Rekomendasi Penginapan di Cemoro Sewu, Titik Pendakian Gunung Lawu




Cemoro Sewu titik pendakian Gunung Lawu (sumber: nusadaily.com)
Cemoro Sewu titik pendakian Gunung Lawu (sumber: nusadaily.com)

Untuk mereka yang mengaku pendaki sejati, pasti sudah tidak asing lagi dengan Cemoro Sewu. Ini adalah salah satu pintu masuk jalur pendakian ke Gunung Lawu. Berlokasi di Kabupaten Magetan, selain mereka yang memang ingin menaklukkan Gunung Lawu, Cemoro Sewu juga ramai didatangi karena punya panorama yang oke dan udara yang sejuk. Karena itu, tidak heran jika di sekitar daerah ini telah berdiri sejumlah penginapan meskipun jumlahnya masih minim.

Gunung Lawu telah lama dikenal pendaki dan menjadi salah satu gunung yang ‘wajib’ ditaklukkan. Berada di dua provinsi, Gunung Lawu memiliki dua jalur pendakian resmi apabila bertolak dari Karanganyar, yakni lewat Cemoro Kandang dan Candi Cetho.[1] Sementara itu, jika berangkat dari Kabupaten Magetan, pendaki bisa melewati jalur Cemoro Sewu, sedangkan titik keberangkatan dari Kabupaten Ngawi biasanya di Kebun Teh Jamus, walau memang kurang efisien karena memutar.

Nah, apabila Anda kebetulan memilih jalur pendakian Cemoro Sewu, Anda tidak perlu bingung aka transit di mana. Pasalnya, di daerah tersebut sudah tersedia sejumlah tempat yang representatif untuk beristirahat atau menginap. Anda bisa mendirikan tenda untuk camping di Basecamp Cemoro Sewu atau menyewa kamar di sejumlah akomodasi. Lalu, berapa biaya yang perlu dibayarkan?

Basecamp Cemoro Sewu

Cemoro Sewu titik pendakian Gunung Lawu (sumber: detik)
Cemoro Sewu titik pendakian Gunung Lawu (sumber: detik)

Tempat ini secara administratif berada di Raya Sarangan-Tawangmangu, Ngancar, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Basecamp Cemoro Sewu terletak di pinggir jalan lintas Karanganyar-Magetan. Apabila berangkat dari arah Plaosan, perlu menempuh jarak sejauh 22 km untuk tiba di titik ini, sedangkan perjalanan dari arah Kota Solo berkisar 42 km atau 1,5 jam berkendara.

Basecamp Cemoro Sewu awalnya digunakan sebagai pintu masuk untuk jalur pendakian Gunung Sewu. Namun, sekarang tempat itu juga difungsikan sebagai area camping ground. Berada di ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut, udara di tempat ini memang cenderung sangat sejuk, bahkan bisa sangat dingin, tetapi pemandangan yang ditawarkan sungguh luar biasa.

Lihat Juga:   Pilihan dan Tarif Penginapan di Ciwidey Valley Resort Hot Spring Waterpark

Tidak seperti camping di tengah hutan, ketika berkemah di tempat ini, para pendaki atau traveler dapat menemukan fasilitas yang memadai. Sudah tersedia sejumlah toilet dan musala. Selain itu, banyak pula penjual makanan dan minuman. Tidak heran jika selain tempat transit sebelum mendaki Gunung Lawu, Basecamp Cemoro Sewu juga sering dijadikan rujukan para pencinta sepeda.

Untuk bisa mengunjungi lokasi ini, pelancong akan dikenakan tiket masuk seharga Rp5 ribuan saja per orang. Sementara itu, untuk para pendaki Gunung Lawu, biaya retribusi sebesar Rp20 ribuan per orang, sudah termasuk camping. Apabila Anda memerlukan informasi lebih lengkap, bisa langsung datang ke lokasi atau menghubungi nomor ponsel 0877 6308 4415.

Omah Lawu Resto & Resort

Omah Lawu Resto & Resort (sumber: facebook)
Omah Lawu Resto & Resort (sumber: facebook)

Tempat inap ini berada di Raya Gondosuli, Cemoro Sewu, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sering juga disebut Penginapan Omah Lawu, lokasinya tidak jauh dari Basecamp Cemoro Sewu, tidak sampai lima menit menggunakan kendaraan bermotor. Di dekat akomodasi ini juga berdiri banyak tempat makan, seperti Lesehan Bakso Pentol, Cemoro Sewu Puncak Pass, dan Warung Makan Anjani.

Dikutip dari akun Instagram resminya, Omah Lawu Resto & Resort sebenarnya merupakan tempat terpadu yang menawarkan tidak hanya penginapan, tetapi juga restoran. Khusus untuk tempat bermalam, pengelola sudah menyediakan khusus untuk pendakian dan khusus untuk keluarga. Fasilitas yang dapat dinikmati mencakup king bed, extra bed, akses Wi-Fi, TV kabel, kamar mandi, air panas, dan view langsung bukit.

Lalu, berapa biaya yang perlu dibayarkan untuk bisa menginap di Omah Lawu Resto & Resort? Menurut keterangan resmi pengelola lewat akun Facebook-nya, harga sewa kamar di tempat ini mulai Rp100 ribuan saja per malam. Apabila tertarik menginap, pemesanan kamar dapat dilakukan langsung di lokasi atau jauh-jauh hari dengan menghubungi nomor ponsel 0859 3964 5255 atau 0812 3219 3141.

Lihat Juga:   Update Kisaran Tarif Losmen 77 Kepanjen, Favorit Suporter Bola

Lawu Forest Camp

Akomodasi ini beralamat di Raya Sarangan-Cemoro Sewu No. KM 5, Kali Jumog, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Lawu Forest Camp berjarak sekitar 5 km menuju Gunung Lawu. Apabila wisatawan hendak rekreasi ke Air Terjun Grojogan Sewu, jarak dari penginapan tersebut berkisar 9,7 km, sedangkan perjalanan menuju Candi Sukuh dan Candi Cetho sekitar 12 km.

Lawu Forest Camp sebenarnya merupakan salah satu fasilitas yang disediakan Mojosemi Forest Park. Selain Lawu Forest Camp, wahana bermain itu juga memiliki Container Forest Camp, Tenda Deck Camp, dan Tenda Dome Camping. Fasilitas standar yang bisa dinikmati pelancong antara lain tiket masuk Mojosemi Forest Park, king size bed da medium size bed, TV LED, shower dan air hangat, serta sarapan sesuai kapasitas pelancong.

Lawu Forest Camp (sumber: kumparan)
Lawu Forest Camp (sumber: kumparan)

Lawu Forest Camp

Tipe Kamar per Malam
Triple RoomRp268.000 – Rp312.000
Standard Double or Twin RoomRp433.000 – Rp477.000
Double or Twin RoomRp653.000 – Rp697.000

Informasi harga sewa kamar Lawu Forest Camp di atas kami rangkum dari salah satu situs booking online yang telah bermitra dengan Mojosemi Forest Park. Selain itu, pihak pengelola juga sering menawarkan paket menginap di Lawu Forest Park dan Container Forest Park dengan harga mulai Rp1,25 jutaan per malam. Perlu Anda catat bahwa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain lewat online travel agent, reservasi juga dapat dilakukan melalui nomor ponsel 0822 3633 5003.

[1] Isdyantoko, Bagus Andi. 2018. Penentuan Jalur Pendakian Baru Gunung Lawu Menggunakan Analisis Least Cost Path, Crossing Kontur, dan Analisis Lapangan di Wilayah Kabupaten Ngawi (Skripsi). S1 Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan