Rekomendasi Penginapan di Donggala Sulawesi Tengah




Harmony Cottage - @Yeni Yuliana Ilahude
Harmony Cottage - @Yeni Yuliana Ilahude

Donggala bisa menjadi salah satu destinasi bagi turis lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahan laut Palu, Tengah. Untuk menikmati keindahan bahari di sana, biasanya wisatawan akan mencari penginapan di kabupaten tersebut. Meskipun tidak banyak akomodasi yang bisa disewa, namun ada beberapa penginapan yang menyediakan lengkap dengan yang dapat disesuaikan dengan budget para pelancong.

Donggala, sebagai salah satu kabupaten di Palu, memiliki objek wisata yang dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah. Objek rekreasi yang ada di daerah tersebut berupa wisata alam dan budaya, termasuk living culture masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Banyaknya pelancong yang berkunjung ke daerah tersebut juga karena tempat-tempat wisata di Donggala mudah diakses dengan infrastruktur jalan yang baik dan transportasi yang mudah ditemui. Selain itu, banyak orang terhibur dengan view pantai dan jalanan yang indah di sepanjang Donggala.[1]

Nah, untuk menikmati semua keindahan wisata di Donggala, para pelancong biasanya di beberapa akomodasi yang tersedia di daerah tersebut. Berikut adalah rekomendasi penginapan yang ada di Donggala.

Prince John Dive Resort

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana tidur dengan pemandangan pantai dan suara ombak, bisa mencoba singgah ke Prince John Dive Resort. Terletak di Jl. Banawa No. 40, Ganti, Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, penginapan tersebut hampir tidak pernah sepi tamu.

Lihat Juga:   Info Terbaru Losmen dan Penginapan Dekat Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta

Prince John Dive Resort mengusung konsep hunian pinggir pantai yang cukup unik, karena penginapan mempunyai bangunan tepat di bagian lereng pantai. Anda bisa melihat jernihnya air pantai di sore hari atau ketika laut sedang pasang dari kamar. Setiap bangunan memiliki bentuk yang masih semi tradisional dengan dinding yang terbuat dari kayu dan atap yang terbuat dari daun lontar.

Setiap kamar yang berbentuk bungalow dilengkapi dengan teras, perabotan kamar lengkap termasuk TV layar datar dan tempat penyimpanan, serta kamar mandi dengan fasilitas air hangat. Selain menawarkan kamar yang nyaman, Prince John Dive Resort juga punya fasilitas umum berupa bar, restoran, dan benteng bawah laut. Untuk menikmati keindahan benteng bawah laut, Anda harus mengikuti tur menyelam terlebih dahulu.

Tarif Prince John Dive Resort

Tipe KamarTarif per Malam (Rp)
Bungalow Santai1.300.000
Bungalow Deluxe1.800.000
Extra Bed600.000

Semua sewa kamar di atas sudah termasuk air mineral, sarapan, kopi, dan kue di sore hari serta makan malam. Untuk , Anda bisa langsung ke , melalui situs online, atau melalui di 0821 3131 9133.

Prince John Dive Resort - www.booking.com
Prince John Dive Resort – www.booking.com

Hotel Ferrari

Penginapan lainnya yang ada di Donggala adalah Hotel Ferrari yang berada di Jl. Pelabuhan, Boya, Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Hotel ini memiliki konsep hunian sederhana dengan kamar-kamar yang dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, TV, AC, dan perabotan lainnya. Akomodasi ini menjadi destinasi banyak pelancong, termasuk golongan backpacker. Selain karena fasilitasnya lengkap, tarifnya tergolong lebih terjangkau.

Lihat Juga:   Tarif INNI Homestay, Akomodasi Nyaman di Perumahan Araya, Malang

Menurut review tamu yang pernah menginap di Hotel Ferrari, harga sewa kamar di penginapan tersebut berkisar antara Rp200 ribuan hingga Rp300 ribuan per malam. Untuk reservasi, sayangnya Anda harus berkunjung langsung ke lokasi. Ini karena penginapan belum terdaftar di situs booking online.

Hotel Ferrari - @Dody Muhadi
Hotel Ferrari – @Dody Muhadi

Harmony Cottage

Selain dua penginapan di atas, Anda bisa mampir ke Harmony Cottage. Berada di Jl. Dakwah Sunnah, Labuan Bajo, Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Kebanyakan tamunya berasal dari luar pulau hingga luar negeri.

Setiap kamar di Harmony Cottage berbentuk pondokan kecil atau biasa disebut cottage. Orang biasanya menyewa satu cottage untuk dihuni beramai-ramai bersama keluarga dan teman. Memang, penginapan ini juga tergolong memiliki nuansa ramah keluarga.

Setiap cottage dilengkapi dengan fasilitas berupa teras untuk bersantai, perabotan kamar lengkap termasuk TV, dan kamar mandi yang bersih. Menurut turis yang pernah bermalam di Harmony Cottage, tarif sewa per cottage berkisar Rp100.000 hingga Rp300.000 per malam. Untuk reservasi atau mengetahui tarif kamar secara rinci, Anda bisa datang langsung ke lokasi.

Harmony Cottage - @Yeni Yuliana Ilahude
Harmony Cottage – @Yeni Yuliana Ilahude

[1] Indonesiani, Dewi Yanti Ratih. 2015. Analisis Pengembangan Objek Wisata Tanjung Karang di Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. E-Jurnal Katalogis, Vol. 3(7): 103-112.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan