Update Penginapan 1 Rumah Murah di Jogja untuk Keluarga




Keraton, simbol Daerah Istimewa Yogyakarta (sumber: gudeg.net)
Keraton, simbol Daerah Istimewa Yogyakarta (sumber: gudeg.net)

Jika Anda berwisata ke Jogja bersama atau rombongan, penginapan yang bisa disewa secara rumahan merupakan opsi yang tepat. Pasalnya, akomodasi jenis ini menawarkan suasana yang lebih privat, fasilitas yang lengkap, serta tarif yang bila dihitung-hitung, cukup terjangkau. Nah, berikut kami sajikan beberapa 1 rumah paling populer di Kota Gudeg dengan tarif paling hemat.

Rumah Ofa

Penginapan ini berlokasi di Jalan Magelang KM 4, Karangwaru Lor TRII/152, Yogyakarta. Rumah Ofa merupakan salah satu guest house yang cukup langka di Kota Gudeg, karena meski berada di yang strategis, namun menawarkan tarif meriah. Perlu diketahui, jarak akomodasi ini dengan Jalan Malioboro hanya 2,5 km.

Rumah Ofa - www.pictame.com
Rumah Ofa – www.pictame.com

Rumah Ofa diklaim mampu menampung lima orang tamu. Pengelola telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti dapur plus alat memasak, air mineral plus dispenser, lemari es, dua kamar tidur, kipas angin atau AC, hingga televisi saluran lokal. Dengan tarif mulai Rp300 ribuan per malam untuk 5 orang, bisa dilakukan melalui nomor telepon 081327670303.

Ndalem Suryo Saptono Guest House

Akomodasi ini beralamat di Sumberan Baru II No. 15, Jalan Godean KM 1, Yogyakarta. Ndalem Suryo Saptono Guest House hanya berjarak sekitar 2,3 km dari Jalan Malioboro. Jika ingin berkunjung ke Istana Kepresidenan Yogyakarta, cukup menempuh perjalanan 2,7 km, atau 2,8 apabila hendak ke Benteng Vredeburg.

Ndalem Suryo Saptono Guest House - www.booking.com
Ndalem Suryo Saptono Guest House – www.booking.com

Ada empat kamar yang ditawarkan. Mulai dari Standard Bungalow dengan balkon dan teras yang dipatok Rp450 ribu –Rp500 per malam tergantung ukuran kamar yang dipilih. Fasilitas yang disajikan yakni sarapan pagi, ranjang berukuran besar, TV, dan peralatan mandi lengkap. Seluruh ruangan standard dapat menampung tiga orang pengunjung. 

Kedua, tipe kamar Deluxe dan Superior yang masing-masing dihargai sama dengan tarif Rp600 ribu per malam. Anda dapat memilih ukuran ruangan yang dibutuhkan dengan fasilitas yang sama ditambah tiga ranjang besar dan memuat hingga empat orang pengunjung.Untuk reservasi, Anda bisa menghubungi nomor telepon (0274) 624350 atau email di alamat info@ndalemsuryosaptono.com.

Cipta Guest House

Penginapan ini berlokasi di Perum Citra Kedaton I, Jalan Sukun, Condong Catur, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Memiliki luas tanah 123 meter persegi dan luas bangunan 80 meter persegi, Cipta Guest House diklaim mampu menampung enam orang tamu sehingga cocok bagi wisatawan yang datang dengan keluarga kecil.

Cipta Guest House - www.booking.com
Cipta Guest House – www.booking.com

Ketika weekday, tarif inap dipatok Rp450 ribuan per malam, sedangkan pada weekend sebesar Rp550 ribuan per malam. Fasilitas yang ditawarkan adalah tiga kamar tidur, ruang makan lengkap, ruang keluarga dengan TV satelit dan sofa bed, dapur plus alat memasak, teras dan taman, serta akses Wi-Fi. Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi nomor ponsel 081389110856.

Casa Meira

Tempat inap ini berada di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di Grand Bukit Sari No. 53, Jalan KRT Djoyodiningrat, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Berada tidak jauh dari spot populer di Yogyakarta bagian selatan, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Drini, Cave Tubing Goa Pindul, dan Gua Jomblang, Casa Meira menjadi tempat yang sempurna untuk keluarga atau rombongan kecil.

Casa Meira Gunung Kidul (sumber: tinuku.com)
Casa Meira Gunung Kidul (sumber: tinuku.com)

Rumah ini sendiri memiliki dua kamar tidur, dua kamar mandi dengan shower air panas dan toilet, ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan pintu rahasia. Di samping itu, disediakan pula fasilitas seperti AC, ranjang ukuran 140 x 200 cm, extra bed, TV, refrigerator, dan sofa bed. Mampu menampung empat orang, tarif inap di Casa Meira mulai Rp480 ribuan per malam dan reservasi dapat dilakukan via nomor telepon 081282148000.

Sadewa 21

Akomodasi ini terletak di Jalan Kapten Pierre Tendean, Gang Sadewa No. 21, Wirobrajan, Yogyakarta. Sadewa 21 hanya berjarak sekitar 3 km dari Jalan Maliboro. Selain itu, tempat menginap ini juga tidak terlalu jauh dari beberapa tempat belanja favorit anak muda Yogyakarta, seperti Sakola, Inteeshirt, dan Jolie.

Sadewa 21 Homestay (via google street view)
Sadewa 21 (via google street view)

Menempati bangunan lawas dengan dua lantai bergaya Indis, Sadewa 21 diklaim mampu menampung hingga 10 orang tamu. Pasalnya, tempat ini telah didukung dengan enam unit kamar tidur, empat kamar mandi (sebagian dengan shower dan air panas), AC, ruang keluarga plus TV LCD dan sofa bed, dan dapur mungil plus peralatan masak. Jika ingin bermalam di tempat ini, tarif per malam dipatok Rp500 ribuan dan Anda bisa langsung datang ke lokasi untuk melakukan reservasi.

Al-Baik Homestay

Penginapan ini berlokasi di Jalan Kaliurang KM 7,5 No. 79, Yogyakarta. Al-Baik Homestay terdiri dari empat rumah, yang masing-masing rumah telah dilengkapi dengan fasilitas seperti dua kamar tidur, living room, kamar mandi, serta dapur terbuka, dengan daya tampung 6 orang, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di Yogyakarta bersama keluarga dan kerabat.

Al-Baik Homestay (sumber: Traveloka)
Al-Baik Homestay (sumber: Traveloka)

Meski berada di kawasan Kaliurang yang ramai, namun tamu tetap bisa beristirahat dengan nyaman dan bebas dari gangguan bising kendaraan karena letak penginapan berada menjorok ke dalam. Dengan tarif mulai Rp250 ribuan per malam, pemesanan bisa Anda lakukan langsung di lokasi. Sekadar informasi, Al-Baik Homestay hanya berselang lima menit menuju Mirota Kampus.

Omah’e Mimod

Penginapan yang juga bernama Mimod Homestay ini berada di Jalan Jambon, Gang Teratai No. 582, Jatimulyo, Tegalrejo, Yogyakarta. Tidak jauh dari Sindu Kusuma Edupark dan Jalan Malioboro, Omah’e Mimod menawarkan rumah dengan tiga kamar ber-AC, dua kamar mandi plus water heater, living area, TV, sofa yang nyaman, area dapur lengkap dengan lampu dan furniture retro, serta pintu kaca besar yang menghadap ke taman.

Homestay Omah'e Mimod (sumber: booking.com)
Homestay Omah’e Mimod (sumber: booking.com)

Pengelola menawarkan Omah’e Mimod dengan tarif mulai Rp550 ribuan per malam, dengan kapasitas enam orang (sudah termasuk sarapan). Jika tamu memerlukan extra bed, dikenakan tambahan Rp50 ribu, dan reservasi bisa dilakukan langsung di lokasi. Omah’e Mimod sendiri menerapkan jadwal check-in pukul 15.00 WIB dan check-out pukul 11.00 WIB.

Deretan penginapan di atas dapat menjadi referensi Anda ketika berlibur ke Jogja. Pastikan sebelum Anda menginap sudah melakukan reservasi kamar, baik secara online atau survei langsung terlebih dulu.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Referensi Homestay Paling Murah di Makassar




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan