Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Penangkaran Rusa Bawean




Penangkaran Rusa Bawean - travel.detik.com
Penangkaran Rusa Bawean - travel.detik.com

Berlibur ke belum lengkap rasanya jika tidak singgah ke Pulau Bawean. Pasalnya, ada banyak hal seru yang bisa Anda lakukan di Pulau Bawean, terutama jika Anda berlibur bersama keluarga atau teman. Di pulau ini, Anda bahkan bisa melihat banyak rusa langka di Penangkaran Rusa Bawean.

Tempat berupa pulau dengan banyak hewan dan tempat wisata tersebut cukup populer di kalangan . Banyak orang melancong ke Pulau Bawean untuk menikmati keindahan pulau, terutama melihat rusa. Rusa-rusa di Pulau Bawean sudah ada sejak dulu. Namun, karena populasinya semakin berkurang, pemerintah memutuskan untuk melestarikannya.

Lokasi dan Penangkaran Rusa Bawean

Penangkaran Rusa Bawean sendiri berlokasi di Pulau Bawean dan masih termasuk Kabupaten Gresik, tepatnya berada di bagian utara Kota Gresik, Jawa Timur, dengan jarak sekitar 140 km dari Gresik. Dari Gresik menuju Pulau Bawean tidaklah sulit, Anda bisa menyewa kapal terlebih dahulu. 

Pulau Bawean sendiri merupakan salah satu gugusan pulau yang ada di Jawa Timur dengan status cagar alam. Karena berstatus cagar alam, pulau ini dilindungi oleh pemerintah dan memiliki keamanan yang baik. Suasana yang damai serta jauh dari hiruk pikuk warga, membuat rusa yang ada di penangkaran bisa hidup dengan tenang. Tujuan menjadikan Pulau Bawean sebagai cagar alam, tidak hanya untuk melestarikan rusa saja, tetapi juga menjaga keindahan dan hijaunya pulau tersebut.

Memasuki area penangkaran, Anda harus izin terlebih dahulu di pos penjagaan. Anda akan disambut oleh petugas penangkaran dan ditanya mengenai keperluan Anda berkunjung. Setelah Anda diperiksa oleh petugas dan diperbolehkan memasuki area penangkaran, Anda bisa langsung menikmati pemandangan padang rumput yang hijau dengan rusa-rusa di sekitarnya.

Di setiap sudut penangkaran rusa, sudah terdapat banyak kandang rusa dengan ukuran besar. Kandang-kandang tersebut berisi rusa-rusa dengan makanan yang melimpah. Biasanya, pengunjung diperbolehkan melihat rusa-rusa tersebut dari dekat. Jika Anda beruntung, Anda akan diperbolehkan berinteraksi dengan mereka.

Pulau Bawean - www.jawapos.com
Pulau Bawean – www.jawapos.com

Beberapa rusa yang baru saja dikandangkan, terkadang masih memiliki sifat yang liar. Berbeda dengan rusa yang sudah lama berada di kandang. Rusa yang sudah lama berada di kandang dan sudah biasa melihat manusia, akan mudah berinteraksi. Anda juga perlu waspada jika berkunjung ke penangkaran rusa tersebut, apalagi jika menjumpai rusa yang belum bisa dijinakkan. Beberapa petugas jaga terkadang akan mengajak Anda memberi makan rusa. Biasanya, Anda akan diberi wortel, rumput, atau sayuran hijau yang baik untuk rusa.

Penangkaran Rusa Bawean ini memiliki banyak fasilitas menarik. Selain wisata edukasi, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah di penangkaran. Apalagi jika menjelang sore, biasanya banyak rusa yang dikeluarkan dan Anda bisa melihat mereka dengan jelas. Tempat Penangkaran Rusa Bawean juga dilengkapi dengan bangku dan beberapa gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sembari melihat rusa yang berlarian.

Meskipun begitu, Anda tidak diperbolehkan membuat suara yang terlalu keras atau berisik. Suara yang keras dan berisik dapat mengganggu para rusa dan membuat mereka stres. Anda juga perlu mengetahui, jika Anda memasuki area penangkaran, Anda tidak diperbolehkan membawa makanan atau minuman.

Fasilitas lainnya yang terdapat di penangkaran rusa ini, Anda diperbolehkan untuk berfoto dengan rusa. Hewan yang ada di penangkaran tidak hanya rusa saja, Anda juga bisa melihat jenis hewan langka lainnya, seperti babi kutil. Populasi babi kutil di Pulau Bawean sendiri tergolong minim, dan karena itu pihak penangkaran berusaha melestarikannya.

Perlu Anda ketahui pula, bahwa terdapat hari-hari tertentu ketika Penangkaran Rusa Bawean ini tutup. Ini karena ada proses rehabilitasi khusus untuk beberapa rusa yang akan dilepaskan. Proses rehabilitasi rusa biasanya berlangsung sedikit lama, ini karena rusa yang akan dilepaskan harus dalam keadaan yang baik dan sehat.

Para tamu yang berkunjung dapat mengusik para rusa yang sedang direhabilitasi. Jika Anda tetap bersikeras masuk ke dalam area penangkaran rusa, ini akan membuat proses rehabilitasi gagal. Rusa-rusa tersebut bisa stres dan gagal untuk dilepaskan ke alam. 

Masuk Penangkaran Rusa Bawean

Tempat wisata Penangkaran Rusa Bawean tergolong salah satu tempat wisata yang murah. Anda tidak perlu membayar tiket masuk ke tempat ini alias gratis. Anda hanya perlu memperhatikan biaya transportasi dari Gresik ke Pulau Bawean saja. Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda bisa menggunakan transportasi kapal.

Kapal akan membawa Anda dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean dengan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam. Harga sewa kapal dari Gresik ke Pulau Bawean beragam, tergantung dari kapal yang Anda tumpangi. Berikut adalah nama kapal serta kapal dari Gresik ke Pulau Bawean.

Penangkaran Rusa Bawean - phinemo.com
Penangkaran Rusa Bawean – phinemo.com

Harga Sewa Kapal dari Gresik ke Pulau Bawean

Nama KapalKetersediaanKisaran Tarif (Rp)
Bahari Ekspress 8ESelasa, Kamis, Minggu

Pukul 09.00 WIB

146.000-162.000
Gili IyangJumat

Pukul 21.00 WIB

59.000-95.000
Natuna EkspresSenin, Rabu, Sabtu

Pukul 09.00 WIB

146.000-162.000

tarif kapal di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, harga sewa kapal di atas dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola kapal. Selain dari Gresik ke Bawean, kapal juga akan membawa Anda pulang dari Bawean ke Gresik, dengan tarif sebagai berikut.

Harga Sewa Kapal dari Pulau Bawean ke Gresik

Nama KapalKetersediaanKisaran Tarif (Rp)
Bahari Ekspress 8ESabtu, Senin, Rabu

Pukul 09.00 WIB

146.000-162.000
Gili IyangJumat

Pukul 09.00 WIB

59.000-95.000
Natuna EkspresSelasa, Kamis, Minggu

Pukul 09.00 WIB

146.000-162.000

Daftar tarif di atas juga kami ambil dari berbagai sumber dan pastinya dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan Anda mengecek tarif sewa kapal dan mengetahui jadwal keberangkatan kapal terlebih dahulu sebelum menyewanya.

Lihat Juga:   Info Fasilitas dan Harga Kamar Hotel Mulia Senayan Jakarta




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan