Perjalanan Wisata Ke Kota Edinburgh

wisata, ke, kota, Edinburgh, ibukota, Skotlandia, berkunjung, luar negeri, cantik, bangunan, berbukit, abad, teratur, pendidikan, harry potter, klub, Child Museum, mode, transportasi, stasiun, kereta api

Berkunjung ke suatu atau tempat di luar negeri merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih. Tidak terkecuali ke Edinburgh, yang merupakan ibukota dari Skotlandia. tersebut merupakan salah satu dari 4 (empat) Countrylands di United Kingdom. Edinburgh (dibaca Edinbra) berpenduduk kurang lebih 480 ribu jiwa.

Jika disangkutpautkan dengan klub sepakbola, Edinburgh tidak memiliki klub besar, karena klub besar yang mendominasi Scottish Premiere League berdomisili di Glasglow, yaitu duo Glasgow Celtic dan Rangers, dua klub yang memiliki basis pendukung berdasarkan agama yang dianutnya. Pendukung Celtic sebagian besar beragama Katolik dan Anglikan. Sedangkan, pendukung Rangers kebanyakan beragama Protestan.

Dari London, Anda bisa memilih menempuh darat menggunakan kereta api yang berangkat dari Stasiun King’s Cross-London. Waktu tempuh sekitar 4 hingga 5 jam, dengan jarak sekitar 800-900km.. Bagi Anda penggemar seri Harry Potter, mungkin tidak asing dengan stasiun tersebut, karena tempat tersebut pernah menjadi venue untuk shooting film tersebut.

wisata, ke, kota, Edinburgh, ibukota, Skotlandia, berkunjung, luar negeri, cantik, bangunan, berbukit, abad, teratur, pendidikan, harry potter, klub, Child Museum, mode, transportasi, stasiun, kereta api

Edinburgh Castle (wikipedia.org)

Tata kota Edinburgh berbukit-bukit, dan arsitektur rumah-rumah kuno yang ada di tepi bukit, terutama Edinburgh Castle dianggap menarik. Anda bisa berkeliling Kota Edinburgh dengan menggunakan Bus Sight Seeing Tour yang menggunakan sistem Hoop on Hoop off, yaitu bebas naik dan turun di setiap stasiun pemberhentian tanpa Anda harus bayar lagi karena yang dibeli berlaku selama 24 jam terhitung dari jam (waktu) Anda membeli . Pada saat memasuki bus, Anda tinggal menunjukkan kepada pengemudi.

Ketika Anda sudah menaiki bus, rute pertama berawal dari Edinburgh Waverley Station yang melintasi George Street, St Andrew Square, St Gilles Church, dan satu tempat terkenal, yaitu Elephant House Caffe, yang lagi-lagi berkaitan dengan Harry Potter. Yaitu, tempat penulisnya, JK Rowling memperoleh inspirasi dan menulis cerita tersebut selama bertahun-tahun.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Kelebihan Kereta Api Kelas Eksekutif

Lalu, perjalanan dilanjutkan dengan melalui dua buah tempat yang menjadi ikon Kota Edinburgh, yaitu Royal Mile dan Edinburgh Castle. Kastil tersebut dulunya merupakan benteng dan istana Raja-raja Skotlandia. Uniknya, Royal Mile berada di material Jalan Royal Mille, yang berada di antara Edinburgh Castle dan Gereja St Gilles. Jalanan di Royal Mille bukan terbuat dari aspal biasa, tetapi berasal dari batuan Gunung Edinburgh yang membuat pengunjung merasakan suasana berada di abad pertengahan.

Setelah itu, Anda akan melalui Child , yang merupakan bekas rumah Alexander Flemming, penemu Penicilin, Edinburgh University, laboratorium Alexander Graham Bell, sang penemu . Venue-venue yang dilalui dapat memberi kesimpulan bahwa Edinburgh khususnya, dan Skotlandia umumnya merupakan produsen ilmuwan-ilmuwan besar .

Di Edinburgh, tidak hanya tersedia bus saja. Tetapi, juga ada kereta api. Hanya saja, transportasi tersebut hanya digunakan untuk perjalanan ke luar kota, seperti Glasgow, Aberdeen, Dundee, Iverness, atau London, tidak untuk perjalanan di dalam kota dan commuter. Mode transportasi lain dalam Kota Edinburgh adalah Lotians Bus, yang menyediakan All Day Ticket dengan jurusan dan nomor bus yang dapat Anda cari (search) di Google. Hal itu dilakukan untuk menentukan start point Anda berada di mana dan tempat tujuan. Lalu, Google maps akan memberikan Anda panduan bus apa saja yang dapat digunakan, dilengkapi dengan nomor bus, tempat pemberhentian, dan estimasi lama perjalanan.

Menurut beberapa orang yang sudah pernah berkunjung, ada beberapa kesan yang dapat disimpulkan setelah berkeliling atau mengunjungi Edinburgh. Pertama adalah cantik. Hal tersebut dikarenakan hampir semua bangunan seperti model Victorian, dan usia bangunan sudah lebih dari satu abad.

Kesan kedua adalah ramah. Penduduk Edinburgh termasuk rajin menyapa, senang tersenyum, mengatakan ‘excuse me’ jika dianggap mengganggu, dan tidak segan mengucapkan terima kasih. Masyarakat Skotlandia dan British pada umumnya memang dikenal dengan tata krama yang santun.

wisata, ke, kota, Edinburgh, ibukota, Skotlandia, berkunjung, luar negeri, cantik, bangunan, berbukit, abad, teratur, pendidikan, harry potter, klub, Child Museum, mode, transportasi, stasiun, kereta api

Suasana masyarakat kota Edinburgh (independent.co.uk)

Apabila Anda mengamati budaya masyarakat di sana, mungkin akan menyimpulkan kesan teratur. Hal tersebut terlihat dengan budaya antre, seperti pada saat akan naik dan turun bus. Juga tidak terlihat orang yang melanggar lampu merah. Selain itu, pejalan kaki mendapatkan tempat lapang tanpa khawatir bersinggungan dengan pedagang kaki lima ataupun pengendara motor.

Lihat Juga:   Harga Tiket Masuk & Fasilitas di Alam Sari Wates Adventure Purwakarta

Untuk barang, , atau akomodasi terbilang cukup mahal. Tetapi, mahal bukan merupakan patokan bagi setiap orang. Bisa saja hal tersebut tidak berlaku di beberapa orang. Namun, untuk daging, beras, susu, ayam, butter, dan apel masih sebanding, atau bahkan lebih murah dibanding di Indonesia.

Sedangkan, harga akomodasi di kota tersebut, terbilang cukup mahal, misalnya share flat berada di kisaran harga £350-450 (sekitar Rp 5,8 juta) per bulan belum termasuk tagihan listrik dan air.

Selain itu, transportasi bus dalam kota sekali naik sekitar £1.5 (Rp 25 ribu). Lalu, untuk langganan per empat minggu £40 (Rp 600 ribuan) bagi pelajar.  Makan dan minum di café bisa empat sampai lima kali lipat harga di Indonesia, paling murah £4.5 (Rp 75 ribu). Harga bahan makanan yang termasuk paling mahal adalah Ikan. Sekilo ikan harganya dikisaran £25 (Rp 400 ribuan).

Di samping dijadikan sebagai kota tujuan wisata, Edinburgh juga dikenal sebagai kota tujuan pendidikan pelajar dari seluruh dunia. Dapat dikatakan bahwa 15-20% dari penduduk di kota tersebut merupakan pelajar.

Di kota tersebut terdapat empat perguruan tinggi terkemuka, antara lain The Univeristy of Edinburgh, Heriott Watt University, Napier Edinburgh University, dan Queen Margareth University.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>