Penginapan Strategis di Kawasan Wisata Ranca Upas Ciwidey, Bandung




Panorama Ranca Upas Bandung (sumber: getatour.com)
Panorama Ranca Upas Bandung (sumber: getatour.com)

Kampung Ranca Upas, begitu orang menyebutnya, merupakan sebuah perkampungan yang terletak di tengah-tengah hutan dengan ragam keindahan yang menyejukkan mata. Tempat ini beralamat di Jalan -Patenggan KM 11, Rancabali, , Bandung, atau sekitar 50 km ke arah selatan Kota Bandung.

Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey memiliki luas lahan kurang lebih 215 hektar. Udara di sini sangat sejuk dan melegakan karena lokasinya yang berada di ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut. Dalam kamus bahasa Sunda, “Kampung Cai” dapat diartikan sebagai “Desa Air”. Inilah sebab tak jarang orang menyebut kawasan ini dengan nama Desa Air Ranca Upas.

Di sekitar perkampungan adalah areal hutan lindung dengan banyak pepohonan yang jarang dijumpai, seperti pohon Puspa, Huru, Pasang, Hamirung, Kurai, Jamuju, Kitambang, dan Kihujan. Tak hanya itu, kawasan ini juga kaya akan kehidupan fauna. Anda dapat menyaksikan populasi burung dan satwa-satwa yang bergerak bebas di antara pepohonan.

Area penangkaran rusa di Ranca Upas (sumber: genpi.co)
Area penangkaran rusa di Ranca Upas (sumber: genpi.co)

Kawasan wisata Ranca Upas di Ciwidey dulunya adalah bumi perkemahan yang sekaligus sebagai tempat kegiatan outdoor yang diselenggarakan berbagai komunitas. Dengan kondisi geografis dan karakteristik alamnya yang unik, sejumlah fasilitas menarik ditambahkan di kawasan ini, seperti War Games, ATV, dan Air Hangat.

Salah satu aktivitas yang biasa dilakukan di sana adalah mengunjungi konservasi penangkaran Rusa Jawa (Cervus Timorensis). Di tempat penangkaran, Anda dapat berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka. Areal penangkaran berada pada luas lahan sebesar 5 hektar.

Sementara, jika Anda ingin menginap di kawasan Ranca Upas tanpa mau berkemah, tersedia sejumlah penginapan atau hotel yang bisa Anda singgahi. Pengelola Ranca Upas merekomendasikan dua penginapan karena terletak tak jauh dari objek wisata, salah satunya Patuha .

Patuha Resort berada di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 30, Ciwidey, Bandung. Selain Ranca Upas Camp Adventure, penginapan ini juga dekat dengan Kawah Putih dan Situ Patenggang. Ada beberapa tipe kamar yang ditawarkan mulai Pinus, Damar, Sonokeling, dan juga Rasamala serta Meranti. Berikut kamar di Patuha Resort.

Patuha Resort di Ranca Upas (sumber: klikhotel.com)
Patuha Resort di Ranca Upas (sumber: klikhotel.com)
Tipe KamarTarif per Malam (Rp)Fasilitas
Merkusii350.000Twin Bed
Pinus675.000Double Size Bed
Damar467.000Twin Bed
Sonokeling467.000Twin Bed
Kelana Rimba500.000Twin Bed
Rasamala800.000Double Size Bed
Villa Meranti1.200.000Double Size Bed + Single Bed
Salah satu area penginapan dekat Kampung Ranca Upas (sumber: agoda.com)
Salah satu area penginapan dekat Kampung Ranca Upas (sumber: agoda.com)

Selain Patuha Resort, ada beberapa penginapan lain yang berlokasi dekat dengan Ranca Upas. Berikut daftar lengkapnya.

Nama PenginapanLokasiTarif per Malam (Rp)
Pondok Gembyang – Hotel Air Panas AlamCiwidey250.000
Argapuri Resort CiwideyCiwidey245.000
Alend Bungalow and RestoCiwidey336.000
Sukarasa Endah Cottage CiwideyCiwidey484.000
Albis Hotel CiwideyCiwidey368.000
Villa Kampung Karuhun Sutan RajaCiwidey537.190

Itu tadi deretan penginapan yang menawarkan fasilitas yang bagus dengan harga yang masih terjangkau. Anda dapat melalui situs online sekaligus memeriksa ketersediaan kamar.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Wisma Thamrin, Hotel Murah & Strategis di Kawasan Sidoarjo




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan