Peraturan Bagasi Pesawat Internasional di Indonesia




Bagasi Pesawat Internasional - www.independent.co.uk
Bagasi Pesawat Internasional - www.independent.co.uk

Bagasi menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan, baik ketika menumpang pesawat nasional atau maskapai internasional. Pasalnya, masing-masing maskapai memiliki peraturan tersendiri terkait bagasi , baik yang diizinkan maupun yang tidak diizinkan. Ini akhirnya akan berpengaruh pada biaya yang perlu Anda keluarkan untuk bepergian.

Secara umum, -barang yang boleh Anda bawa masuk ke dalam kabin pesawat adalah satu buah tas untuk diletakkan di bagasi kabin yang berisi -barang tidak berbahaya dan satu buah pribadi lain yang berukuran kecil dengan berat maksimal 7 kg jika digabungkan. Sementara, -barang yang tidak Anda perlukan selama penerbangan, seperti pakaian atau alat mandi, bisa Anda masukkan saja ke dalam bagasi tercatat saat check-in.

Peraturan Bagasi Pesawat ANA Japan

  • Untuk bagasi jinjing, total berat tidak lebih dari 10 kg, dengan dimensi tidak lebih dari 115 cm dan panjang setiap sisi tidak melebihi 55 cm x 40 cm x 25 cm (termasuk roda dan gagang). 
  • Bagasi jinjing terbatas pada apa yang dapat disimpan dengan pengawasan Anda sendiri di kompartemen atas atau di bawah kursi di depan Anda.
  • Tergantung pada pesawat dan ukuran ruang penyimpanan, bagasi mungkin tidak diterima untuk dibawa di atas pesawat meskipun itu memenuhi ukuran dan berat yang ditentukan.
  • Harap simpan bagasi di kompartemen atas atau di bawah kursi di depan Anda untuk perjalanan yang aman dan menyenangkan. Membiarkan bagasi di yang mungkin menghalangi evakuasi darurat seperti di lorong atau di dekat pintu keluar darurat dilarang oleh hukum.
  • Saat menyimpan bagasi Anda di kompartemen atas, pastikan semuanya tersimpan rapi dan pastikan bahwa tidak ada bagasi yang mungkin jatuh saat kompartemen dibuka.

    Proses Masuknya Koper Penumpang kedalam Bagasi Pesawat - www.cntraveler.com
    Proses Masuknya Penumpang kedalam Bagasi Pesawat – www.cntraveler.com

Peraturan Bagasi Pesawat Emirates 

  • Penumpang Kelas Utama dan Kelas Bisnis diizinkan membawa dua item bagasi tenteng, yakni satu koper ditambah antara satu tas tangan atau satu tas pakaian, yang harus mematuhi batasan dimensi 45 x 35 x 20 cm untuk koper, 55 x 38 x 20 cm untuk tas tangan, dan tebal 20 cm untuk tas pakaian. Berat setiap item tidak boleh melebihi 7 kilogram.
  • Untuk penumpang Kelas Ekonomi, diizinkan membawa satu item bagasi tenteng, dengan ukuran maksimal 55 x 38 x 20 cm dan berat tidak melebihi 7 kg.
  • Tas bergulir dengan roda built-in dan pegangan yang dapat ditarik boleh dibawa sebagai bagasi kabin hanya jika dimensi total  tidak melebihi 114 cm. Model yang lebih besar dari tas ini tidak akan diizinkan masuk kabin.
  • Bergantung rute penerbangan, jatah bagasi Anda dapat dihitung berdasarkan item atau berat.

Peraturan Bagasi Pesawat Jetstar Airways

  • Starter termasuk alokasi bagasi sebanyak dua barang untuk dijinjing, dengan berat hingga 7 kg. Harus muat di tempat penyimpanan di atas, dan tidak melebihi 56 cm x 36 cm x 23 cm.
  • Taruh barang utama Anda di tempat penyimpanan di atas, dan taruh barang kecil Anda di bawah kursi di depan Anda.
  • Untuk tambahan berat bagasi jinjing, bisa membeli FlexiBiz, tiket Kelas Bisnis, atau +3 kg bagasi jinjing tambahan. 
  • Untuk bagasi terdaftar, calon penumpang dapat membeli bagasi terdaftar mulai dari 15 kg hingga 40 kg. 

Peraturan Bagasi Pesawat AirAsia

  • Semua penumpang (kecuali bayi) diperbolehkan membawa 2 bagasi kabin ke dalam pesawat yang terdiri dari 1 bagasi kabin (tidak boleh melebihi 56 cm x 36 cm x 23 cm) dan 1 tas laptop atau 1 tas tangan atau 1 tas kecil (tidak boleh melebihi 40 cm x 30 cm x 10 cm), dengan berat gabungan kedua barang tidak boleh melebihi 7 kg.
  • Jika ingin membawa lebih banyak, ada pilihan bagasi terdaftar mulai 20 kg, 25 kg, 30 kg, dan 40 kg untuk rute internasional, serta 15 kg khusus rute domestik.
  • Biaya bagasi terdaftar 15 kg gratis untuk rute domestik, sedangkan lainnya bervariasi, tergantung rute penerbangan.

Peraturan Bagasi Pesawat Turkish Airlines 

  • Di Kelas Ekonomi, Anda dapat membawa barang-barang tunggal yang harus memiliki dimensi tidak lebih dari 23 x 40 x 55 cm dan berat maksimum 8 kg.
  • Penumpang Kelas Bisnis dapat membawa dua buah tas jinjing yang masing-masing harus memiliki dimensi tidak lebih dari 23 x 40 x 55 cm dan berat maksimum 8 kg.
  • Penumpang bayi memiliki jatah bagasi gratis 10 kg untuk semua penerbangan dan 23 kg bagasi gratis dengan konsep potongan bagasi diterapkan. Namun, ada batasan dimensi 115 cm untuk bayi.

    Penumpang Pesawat Merapikan Koper di Bagasinya - www.chicagotribune.com
    Penumpang Pesawat Merapikan Koper di Bagasinya – www.chicagotribune.com

Peraturan Bagasi Pesawat China Airlines

  • Bagasi kabin, baik Kelas Ekonomi maupun Bisnis, memiliki dimensi 56 x 36 x 23 cm, dengan berat tidak melebihi 7 kg. Bedanya, jatah bagasi kabin Kelas Ekonomi hanya satu 1 buah, sedangkan jatah Kelas Bisnis dua buah. 
  • Jika penumpang membawa tas penyimpan pakaian, ketebalan tas penyimpan pakaian dibatasi hingga 20 cm atau kurang setelah dilipat.
  • Untuk bagasi tercatat, berat maksimal 35 kg untuk Kelas Ekonomi dan 40 kg untuk Kelas Bisnis. 
  • Bagasi tercatat hanya untuk perjalanan dari dan ke Benua Amerika dan wilayah AS dan Kanada.

Itu tadi peraturan mengenai bagasi dari beberapa pesawat internasional yang saat ini beroperasi di Indonesia. tersebut kami rangkum dari situs resmi masing-masing maskapai yang bersangkutan. Selain itu, masih ada beberapa maskapai asing yang beroperasi di dalam negeri, seperti Air China, Cathay Pacific Airways, Cebu Pacific, China Southern, Etihad Airways, Ethiopian Airlines, Japan Airlines, KLM Royal Dutch, Korean Airlines, EVA Air, hingga Malaysian Airlines.

Lihat Juga:   Tarif Murah, Ini Fasilitas di Dalam Pesawat Citilink




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan