di Pondok Lembah Bukit bisa Anda lakukan melalui nomor (0274) 392115. Namun, jika kebetulan memang telah kehabisan kamar, Anda terpaksa harus mencari akomodasi yang lain.

Penginapan Lain di Pantai Wediombo

Masih ada alternatif akomodasi lainnya di sekitar Pantai Wediombo jika kebetulan Pondok Lembah Bukit full-booked. Salah satu yang terkenal adalah Joglo Wediombo Cottage & Resto. Tempat bermalam ini berada di persis di area Pantai Wediombo. Jika Pondok Lembah Bukit adalah akomodasi setara hotel melati, maka Joglo Wediombo Cottage & Resto hadir dengan level di atasnya.

Joglo Wediombo Cottage & Resto - @Fatih Naufal

Joglo Wediombo Cottage & Resto – @Fatih Naufal

Menurut ulasan para pengunjung yang pernah bermalam, Joglo Wediombo Cottage & Resto memiliki tempat yang cozy dan terlihat sangat mencolok dibandingkan bangunan lainnya karena berada di jalan menurun menuju pantai. Penginapan ini sendiri mengusung bangunan yang tergolong megah sehingga memberikan kesan nyaman untuk beristirahat.

Setidaknya, ada dua tipe kamar yang telah disediakan di tempat ini, yaitu Deluxe Room dan Family Room. Tipe Deluxe Room tersedia dalam tiga unit yang masing-masing memiliki dua tempat tidur. Sementara, kamar tipe Family Room tersedia dalam dua unit yang sangat cocok bagi wisatawan yang membawa kecil, dengan kapasitas 6 orang.

Lalu, berapat tarif inap yang dipatok di tempat ini? Jika Anda memilih kamar Deluxe, Anda akan dikenakan biaya sewa mulai Rp250 ribuan per malam. Sementara, tarif kamar Family berkisar Rp400 ribuan per malam. Untuk informasi lebih detail atau melakukan reservasi, Anda bisa langsung menghubungi nomor ponsel 0853 2621 9749.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>