Deretan Penginapan Ramah Pelancong di Rahtawu, Kudus




Kawasan Rahtawu, Kudus (sumber: murianews.com)
Kawasan Rahtawu, Kudus (sumber: murianews.com)

Salah satu objek rekreasi yang cukup populer di Rahtawu, Kudus adalah Wisata Colo dengan daya tarik air terjun, sungai, dan pemandangan pegunungan yang asri.[1] Nah, di sekitarnya juga sudah terdapat beberapa penginapan untuk mengakomodasi pelancong dari luar daerah. Rata-rata penginapan di Rahtawu, Kudus menawarkan lengkap dengan tarif cukup beragam.

Rumah Tinggal

Rumah Tinggal merupakan sebuah rumah wisata di Dukuh, Semliro, Rahtawu, Gebog, Kudus, Jawa Tengah dan dekat Wisata Colo. Dari akomodasi menuju tempat rekreasi, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 25 menit berkendara. Jika itu terasa jauh, Anda juga bisa berwisata ke Selam Semliro dengan jalan kaki sekitar lima menit.

Mengusung konsep hunian yang sederhana dan asri, hampir sebagian besar bangunan Rumah Tinggal memiliki taman mini. Tak hanya ditumbuhi pepohonan rindang, taman ini dihias dengan aneka tanaman berbunga. Di bagian pojok taman, terdapat bangku sebagai tempat bersantai.

Bagian depan akomodasi adalah area parkir yang sangat luas. Terdapat jalan setapak di tengah tempat parkir yang akan membawa Anda menuju bagian dalam Rumah Tinggal. Meskipun sederhana, publik yang disediakan pihak tempat inap terbilang lengkap, termasuk ruang tamu, dapur, ruang TV, dan kamar mandi.

Sementara itu, kamar-kamar di Rumah Tinggal juga difasilitasi dengan perabotan lengkap, termasuk kipas angin/AC, set meja rias, lemari pakaian, dan tempat tidur. Beberapa kamar ada yang dibekali kamar mandi dalam dengan shower dan kloset duduk. Anda bisa mengetahui tarif sewa kamar sekaligus melakukan reservasi di tempat, karena pihak akomodasi tidak menerima booking kamar secara online maupun via telepon.

Lihat Juga:   Tarif Hotel Prisma Medaeng, Spot Transit Recommended Dekat Terminal Bungurasih

Penginapan Abiyoso

Penginapan Abiyoso beralamat di Area Gunung, Rahtawu, Gebog, Kudus, Jawa Tengah dan dekat Wisata Colo. Dari akomodasi menuju tempat rekreasi, Anda bisa berkendara sekitar 20 menit. Namun, jika itu terlalu jauh, cobalah untuk mampir ke Kalibanteng Waterfall dengan waktu tempuh lima menit menggunakan kendaraan bermotor.

Berada di area Gunung Abiyoso, Penginapan Abiyoso menawarkan pemandangan pegunungan yang asri. Bahkan area sekitar tempat inap masih hutan dan perkebunan penduduk. Ini yang membuat hawa di area penginapan menjadi sejuk dan segar.

Ilustrasi: kamar penginapan (sumber: tiket.com)
Ilustrasi: kamar penginapan (sumber: tiket.com)

Area parkir Penginapan Abiyoso terpisah dengan area inap. Ini supaya penginapan bebas dari pencemaran polusi udara. Anda bisa memarkir kendaraan di depan atau samping pintu gerbang penginapan. Tak jauh dari tempat parkir, terdapat teras sebagai area bersantai.

Menawarkan yang lengkap, terdapat ruang tamu, ruang keluarga, ruang bersantai, dapur, toilet, dan taman di Penginapan Abiyoso. Sementara itu, kamar-kamarnya sudah dibekali dengan tempat tidur, lemari pakaian, dan set meja rias. Anda bisa mengetahui harga sewa kamarnya saat melakukan reservasi secara langsung di lokasi atau melalui telepon di nomor 0812 2870 4035.

Dalem Selo

Dalem Selo beralamat di Jl. Rahtawu Raya, Rahtawu, Kec. Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan juga terbilang dekat dengan Wisata Colo. Dari akomodasi menuju tempat rekreasi, Anda perlu berkendara selama 20 menit. Tempat inap ini juga dekat Air Terjun Kertomo, yakni sekitar 15 menit berjalan kaki.

Lihat Juga:   Info Komplet Deretan dan Harga Penginapan di Luwuk

Dikenal sebagai rumah wisata, Dalem Selo memiliki konsep hunian unik pinggir sungai. Untuk bangunannya mirip dengan terbuat dari kayu. Area sekitar juga masih hutan kecil dan perkebunan penduduk, sehingga membuat suasana penginapan menjadi asri dengan hawa yang sejuk.

Terdapat area parkir di samping dan belakang bangunan Dalem Selo. Selain itu, ada jalan setapak khusus sebagai akses menuju sungai. Kebanyakan para tamu biasanya akan menyempatkan diri melihat keindahan sungai yang tersembunyi di antara hutan kecil. Airnya juga jernih dengan arus yang kecil.

Meskipun termasuk tempat inap yang sederhana, yang ditawarkan pihak Dalem Selo relatif lengkap. Anda akan menemukan dapur, ruang bersantai, dan ruang tamu di bangunan penginapan. Sementara itu, kamar-kamarnya sudah dibekali dengan tempat tidur, kipas angin, set meja rias, lemari pakaian, dan rak untuk menggantung baju. Anda bisa mengetahui biaya sewa kamarnya saat melakukan reservasi secara langsung di lokasi atau melalui telepon di nomor 0812 3527 771.

[1] Wibowo, Prasetyo Adi Suryo & Samsul Ma’rif. 2014. Alternatif Strategi Pengembangan Desa Rahtawu Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Kudus. Jurnal Wilayah dan Lingkungan Universitas Diponegoro, Vol. 2(3): 245-256.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan