Penginapan Hidayah, Akomodasi Favorit Peziarah Makam Gus Dur di Jombang




Penginapan Hidayah Jombang

Tiap kali berkunjung ke suatu daerah untuk beberapa waktu, salah satu hal yang wajib dipikirkan dan direncanakan adalah mencari penginapan. Jika di daerah tersebut ada sanak famili yang bisa ditumpangi sebentar, tentu tak jadi masalah. Namun, berbeda halnya jika Anda tidak memiliki kerabat di daerah tujuan Anda. Karena itu, Anda pun wajib memikirkan akomodasi penginapan sebelum bepergian jauh.

Penginapan Hidayah Jombang
Penginapan Hidayah Jombang

 

Umumnya, penginapan yang menjadi prioritas utama pelancong adalah penginapan yang memiliki tarif murah atau terjangkau. Pasalnya, dengan mendapatkan penginapan bertarif murah, bisa dihemat sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, misalnya keperluan transportasi atau makan.

Di -kota atau daerah di Indonesia sendiri, rata-rata sudah menyediakan penginapan murah untuk akomodasi para , bisa berupa losmen, melati, atau hostel. Penginapan-penginapan ini umumnya berada di kawasan wisata, meski tak jarang juga berdiri di tengah kota atau di dekat spot-spot populer di kota tersebut.

Berbicara mengenai penginapan yang dekat dengan spot populer, ada satu penginapan di Jombang yang memenuhi kriteria tersebut, yaitu Penginapan Hidayah. Penginapan Hidayah ini berada tidak jauh dari Pondok Pesantren Tebuireng dan Makam Gus Dur, salah satu tokoh penting yang pernah menjadi Presiden Indonesia.

Penginapan Hidayah beralamat di Jalan Irian Jaya, Tebuireng, Cukir, Kabupaten Jombang. Penginapan ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari Makam Gus Dur. Berdiri pada 23 April 2013, Penginapan Hidayah dapat disebut sebagai hotel bintang satu.

Sebelum penginapan ini berdiri, tempat tersebut merupakan sebuah kopi milik salah satu warga Tebuireng. Sekitar tahun 2009, tersebut dijual dan dibeli oleh Bapak H. Supriyadi. Pada tahun yang sama, dibangun sebuah penginapan berlantai empat yang kemudian dinamakan dengan Hotel Hidayah.

Di awal pengoperasian, Hotel Hidayah sempat tidak disetujui oleh Pemerintah Kabupaten Jombang karena image hotel yang kurang baik di masyarakat. Meski telah diberi izin beroperasi pada tahun 2012, namun tak berapa lama, izin tersebut dicabut. Pada tahun 2013, Pemerintah Kabupaten Jombang kembali memberikan izin operasi dengan syarat mengganti nama “hotel” menjadi “penginapan”.

Karena terletak tidak jauh dari Makam Gus Dur, Penginapan Hidayah memang sering dijadikan rujukan bagi para pelancong yang ingin berziarah ke makam tersebut. Selain itu, penginapan ini juga banyak dijadikan tempat menginap mereka yang ingin menjenguk putra-putrinya yang menuntut studi di Pondok Pesantren Tebuireng.

Penginapan Hidayah sendiri menyediakan total 31 kamar bagi para tamu, yang terbagi menjadi lima . Berikut tarif dan fasilitas masing-masing kamar di Penginapan Hidayah.

Tipe KamarTarif per Malam (Rp)Fasilitas
Low Cost Room50.000Fan, TV, water heater, shower, sarapan
Economy Room100.000Fan, TV, water heater, shower, sarapan
Standard Room175.000AC, TV, Wi-Fi, water heater, shower, sarapan
VIP Room200.000AC, TV, Wi-Fi, water heater, shower, sarapan
VIP 1 Room250.000AC, TV, Wi-Fi, water heater, bathtub, sarapan

Sekadar , Penginapan Hidayah merupakan penginapan Muslim dan tidak menerima tamu berpasangan yang bukan muhrim. Untuk kamar, bisa dilakukan melalui nomor telepon (0321) 869888.

Lihat Juga:   Info Penginapan Murah Dekat Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Ponorogo




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*