Pilihan Penginapan di Pulau Pamutusan, Padang dan Area Terdekat




Cavery Beach Hotel - www.tripadvisor.co.id
Cavery Beach Hotel - www.tripadvisor.co.id

Kota Padang merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudera Hindia dengan kondisi geografis berbatasan laut dan dikelilingi perbukitan setinggi 1.853 mdpl, tak heran jika daerah tersebut menjadi destinasi wisata alam para pelancong mancanegara.[1] Apalagi sudah banyak tempat wisata yang memiliki fasilitas penginapan dengan tarif relatif terjangkau dan fasilitas lengkap, seperti di Pulau Pamutusan.

Rute Pulau Pamutusan

Terletak di Padang, Sumatra Barat, Pulau Pamutusan dikenal sebagai salah satu pulau yang masih asri dengan aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan wisatawan di sana. Jika dilihat dari peta, Pulau Pamutusan berlokasi di Bungkus Teluk Kabung, Barat.

Untuk mencapai Pulau Pamutusan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena belum tersedia layanan kendaraan umum dengan tujuan Pulau Pamutusan secara langsung. Anda juga bisa memanfaatkan jasa sewa kendaraan di Padang jika sedang berlibur dengan atau teman.

Dari Padang, Anda perlu berkendara sekitar 38 km menuju Sungai Pisang. Sesampainya di Sungai Pisang, gunakan perahu untuk ke Pulau Pamutusan. Sesampainya di Pulau Pamutusan, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang.

Tak hanya wisata yang lengkap, daya tarik keindahan alam Pulau Pamutusan juga terbilang sangat mempesona. Inilah yang menjadi salah satu strategi untuk mengembangkan wisata Pulau Pamutusan. Berikut daya tarik pulau tersebut.

Air Manis Hillside Bungalow - www.pegipegi.com
Air Manis Hillside Bungalow – www.pegipegi.com

Daya Tarik Pulau Pamutusan

Bukit dan Hutan yang Masih Asri

Pemandangan cantik Pulau Pamutusan dikaitkan dengan bukit dan hutan di sekeliling pulau. Sebagai salah satu pulau kecil yang terisolir di Padang, kawasan Pulau Pamutusan belum mengalami pembabatan besar-besaran untuk dibangun fasilitas rekreasi. Anda masih bisa melihat pepohonan besar yang tumbuh di pinggir dan tengah pulau.

Lihat Juga:   Info Terbaru Harga Tiket Masuk & Daftar Menu di Restoran dan Pemancingan Mang Ajo Karawang

Ketika berada di Pulau Pamutusan, Anda juga bisa naik ke bukit yang masih hijau. Dari atas, Anda bisa melihat lanskap alam Pulau Pamutusan yang indah. Beberapa turis umumnya akan berfoto dengan background pasir pantai, hutan, dan laut yang biru dari atas bukit.

Taman Bawah Laut

Terbilang masih asri, tentunya area pantai dan laut sekitar Pulau Pamutusan masih bersih. Air lautnya juga jernih dan tidak tercemar sampah. Untuk menikmati pemandangan ini, Anda bisa berenang, diving, atau menyewa perahu.

Dari atas perahu, Anda bisa melihat dasar pantai dan laut dengan ikan serta terumbu karang yang cukup lebat. Akan lebih indah lagi jika diamati dari dekat. Gunakan peralatan berenang atau menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Pamutusan.

Meskipun bukan pulau yang selalu ramai pengunjung, fasilitas rekreasi di Pulau Pamutusan tergolong lengkap. Berikut fasilitasnya.

Fasilitas Pulau Pamutusan

  • Spot snorkelling. Memiliki pemandangan laut yang indah, terdapat spot khusus snorkeling di Pulau Pamutusan. Letaknya agak jauh dari bibir pantai, dengan laut yang tidak terlalu dalam. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling di lapak sewa alat renang di pinggir Pantai Pamutusan.
  • Spot berenang. Tepat berada di pinggir Pantai Pulau Pamutusan, terdapat spot khusus berenang dengan ombak tidak terlalu kencang. Sama seperti snorkeling, Anda bisa menyewa peralatan berenang di lapak pinggir pantai.
  • Jika Anda ingin piknik, tetapi tidak membawa bekal lebih, Anda tidak perlu khawatir, karena sudah banyak kafe dan warung pinggir pantai dengan menu makanan serta lengkap.
  • Toilet dan tempat bilas. Bagi Anda yang ingin berenang dan mencari toilet untuk ganti, Anda tidak perlu khawatir karena Pulau Pamutusan sudah dibekali toilet. Tak hanya itu, sudah ada tempat bilas dengan air tawar di pinggir pantainya.
Lihat Juga:   Referensi Penginapan di Solo Baru, Tarif Hemat di Kantong

Penginapan di Pulau Pamutusan

Selain fasilitas di atas, ada juga penginapan di Pulau Pamutusan. Penginapan tersebut adalah pondok-pondok kayu yang letaknya dekat lapak dan warung makanan. Anda bisa memilih pondok yang ingin Anda jadikan tempat inap. Untuk reservasi sekaligus mengetahui tarif penginapan di Pulau Pamutusan, Anda bisa langsung ke lokasi. Biasanya, pemilik akomodasi tersebut adalah pedagang dari warung makanan di pulau tersebut. Berikut penginapan dekat Pulau Pamutusan dan tarifnya.

Nyalo Beach Cottage - www.traveloka.com
Nyalo Beach Cottage – www.traveloka.com

Penginapan Dekat Pulau Pamutusan

Nama PenginapanTarif per Malam (Rp)
Nyalo Beach CottageNagari Sungai Nyalo, Mandeh, Pesisir Selatan, Barat (5,22 km menuju Pulau Pamutusan)Cottage Deluxe + Breakfast: 1.250.000
Cavery Beach HotelJl. Padang, Bungus Teluk Kabung, Padang, Barat (14,32 km menuju Pulau Pamutusan)Standard Room Only: 300.000
Superior Room Only: 325.000
Deluxe Room Only: 350.000
OYO 1538 Pesona Beach TravelodgeJl. Raya Padang – Painan, Bungus Selatan, Barat (14,92 km menuju Pulau Pamutusan)Standard Twin Room: 131.013
Deluxe Twin Room: 153.941
Deluxe Double: 157.216
Air Manis Hillside BungalowJl. Koto Kaciak, Bukit Gado-gado, Air Manis, Padang, Barat

(20,31 km menuju Pulau Pamutusan)

Standard Bungalow + Breakfast: 1.333.334

Harga sewa di tiap penginapan dekat Pulau Pamutusan di atas tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di lokai atau lewat situs booking online.

[1] Sarbaitinil & I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa. 2018. Pengaruh Tipologi Wisatawan terhadap Pengembangan Pariwisata Kota Padang. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Politeknik Pariwisata Batam, Vol. 2(1): 183-193.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan