Tak Hanya Berendam, Pemandian Air Panas Padusan Pacet Sediakan Taman Kelinci




Pemandian Air Panas Padusan Pacet (sumber: unair.ac.id)
Pemandian Air Panas Padusan Pacet (sumber: unair.ac.id)

Pacet merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto yang memiliki potensi wisata cukup terkenal, seperti Air Terjun Coban Canggu, Petungsewu, dan wisata Lereng Welirang.[1] Selain itu, ada juga Pemandian Air Panas Padusan yang menyediakan fasilitas wisata keluarga lengkap dengan atau tarif tiket masuk yang relatif terjangkau.

Lokasi Pemandian Air Panas Padusan

Wisata Pemandian Air Panas Padusan berada di Taman Hutan Rakyat Pacet, Jawa Timur. Pemandian air panas ini merupakan salah satu objek wisata andalan di Mojokerto. Terletak di atas ketinggian 800 mdpl, lokasinya berada di lereng Gunung Welirang.

Suhu rata-rata kawasan Pemandian Air Panas Padusan 20 derajat Celsius dengan kelembaban udara cukup tinggi. Hal ini membuat suasana dan udara kawasan ini sejuk khas pegunungan. Terletak di lokasi strategis, tempat wisata ini mudah dijangkau dari berbagai penjuru.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Padusan

Sebagai objek wisata semi alami, dari area Pemandian Air Panas Padusan, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Welirang yang masih asri. Selain itu, area sekitar pemandian adalah hutan kecil, ladang, dan area penduduk. Tak heran jika hawanya sejuk dan udaranya dingin.

Dengan kondisinya yang masih asri, tak heran jika pengunjung betah berendam di Pemandian Air Panas Padusan. Apalagi, khusus kolam air hangat dan panas, hanya untuk berenang dan diketahui airnya mengandung belerang. Ini membuat air di tempat rekreasi tersebut diklaim memiliki banyak khasiat, mulai dari menghilangkan lelah, nyeri otot, hingga menjaga tubuh.

Lihat Juga:   Update Wisata Populer dan Kekinian di Wajak, Malang

Beberapa pengunjung juga percaya, air panas di Pemandian Air Panas Padusan mampu mengatasi rematik, asam urat, gatal-gatal, dan penyakit kulit. Tak heran jika banyak orang, mulai dari anak-anak hingga lansia senang berendam di kolam pemandian air panas tersebut.

Daya tarik Pemandian Air Panas Padusan lainnya adalah keindahan taman dan wahana permainan anaknya. Selain menyediakan area untuk berendam air panas, sebagian besar kawasannya adalah taman berbunga dengan bangku-bangku taman. Di beberapa sudut taman, terdapat ayunan dan jungkat-jungkit yang bisa dimainkan anak. Ada juga berfoto dengan latar belakang patung hewan, payung warna-warni, dan masih banyak lagi.

Taman Kelinci di Pemandian Air Panas Padusan Pacet (facebook: Faizah)
Taman Kelinci di Pemandian Air Panas Padusan Pacet (facebook: Faizah)

Fasilitas Pemandian Air Panas Padusan

Sebagai pemandian air panas yang cukup populer di Pacitan, Pemandian Air Panas Padusan menyediakan kolam air panas dengan suhu beragam. Pengunjung bebas memilih kolam berendam sesuai dengan kebutuhan. Ada juga kolam air dingin bagi mereka yang ingin berenang dengan leluasa.

Ada pula kolam berendam khusus dengan suhu air hangat di Pemandian Air Panas Padusan dan mengandung belerang. Ini biasanya digunakan untuk berendam dengan tujuan kesehatan. Kolam-kolam berendam maupun berenang terbagi menjadi dua bagian, yakni kolam khusus anak dan dewasa.

Berbeda dengan pemandian alam, Pemandian Air Panas Padusan juga menawarkan kolam private dan umum. Bagi Anda yang ingin berendam secara eksklusif, baik sendirian atau bersama rombongan keluarga, bisa memilih kolam private yang dindingnya terbuat dari batuan alam. Sementara itu, bagi Anda yang suka berendam beramai-ramai dengan pengunjung lain, bisa memilih kolam umum.

Lihat Juga:   Referensi Penginapan di Cijapati Garut, Dekat Tempat Wisata Alam Populer

Bagi Anda yang datang bersama anak-anak, pihak Pemandian Air Panas Padusan juga menyediakan wisata edukasi khusus, yakni taman kelinci. Tak hanya melihat taman dengan tumbuhan berbunga dan pepohonan rindang, di tempat ini si kecil bisa bermain dengan kelinci yang berkeliaran.

Fasilitas lain yang ada di Pemandian Air Panas Padusan, antara lain tempat ganti, area bilas dengan air hangat atau air dingin, toilet dengan kloset duduk, area piknik, dan area makan. Khusus area makan, bentuknya seperti kantin dan terdapat banyak lapak dengan dagangan beragam. Anda bisa memesan aneka nasi atau makanan berkuah, seperti bakso dan mi kuah.

Pengunjung  berendam di Pemandian Air Panas Padusan Pacet (sumber: jadwaltravel.com)
Pengunjung berendam di Pemandian Air Panas Padusan Pacet (sumber: jadwaltravel.com)

Masuk Pemandian Air Panas Padusan

Jenis Tiket Masuk Weekday (Rp) Weekend (Rp)
Anak 10.500 13.000
Dewasa 13.000 15.500

Tentunya, biaya tiket masuk Pemandian Air Panas Padusan tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda tidak harus membeli makanan dari kantin, tetapi juga boleh membawanya sendiri dari rumah. Untuk informasi lebih detail mengenai Pemandian Air Panas Padusan, Anda bisa langsung datang ke lokasi.

[1] Fitriya, Rizkina. 2019. Upaya Pengembangan Wilayah Kabupaten Mojokerto Sebagai Destinasi Wisata Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Geografi Universitas Negeri Surabaya, Vol. 20(20): 1-6.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan