Penginapan di Pulau Liukang Loe, Spot Snorkeling Eksotis di Bulukumba




Ocean Holiday Guest House and Resto - @Wirawan Hambali

Nama Liu Kang selama ini mungkin lebih identik dengan salah satu karakter di game Mortal Kombat. Namun, tidak hanya tokoh virtual di game populer, Liu Kang juga dijadikan nama sebuah pulau di kawasan Indonesia. Bernama Liukang Loe, ini adalah salah satu pulau eksotis yang menawarkan beragam keindahan, aktivitas, serta fasilitas penginapan yang kece.

Pulau Liukang Loe

Pulau Liukang Loe merupakan sebuah pulau kecil yang berada tidak jauh dari daratan , terletak persis di depan Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Selatan. Untuk bisa mencapai pulau ini, dapat menuju ke pantai pasir putih di Tanjung Bira terlebih dahulu, kemudian menyewa perahu nelayan atau menyewa speed boat. Dengan durasi waktu 15 sampai 20 menit, traveler sudah sampai di pulau yang keren tersebut.

Jika ingin mendapatkan perjalanan yang lancar, pengunjung disarankan untuk melakukan perjalanan pada saat pagi hari hingga siang hari. Pasalnya, setelah siang, biasanya cuaca akan berubah menjadi hujan dan ketinggian ombak dapat membuat guncangan yang cukup kuat di perahu. Sementara, harga atau biaya menyewa kapal berkisar Rp250 ribu sampai Rp400 ribu, tergantung negosiasi dengan si pemilik perahu.

Pesona Pulau Liukang Loe

Nama pulau ini sendiri berasal dari bahasa Konjo, yang berarti banyak kayu hitam. Penamaan pulau tersebut memang terasa sangat pas karena pengunjung dapat menemukan sejumlah kayu hitam di sekitar area pulau. Selain dikenal dengan nama Liukang yang berarti “banyak kayu hitam”, pulau ini juga sangat terkenal dengan hamparan pasir pantainya sangat putih dan lembut serta pemandangan bawah lautnya yang juga sangat elok.

Pulau Liukang Loe - anekawisatanusantara.blogspot.com
Pulau Liukang Loe – anekawisatanusantara.blogspot.com

Ketika berwisata ke tempat ini, ada beragam aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama teman, , orang tercinta, maupun rekan sejawat. Untuk Anda yang ingin mengeksplorasi pulau, bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai, sambil menikmati pemandangan laut yang memesona. Tidak ada salahnya juga untuk bermain air atau berenang di kawasan ini.

Lihat Juga:   Villa Bellevue, Penginapan Besar dan Cocok untuk BBQ Party di Kota Batu

Nah, untuk mereka yang doyan mengeksplorasi keindahan bawah laut, Pulau Liukang Loe menjadi spot yang cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling maupun diving. Anda dapat mencoba melakukan diving maupun snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan berbagai spesies ikan kecil yang lucu dan elok.

Sementara, untuk mereka yang hobi atau gemar berfoto, Pulau Liukang Loe menawarkan banyak objek yang kece sebagai background atau lokasi mengabadikan diri. Anda bisa menuju dermaga tempat bersandarnya kapal-kapal untuk selfie atau foto bersama teman. Selain itu, Anda pun bisa berfoto dengan berlatar pemandangan lautan luas atau pasir putih.

Tidak berhenti di situ, Pulau Liukang Loe juga menawarkan objek yang menarik bagi turis yang menyukai satwa. Di sini, Anda bisa langsung mendatangi Rumah Apung, yang menyediakan fasilitas bagi para wisatawan untuk bisa bercengkerama langsung dengan para pasukan penyu. Harga tiket masuk ke tempat ini pun cukup murah, hanya Rp5.000 per orang.

Setelah capek berenang, bermain air, snorkeling, dan bermain dengan penyu, perut tentunya akan terasa kosong. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena sudah ada warung-warung yang menyajikan santapan dengan menu utama seafood. Anda bisa menyantap hidangan luat di pinggir pantai, seperti nasi dan ikan baronang bakar, plus sup dan air mineral, dengan harga sekitar Rp40.000. Harga yang memang lumayan, namun masih cocok karena dijual di kawasan strategis seperti Pulau Liukang Loe.

di Pulau Liukang Loe

Lalu, bagaimana dengan wisatawan yang ingin menghabiskan malam di pulau eksotis ini? Tidak perlu khawatir, karena sudah tersedia beberapa fasilitas penginapan yang bisa dijadikan lokasi bermalam dan beristirahat. Harga atau tarif sewa penginapan bervariasi, tergantung fasilitas yang ditawarkan, namun biasanya lumayan terjangkau.

Salah satu akomodasi yang bisa dijadikan lokasi bermalam selama liburan di Pulau Liukang Loe adalah Wisma Ramli. Menurut ulasan para pengunjung yang sempat bermalam, akomodasi ini dikatakan sebagai penginapan yang lumayan nyaman dan strategis. Menawarkan pemandangan langsung pantai dan lautan lepas, Wisma Ramli tentunya menjadi lokasi yang menarik untuk menghabiskan malam di Pulau Liukang Loe. Jika berminat, Anda bisa reservasi via nomor ponsel 0812 3457 8515.

Lihat Juga:   Info Penginapan/Hotel di Dekat Kawasan Wisata Cisantana, Kuningan
Wisma Ramli Liukang Loe - @张晨旭
Wisma Ramli Liukang Loe – @张晨旭

Alternatif lainnya adalah Ocean Holiday Guest House and Resto. Berlokasi tidak jauh dari Wisma Ramli, tempat ini menurut beberapa review tamu tergolong aman dan nyaman. Fasilitas yang disediakan pun cukup memadai, termasuk ranjang yang empuk, teras yang menghadap ke laut, meja, hingga kamar mandi dengan air tawar. Dengan tarif sewa yang diklaim murah, reservasi bisa Anda lakukan via nomor ponsel 0811 4211 418.

Namun, jika kebetulan Anda tidak kebagian kamar di Pulau Liukang Loe, Anda tidak perlu risau. Anda masih mencari akomodasi di sekitar Pantai Tanjung Bira, lokasi terdekat dari pulau tersebut. Ada beragam penginapan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ini deretan akomodasi paling dekat dengan Pulau Liukang Loe.

Penginapan Dekat Pulau Liukang Loe

Nama PenginapanTarif per Malam
Penginapan AsidikRp700.000
Panda Beach IStandard Room : Rp235.293
Standard Deluxe : Rp400.000
Wisma MelbaStandard AC : Rp627.453
Riswan Guest HouseDeluxe Fan : Rp150.000
Deluxe AC : Rp185.000
Marcell Guest HouseStandard : Rp275.000
Hotel NusantaraStandard : Rp329.939 – Rp523.918
Hakuna Matata Resort : Rp825.000
Deluxe Double : Rp1.050.000
Deluxe Triple : Rp1.300.000
Family Bungalow : Rp2.100.000
Sea View Double : Rp2.350.000
Privacy : Rp7.800.000
Mori CottageMori 3 : Rp200.000
Mori 4 : Rp250.000

tarif penginapan dekat Pulau Liukang Loe di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs booking online. Harga sewa kamar penginapan tersebut tidak mengikat, bisa berubah-ubah tergantung tanggal pemesanan dan kebijakan pengelola.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*