Penginapan Cemara Udang, Akomodasi Komplet View Pantai Indrayanti




Hamparan pasir Pantai Indrayanti (sumber: korinatour.com)
Hamparan pasir Pantai Indrayanti (sumber: korinatour.com)

Jika Anda berlibur ke kawasan Gunung Kidul, , jangan lupa untuk mampir ke . Pasalnya, selain memiliki panorama yang elok, pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Pulang Sawal ini juga telah didukung penginapan yang representatif. Nah, salah satu akomodasi recommended yang berada di kawasan pantai tersebut adalah Cemara Udang.

Sebelum membahas mengenai Penginapan Cemara Udang, tidak ada salahnya jika kita kupas sedikit mengenai keindahan Pantai Indrayanti. Memiliki nama yang lebih mirip nama wanita Jawa, Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, dan berdekatan dengan destinasi wisata populer lainnya di kawasan tersebut, seperti Pantai Baron dan Pantai Krakal. Lokasi pantai ini terletak tepat di sebelah timur Pantai Sundak, dan kedua pantai dibatasi dengan perbukitan karang.

Untuk mencapai pantai ini, pengunjung bisa menempuh perjalanan selama 2 jam berkendara dalam jarak 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Jika berangkat dari Yogyakarta, maka rute yang ditempuh untuk menuju pantai ini adalah Kota Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jl. Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodinigrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – (sebelum masuk Pantai Baron ambil ke timur) Pantai Sundak – Somandeng – Pantai Indrayanti.

Pengunjung Pantai Indrayanti (sumber: jogjatravelling.com)
Pengunjung Pantai Indrayanti (sumber: jogjatravelling.com)

Seperti diutarakan sebelumnya, Pantai Indrayanti ini sebenarnya memiliki nama resmi Pantai Pulang Sawal yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Sementara, pemberian Pantai Indrayanti ini diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. Hal ini bermula dari papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran sehingga kemudian masyarakat setempat dan lebih mengenal pantai tersebut dengan nama Pantai Indrayanti.

Sebagai sebuah objek wisata, Pantai Indrayanti tergolong pantai yang sangat bersih dan memiliki pemandangan yang lebih indah dibandingkan pantai-pantai lain di kawasan Gunung Kidul. Kebersihan Pantai Indrayanti tidak lepas dari peran pihak swasta yang cukup membawa dampak positif. Pihak pengelola pantai bahkan tidak segan-segan menjatuhkan denda sekitar Rp10 ribu atau hukuman pada para pengunjung yang membuang sampah di sembarang tempat. Cara ini pun dianggap membuat kebersihan Pantai Indrayanti tetap terjaga.

Selain lingkungan yang bersih, salah satu keunggulan lain yang ditawarkan Pantai Indrayanti adalah panorama alam yang memesona. Bukit karang, hamparan pasir putih, dan air laut yang jernih merupakan beberapa keindahan yang ditawarkan Pantai Indrayanti ini. Ketika senja, pengunjung pun dapat langsung melihat sunset (matahari terbenam) dengan spot yang sempurna.

Panorama matahari terbenam di Pantai Indrayanti (sumber: paketwisata.id)
Panorama matahari terbenam di Pantai Indrayanti (sumber: paketwisata.id)

Wisatawan dapat mencoba pengalaman seru dengan berjalan kaki menuju bukit di arah timur. Di sini, memang tidak ada jalan khusus, sehingga Anda harus sedikit ekstrem dengan menerobos semak dan perdu serta sesekali memanjat karang. Mungkin Anda akan sedikit kelelahan, namun hal tersebut akan terbayar lunas ketika Anda sudah sampai di puncak bukit tersebut.

Dari atas puncak bukit ini, Anda dapat menyaksikan bentangan Samudera Hindia yang begitu luas terhampar di sepanjang horizon yang terlihat. Burung camar juga sesekali terbang melintas dengan membawa paruh membawa ilalang untuk membuat sarang diselingi desau angin laut dan deru ombak, yang serupa orchestra alam yang sungguh menawan hati. Saat senja tiba, di sinilah spot terbaik untuk mendapatkan sunset di Pantai Indrayanti yang paling menawan.

Ketika malam hari tiba, Pantai Indrayanti juga mampu menghadirkan suasana yang berbeda. Gazebo-gazebo yang berjajar di pinggir pantai terlihat sangat indah dengan diterangi kerlip redup sinar lampu. Jika Anda datang berkunjung bersama pasangan atau kekasih Anda, Anda dapat menemukan nuansa romantis yang kental di kawasan pantai tersebut. Pengalaman ini terasa lengkap ketika bersantap malam bersama orang tercinta dengan ditemani embusan angin laut dan suara ombak.

Penginapan Cemara Udang

Fasilitas kamar di Penginapan Cemara Udang (twitter: @arysmig)
Fasilitas di Penginapan Cemara Udang (twitter: @arysmig)

Seperti diutarakan di atas, selain pemandangan yang indah, Pantai Indrayanti juga telah didukung sejumlah fasilitas penginapan yang layak. Nah, salah satu pilihan akomodasi untuk tempat bermalam di kawasan pantai ini adalah Penginapan Cemara Udang. Anda bisa menemukan tempat ini di kawasan Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Menurut penuturan beberapa pengunjung yang pernah singgah, Penginapan Cemara Udang diklaim sebagai akomodasi yang bersih, dengan lahan parkir yang luas, dan sarapan yang enak. Selain itu, penginapan ini memiliki view langsung menghadap ke Pantai Indrayanti, sehingga membuat banyak wisatawan betah berlama-lama tinggal.

Meski sekilas mengusung desain modern, namun suasana Penginapan Udang Cemara cukup asri. Ornamen batu bata ditambahkan ke dinding untuk menciptakan suasana yang lebih natural, ditambah dengan kehadiran rumput dan tanaman hijau di sekeliling bangunan. Belum lagi area depan penginapan yang sengaja tidak ditutup aspal sepenuhnya untuk mengesankan suasana yang lebih alami.

Ada banyak alasan kenapa wisatawan dijamin betah menginap di tempat ini. Pasalnya, walau kesan tradisional kental terasa, terutama dari dinding kamar yang beberapa terbuat dari bahan kayu, namun fasilitas yang disediakan cukup memadai. Ketika bermalam, tamu akan mendapatkan ranjang spring bed yang nyaman, extra bed, AC, televisi, kamar mandi pribadi, meja dan kursi, hingga lampu dan colokan listrik. Beberapa kamar juga dilengkapi wastafel dan televisi layar datar.

Penginapan Cemara Udang

Balkon Penginapan Cemara Udang (twitter: @arysmig)
Balkon Penginapan Cemara Udang (twitter: @arysmig)
Tipe KamarTarif per Malam
Kamar 1Rp400.000
Kamar 2Rp500.000
Kamar 3Rp600.000

sewa kamar Penginapan Cemara Udang di atas berasal dari bocoran salah satu tamu dan berlaku untuk weekend. Sementara, pada hari-hari biasa, biaya sewa kamar mulai Rp350 ribuan per malam, plus Rp50 ribu jika tamu memakai extra bed. Untuk lebih detail atau melakukan reservasi, silakan menghubungi nomor ponsel 0823 2821 0384 dan 0813 2876 3099.

Lihat Juga:   Air Terjun Tretes Jombang, Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan