Hampir Mirip, Ini Pengertian Dormitory dan Hostel




Ilustrasi: kamar penginapan
Ilustrasi: kamar penginapan

Bagi pelancong dengan bujet terbatas atau , berburu penginapan dengan harga sewa murah adalah salah satu list yang tidak boleh terlewatkan. Untungnya, saat ini sudah tersedia banyak akomodasi yang menawarkan hemat, termasuk dormitory dan . Namun, masih banyak orang yang tidak belum paham pengertian dan membedakan antara keduanya.

Pengertian dan Harga Dormitory

Dormitory bisa dikatakan sebagai suatu tempat atau hunian sementara yang ditujukan untuk anggota suatu kelompok, biasanya murid-murid sekolah dan mahasiswa, sehingga lebih sering disebut asrama.[1] Dengan adanya asrama tersebut, dapat mendukung mahasiswa atau murid dari tempat asal yang jauh untuk menetap dan berada dekat dengan aktivitas keseharian mereka.

Seiring berkembangnya waktu, model ini lantas ditujukan untuk masyarakat umum atau pelancong yang membutuhkan tempat tinggal sementara di lokasi tujuan. Biasanya, penghuni dormitory di tempat tersebut untuk jangka waktu yang lama daripada di atau alasan dengan alasan, salah satunya karena tempat tinggal asal sang penghuni terlalu jauh.[2]

Ilustrasi: kamar dormitory dengan ranjang susun
Ilustrasi: dormitory dengan ranjang susun

Di Indonesia sendiri, akomodasi model dormitory sudah menyebar di banyak kota. Di misalnya, ada sejumlah dormitory yang dapat Anda jadikan tempat bermalam. Beberapa nama yang populer antara lain Athaya Dormitory Jogja, Abrakadabra Art BnB, dan Bunk Bed and Breakfast Yogyakarta. Biasanya, harga sewa dormitory ini sangat hemat, bahkan bisa di bawah Rp100 ribuan per ranjang per malam.

Walau telah menjadi favorit banyak traveler, saat memutuskan hendak menginap di dormitory, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Karena satu kamar bisa dihuni hingga 6 orang atau lebih dengan latar belakang yang berbeda, maka menjaga ketenangan adalah hal yang wajib. Biasanya, saat tamu sudah masuk ke kamar, itu tandanya mereka memang mau beristirahat.

Lihat Juga:   Pondok 71 Jogja, Penginapan Murah Dekat Alun-alun Kidul

Hal lainnya adalah turis wajib menjaga barang bawaan mereka dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, masih banyak dormitory yang tidak menyediakan loker dengan kunci, hanya lemari kecil tanpa gembok. Apabila Anda tidak yakin barang bawaan Anda akan aman di kamar, Anda bisa menitipkannya di resepsionis atau penjaga dorm. Biasanya, ini membutuhkan biaya tambahan.

Pengertian dan Hostel

Hostel sering juga disebut dengan mansion house (rumah besar), yakni sebuah rumah yang disewakan kepada masyarakat umum untuk beristirahat sementara waktu dan para tamu wajib mematuhi peraturan yang dibuat oleh host atau tuan rumah.[3] Selain itu, hostel juga dapat dikatakan sebagai tempat menginap yang digunakan secara bersama-sama oleh penghuninya, misalnya kamar mandi, ruang duduk, dan dapur, sehingga tamu punya kesempatan lebih besar untuk bersosialisasi satu sama lain.[4]

Ilustrasi: fasilitas kamar hostel
Ilustrasi: fasilitas kamar hostel

Dibandingkan dengan hotel, harga sewa kamar di hostel cenderung lebih murah daripada hotel, dan akhirnya banyak yang menyebutnya sebagai budget hotel. Alasan biaya menginap di hostel lebih terjangkau karena fasilitas yang ditawarkan juga cenderung biasa (kalau tidak bisa dikatakan seadanya). Kamar di hostel memang berukuran cukup besar, tetapi digunakan lebih dari satu orang atau tamu, ada yang untuk enam orang hingga 10 orang, tergantung kebijakan masing-masing hostel.

Karena kamar yang disediakan mampu memuat banyak orang, hostel juga sering disebut mirip asrama, membuat banyak orang susah membedakannya dengan dormitory. Tamu yang menginap di sini harus berbagi ruangan dengan tamu lain yang tidak mereka kenal. Jadi, Anda harus berbagi fasilitas di dalam satu kamar tidur dengan tamu yang lainnya, kecuali tentu saja tempat tidur atau ranjang. Ranjang pun didesain minimalis, kecil, dan tidak jarang berupa ranjang susun.

Lihat Juga:   Berenang di Hotel Tanpa Menginap? Ini Harga Tiket Masuknya

Mengenai fasilitas, jangan harap Anda akan menemukan fasilitas mewah ketika menginap di hostel. Kamar mandi atau toilet tidak disediakan secara pribadi, tetapi berupa kamar mandi bersama atau sharing sehingga Anda harus bergantian menggunakannya dengan tamu lain. Umumnya, kamar mandi ini diletakkan di ruang umum atau area publik.

Untuk fasilitas umum, selain kamar mandi, hostel juga kebanyakan telah menyediakan ruang bersantai, televisi, buku-buku, dapur dan peralatan untuk memasak, lemari es, hingga tempat menjemur pakaian. Fasilitas tersebut, selain bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran, juga membuat suasana hostel menjadi lebih bersahabat dan homey.

Seperti halnya dormitory, hal utama yang perlu diperhatikan saat memutuskan menginap di hostel adalah menjaga ketenangan. Karena kamar yang disediakan hostel umumnya adalah kamar bersama, sangat penting bagi para tamu untuk menjaga ketenangan. Banyak hostel yang memberlakukan jam tenang, seperti mulai pukul 22.00 atau 23.00 hingga esok pagi. Karena itu, jika Anda datang bersama teman, sebaiknya jangan berisik atau bersuara lantang di dalam kamar.

[1] Wiliaury, Melisa, Adi Santosa, Grace Setiati Kattu. 2015. Perancangan Mebel Multifungsi untuk Dormitory Mahasiswa Desain. Jurnal Intra, Vol. 3(2): 38-44.

[2] Ibid.

[3] Raharjo, Nadia Lupita dan Imam Santosa. 2014. Perencanaan Interior Butik Hotel, Surakarta dengan Pendekatan Konsep Cerita Rakyat Dewi Sri. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, Vol. 3(1).

[4] Gosal, Andry Rizky Leonardo & Jefrey I. Kindangen. 2013. Manado Backpacker Hostel (Urban Oasis). Jurnal Arsitektur Daseng UNSRAT Manado, Vol. 2(2): 33-42.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan