Berada di Jalur Malang-Kediri, Ini Referensi Penginapan di Kandangan




Ilustrasi: kamar hotel (sumber: pegipegi)
Ilustrasi: kamar hotel (sumber: pegipegi)

Bagi mereka yang sering bepergian dari Malang menuju Kediri dan Jombang atau sebaliknya, pasti sudah tidak asing lagi dengan daerah bernama Kandangan. Ini adalah kecamatan yang termasuk wilayah Kabupaten Kediri dan terletak di jalur utama Malang-Kediri/Jombang. Lebih terkenal sebagai tempat ‘melintas’ dan jarang dijadikan lokasi liburan, tidak heran jika kemudian sangat minim fasilitas penginapan yang dapat ditemukan di Kandangan.

Sebenarnya, apabila Anda mau mengeksplorasi Kandangan, ada sejumlah tempat wisata yang menarik dan seru yang dapat Anda jadikan lokasi liburan. Bukit Gandrung Tanggulasi misalnya, menawarkan pemandangan Gunung Kelud, wilayah Jombang, dan kawasan Kasembon, Kabupaten Malang sekaligus.[1] Lokasi bukit ini berada di Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri.

Spot liburan lainnya yang terletak di Kandangan adalah Air Terjun Sumber Jodo, yang juga berada di Desa Medowo, tepatnya di Dusun Mulyorejo. Berada di kaki Gunung Anjasmoro, air terjun ini memiliki air yang sangat jernih, dengan kontur dua tingkat, satu setinggi 5 meter dan di atasnya setinggi 15 meter. Harga tiket masuk Air Terjun Sumber Jodo pun sangat terjangkau, cuma Rp5 ribuan per orang.

Sayangnya, seperti yang disampaikan di atas, mungkin karena kurang promosi atau faktor lainnya, kawasan Kandangan akhirnya tidak cukup terkenal sebagai tempat berwisata. Hal tersebut berimbas pada minimnya fasilitas penginapan di daerah ini. Bahkan, tempat bermalam di Kandangan dapat dihitung dengan jari, setidaknya hingga detik ini. Jika Anda penasaran, berikut referensi tempat inap yang sudah beroperasi di kawasan Kandangan.

Lihat Juga:   Villa Bunga Batu, Akomodasi Rp600 Ribuan Dekat Pusat Kota Batu

Kediri 2

Penginapan ini beralamat di Jalan Malang No. 86, Kacangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten  Kediri, Jawa Timur. Kediri 2 terletak di dekat perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Kediri, berada di pinggir jalan raya jalur Malang-Kediri/Jombang. Apabila wisatawan hendak bepergian ke Pasar Kandangan, perjalanan dari ini tidak sampai lima menit menggunakan kendaraan bermotor.

Hotel Kediri 2 (google business site)
Kediri 2 (google business site)

Menurut ulasan tamu yang pernah menginap, kelebihan utama Kediri 2 adalah memiliki lokasi yang bagus dan strategis. Selain itu, meskipun Kediri secara umum punya hawa yang panas, tetapi hotel ini menawarkan suasana yang lebih asri dan adem. Hotel Kediri 2 juga dapat dikatakan sebagai penginapan yang representatif untuk hotel lokal dengan harga yang lumayan terjangkau.

Secara tampilan, Kediri 2 memang mengusung suasana yang sejuk, berkat banyaknya pohon hijau yang ditanam di area depan dan dalam hotel. Tamu yang membawa kendaraan pribadi pun tidak perlu bingung karena pihak pengelola sudah menyediakan area parkir mobil dan sepeda motor yang cukup lapang. Tidak hanya itu, teras lengkap dengan meja dan kursi dapat dipakai pelancong untuk bersantai menikmati pemandangan sekitar.

Pindah ke bagian kamar, unit-unit yang disediakan Kediri 2 sebenarnya cukup tertata rapi, meskipun tidak terlalu luas. Di dalam kamar, sudah dilengkapi fasilitas ranjang tipe double, AC, televisi layar datar, meja dan cermin rias, dan gantungan baju. Ada pula kamar mandi dalam lengkap dengan toilet duduk dan jet shower serta bak air berukuran mini.

Lihat Juga:   Update Lokasi Airy Room Strategis & Murah di Malang

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa menginap di Kediri 2? Menurut bocoran sejumlah tamu yang pernah bermalam, tarif kamar AC di hotel ini dipatok mulai Rp250 ribuan per malam. Tentu saja harga sewa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih detail atau ingin melakukan reservasi, bisa menghubungi 0878 5894 1292.

Selain Kediri 2, ketika Anda melihat Google Maps, Anda mungkin akan menemukan Wisma KDK dan Camp MR Bedilzz sebagai yang berada di kawasan Kandangan. Jika Camp MR Bedilzz terletak di Gedangan, Klampisan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, maka lokasi Wisma KDK berada di Gang Tambi 1, Pandean, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Sayangnya, informasi mengenai dua akomodasi tersebut sangat minim, bahkan hampir tidak ada.

Apabila Anda membutuhkan penginapan berlokasi paling dekat dengan Kecamatan Kandangan, Anda mungkin bisa mencarinya di kawasan Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Selain itu, Anda juga bisa berburu tempat bermalam di Kabupaten Jombang karena berbatasan langsung dengan daerah ini, seperti Villa Kampung City Lembah Giri, Villa Bunga Cengkeh, atau Villa Rumah Pinus.

[1] Sumarmi, Syamsul Bachri, Elya Kurmiawati. 2018. Pendampingan Pemetaan Potensi Pertanian Lokal dan Pengelolaannya dalam Mendukung Agro Ekowisata Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, Vol. 1(2): 125-134.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan