Rekomendasi Penginapan di Solok Selatan Lengkap dengan Tarifnya




Seribu rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan (sumber: wikipedia)
Seribu rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan (sumber: wikipedia)

Kabupaten Solok Selatan menjadi salah satu destinasi seru bagi sebagian turis lokal maupun mancanegara yang kebetulan sedang berkunjung ke Sumatera Barat. Untuk masalah akomodasi, biasanya para wisatawan akan mencari penginapan yang berfasilitas lengkap dengan sesuai anggaran.

Solok Selatan merupakan kabupaten yang terletak di bagian timur Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten tersebut telah resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada 2004, mencakup wilayah seluas 3.346,20 km. Secara administratif, kabupaten ini menjadi perbatasan antara Jambi Selatan dan dikelilingi oleh kabupaten lain di Sumatera Barat dari barat ke timur meliputi Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, dan Dharmasraya.[1]

Meskipun daerah wisata tersebut masih terbilang berkembang, ada beberapa akomodasi yang sudah disediakan khusus oleh warga sekitar sebagai tempat bagi para pelancong. Berikut adalah rekomendasi penginapan di Solok Selatan.

Penginapan Duta Kencana

Penginapan Duta Kencana (Heri K Tanjung)
Penginapan Duta Kencana (Heri K Tanjung)

Penginapan Duta Kencana berada di Lubuk Gadang, Sangir, Solok Selatan, Sumatera Barat. Letaknya yang strategis membuat para tamu mudah menemukan akomodasi tersebut. Penginapan ini tidak jauh dari berbagai publik, seperti Masjid Nurul Pasti, Mushola Simpang Limau, Pasar Padang Aro, dan masih banyak lagi.

Tempat ini memiliki konsep hunian sederhana yang nyaman dan hangat. Selain itu, akomodasi ini juga tergolong ramah . Ini bisa dilihat dari fasilitas ruang keluarga yang disediakan oleh akomodasi. Setiap kamar di Penginapan Duta Kencana juga dilengkapi dengan perabotan kamar lengkap termasuk TV dan AC. Selain itu, kamar mandi pribadi di tiap kamar relatif bersih dengan peralatan mandi yang lengkap.

Menurut tamu yang pernah singgah di Penginapan Duta Kencana, untuk menikmati semua fasilitas di akomodasi ini, Anda harus membayar sewa kamar mulai Rp100 ribuan per malam. Sayangnya, untuk reservasi, Anda harus datang langsung ke lokasi karena nomor teleponnya sering sibuk dan mengalami gangguan.

Lihat Juga:   Update Tarif dan Pilihan Villa Favorit di Tawangmangu

Umi Kalsum

Wisma Umi Kalsum (youtube: Bule Minang Muarolabuah)
Wisma Umi Kalsum (youtube: Bule Minang Muarolabuah)

Wisma Umi Kalsum berlokasi di Jl. Batang Laweh, No. 21, Sungai Pagu, Solok Selatan, Sumatera Barat, tepatnya berada di dekat Masjid Baiturrahman Batang Laweh. Penginapan tersebut memiliki konsep hunian yang bernuansa Islam dan sederhana. Selain dekat dengan masjid, penginapan ini juga dekat dengan beberapa minimarket, warung, dan pasar.

Wisma ini memiliki fasilitas publik berupa tempat parkir yang luas, ruang rapat, aula, tempat bersantai, dan tempat makan dengan menu makanan yang lezat. Sementara itu, setiap kamar di penginapan dibekali dengan perabotan kamar lengkap, termasuk kipas angin atau AC, TV, dan lemari pakaian. Kamar mandi di tiap kamar terbilang bersih dengan peralatan mandi yang lengkap.

Sayangnya, pihak penginapan tidak mencantumkan tarif sewa kamar per malamnya. Para tamu akan mengetahui biaya sewa kamar saat melakukan reservasi. Untuk pemesanan kamar, Anda bisa datang langsung ke lokasi atau menghubungi nomor telepon (0755) 70068.

Wisma Gemini Solok Selatan

Wisma Gemini Solok Selatan (Betti Mulyani)
Wisma Gemini Solok Selatan (Betti Mulyani)

Wisma Gemini Solok Selatan bertempat di Jl. Raya Muara Labuh No. KM 5, Alam Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Penginapan tersebut letaknya tidak jauh dari Pasar Pakan Selasa, SMPN 5 Solok Selatan, minimarket, dan masjid.

Akomodasi tersebut memiliki konsep hunian sederhana dengan tipe bangunan modern ala perumahan. Bagian depan penginapan dijadikan area parkir yang luas dan cukup untuk beberapa kendaraan besar seperti mobil atau minibus. Setiap kamar di Wisma Gemini Solok Selatan difasilitasi dengan kamar mandi bersih dengan peralatan mandi lengkap, perabotan kamar termasuk AC, TV layar datar, mesin pembuat minuman, dan area bersantai.

Lihat Juga:   Omah Jasa Saniman, Villa Kapasitas 15 Orang Dekat Jatim Park 3

Menurut review tamu yang pernah menginap di Wisma Gemini Solok Selatan, sewa kamar di penginapan ini berkisar Rp200 ribuan hingga Rp300 ribuan per malam. Untuk informasi tarif penginapan yang lebih jelas atau reservasi, Anda bisa langsung datang ke lokasi atau menghubungi nomor telepon 0823 8643 4551.

Pesona Alam Sangir

Hotel Pesona Alam Sangir (Ristion Piliang)
Hotel Pesona Alam Sangir (Ristion Piliang)

Hotel Pesona Alam Sangir lokasinya ada di Jl. Raya Timbulun, Lubuk Gadang, Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dan tak jauh dari Kantor Bupati Solok Selatan. Selain dekat dengan kantor pemerintah, akomodasi ini juga dikelilingi fasilitas publik seperti rumah makan, masjid, mushola, warung, pasar, dan minimarket.

Fasilitas yang ditawarkan Hotel Pesona Alam Sangir cukup lengkap, antara lain tempat parkir yang luas, tempat bersantai dengan pemandangan dan kolam ikan, tempat bermain anak, aula, restoran, dan masih banyak lagi. Sementara, setiap kamar di penginapan telah dibekali dengan TV layar datar, AC, perabotan kamar lengkap dan kamar mandi yang bersih.

Menurut review tamu yang pernah menginap di Hotel Pesona Alam Sangir, tarif sewa kamar di penginapan ini berkisar Rp280 ribuan hingga Rp400 ribuan per malam. Untuk lebih detail mengenai biaya sewa kamar dan reservasi, Anda bisa langsung datang ke lokasi atau menghubungi nomor telepon (0755) 583046.

[1] Pristiwasa, I Wayan Thariqy Kawakibi. 2017. Pengembangan Kampung Adat Saribu Rumah Gadang Solok Selatan Sebagai Daerah Tujuan Wisata. Jurnal PESONA, Vol. 2(2): 1-12.

 




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan