Pilihan Penginapan di Pulau Enggano, Berapa Tarifnya?

  • Whatsapp
Pulau Enggano (sumber: koran-jakarta.com)
Pulau Enggano (sumber: koran-jakarta.com)

Nama Enggano mungkin masih asing bagi sejumlah orang. Namun, pulau di Bengkulu tersebut dapat menjadi alternatif spot yang menarik, terutama bagi mereka yang doyan olahraga air. Pasalnya, Enggano menawarkan aktivitas surfing, , , sport fishing, windsurfing, serta sejumlah objek wisata oke, termasuk Pulau Dua, Kahyapu, Pantai Teluk Harapan, Teluk Labuho, hingga Tanjung Kioyo.[1] Fasilitas penginapan pun tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa tempat bermalam dengan tarif yang terjangkau.

Hotel Wisata Berlian Enggano

Penginapan ini beralamat di Kahyapu, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Jika traveler berangkat dari Pelabuhan Malakoni, jarak menuju akomodasi sekitar 15 km atau 36 menit berkendara, sedangkan perjalanan dari Pelabuhan Ferry ASDP Enggano cuma 7 menit menggunakan kendaraan bermotor. Apabila hendak jalan-jalan ke Cagar Alam Sungai Bahewo, jaraknya hanya 2,5 km dari properti.

Bacaan Lainnya

Menurut review sejumlah traveler, Hotel Wisata Berlian termasuk penginapan yang cukup direkomendasikan di Enggano, cocok untuk berlibur atau kepentingan bisnis. Lokasinya mudah dijangkau karena dekat dengan pelabuhan. Selain itu, pemiliknya sangat ramah dan telah menyediakan fasilitas yang lumayan memadai, termasuk genset yang menyediakan listrik selama 24 jam.

Secara tampilan, Hotel Wisata Berlian memang hadir dengan bangunan cukup rapi dan bersih. Pohon dan tumbuhan hijau tampak di bagian luar, memberikan kesan asri sekaligus sejuk. Sementara itu, bagian dalamnya berukuran lapang dan berdesain sederhana, dengan -kamar yang sudah dilengkapi fasilitas seperti ranjang plus kasur, TV, cermin rias, dan kamar mandi. Untuk informasi harga dan kamar, Anda bisa datang langsung ke lokasi.

Lihat Juga:   Hotel Blitar Indah, Penginapan Murah di Blitar Tarif Mulai Rp150 Ribuan
Hotel Wisata Berlian Enggano (google: Don Doga)
Hotel Wisata Berlian Enggano (google: Don Doga)

Homestay Syifa Pelangi Enggano (Penginapan Pondok Syifa Pelangi)

Akomodasi ini terletak di Desa Meok, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Homestay Syifa Pelangi Enggano cuma berselang 12 menit berkendara dari Pelabuhan Malakoni. Apabila wisatawan bertolak dari Bandara Enggano, jarak menuju penginapan berkisar 6,8 km, sedangkan perjalanan dari properti ke Pantai Ujung Batu kira-kira 18 menit berkendara.

Sering juga disebut Penginapan Pondok Syifa Pelangi, tempat bermalam ini dikatakan sebagai akomodasi yang sederhana, bersih, dan sejuk, dengan fasilitas yang cukup memadai. Lokasinya pun cukup strategis karena dekat dengan bandara dan pelabuhan. Keunggulan lainnya adalah harga sewanya yang terjangkau sehingga cocok untuk pelancong .

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa di tempat ini? Sayangnya, belum ada bocoran kisaran harga kamar Homestay Syifa Pelangi. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke lokasi. Selain itu, Anda pun bisa menanyakan tarif sewa serta ketersediaan kamar melalui nomor ponsel 0853 7874 7878.

Penginapan Pondok Syifa Pelangi (sumber: traveloka)
Penginapan Pondok Syifa Pelangi (sumber: traveloka)

Penginapan Dandi (DMC)

Tempat inap ini berada di Apoho, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Lokasi Penginapan Dandi cukup dekat dengan Pelabuhan Malakoni, hanya berjarak 2,9 km atau 8 menit berkendara. Apabila pelancong datang dari Bandara Enggano, perlu berkendara sekitar 20 menit untuk tiba di properti ini, sedangkan jarak akomodasi ke Cagar Alam Tanjung Laksaha kira-kira 13,8 km.

Belum banyak ditemukan ulasan mengenai tempat bermalam yang satu ini. Namun, secara garis besar, Penginapan Dandi mengusung bangunan yang simpel atau sederhana, khas homestay. Di area depan dan samping kiri, bisa digunakan sebagai tempat parkir kendaraan. Sementara itu, kamar-kamarnya berukuran sedang dengan fasilitas seperti kasur, kipas angin, dan kamar mandi.

Lihat Juga:   Referensi Penginapan di Oro-Oro Ombo, Gudangnya Wisata Kota Batu

Sayangnya, seperti akomodasi-akomodasi sebelumnya, belum ada bocoran mengenai kisaran biaya sewa kamar penginapan ini. Namun, melihat fasilitas yang ditawarkan, harga sewa kamar Penginapan Dandi (DMC) kemungkinan besar sangat terjangkau. Apabila Anda penasaran, Anda bisa datang langsung ke lokasi tempat inap yang bersangkutan.

Kahyapu Surf Island Cabin

Kahyapu Surf Island Cabin (sumber: nicelocal.id)
Kahyapu Surf Island Cabin (sumber: nicelocal.id)

Seperti namanya, penginapan ini berlokasi di Kahyapu, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Letaknya berada di Pulau Dua, berselang 10 sampai 15 menit dari Pulau Enggano menggunakan speed boat. Wisatawan dapat menyeberang lewat Pelabuhan Ferry ASDP Enggano dan bersandar di Dermaga Shuttle Jetty Apung.

Menurut keterangan resmi pihak penginapan, Kahyapu Surf Island Cabin merupakan lokasi yang cocok bagi mereka yang doyan berselancar. Waktu terbaik untuk surfing di tempat ini adalah mulai bulan September hingga Maret karena menawarkan ombak yang bagus. Namun, tidak disarankan untuk mereka yang baru saja berselancar atau pemula.

Untuk mengakomodasi traveler, Kahyapu Surf Island Cabin menawarkan dua kabin pantai yang masing-masing dapat memuat satu sampai empat orang. Tidak ada ruangan terpisah di dalam kabin, sedangkan di luar sudah terdapat toilet dan pancuran. Pihak pengelola pun melayani sarapan, siang, dan makan malam, dengan menu lokasi. Apabila tertarik, bisa langsung menghubungi 0823 7156 3275.

[1] Dari, Sri Wulan, Andika Prabowo, Septian Raibowo. 2022. Potensi Perkembangan Pariwisata Olahraga (Sport Tourism) di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Sport Gymnastics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, Vol. 3(2): 288-300.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan