Pemandian Air Panas Brungkah Pacitan, Tempat Wisata Populer Bertarif Murah




Pemandian Air Panas Brungkah Pacitan - (@Yoga RastaMan)
Pemandian Air Panas Brungkah Pacitan - (@Yoga RastaMan)

Pacitan tidak hanya populer dengan wisata Pantai Klayar dan Sungai Maron, tetapi juga Air Panas Brungkah. Memiliki konsep wisata ramah keluarga, pemandian air panas tersebut tidak hanya menyediakan fasilitas kolam anak dan dewasa yang terpisah, tetapi juga area piknik. Untuk harga atau tarif tiket masuknya juga relatif terjangkau.

Objek wisata air panas merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga yang menawarkan aktivitas wisata menarik, seperti berendam air hangat, berenang di kolam air hangat, serta bersantai dengan pemandangan alam yang indah.[1] Semua itu juga bisa Anda lakukan di Air Panas Brungkah.

Lokasi Air Panas Brungkah

Wisata alam Air Panas Brungkah berada di Brungkah, Karangrejo, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 15,8 km dari Kabupaten Pacitan. Terletak di kawasan strategis, tempat wisata ini mudah dijangkau dari berbagai penjuru.

Jika Anda datang dari Ponorogo, Anda bisa melewati jalan tol Ponorogo – Solo. Ikuti saja jalan tersebut hingga Anda berada di Jl. Simpang Tiga, Bedegan. Menuju Jl. Dayakan, terus saja hingga Anda berada di Jl. Nasional III di Kebondalem. Lanjutkan menuju Jl. Wisata Air Hangat di Karangrejo dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di Air Panas Brungkah. Selain mudah dijangkau, tempat rekreasi ini memiliki beberapa daya tarik berikut.

Pemandian Air Panas Brungkah Pacitan - (@Ning ambar)
Air Panas Brungkah Pacitan – (@Ning ambar)

Daya Tarik Air Panas Brungkah

Sebagai objek wisata semi alami, Air Panas Brungkah berada di dekat lereng Gunung Gajah. Dari area pemandian, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Gajah yang masih asri. Selain itu, area sekitar pemandian adalah hutan kecil, ladang, dan area perkebunan penduduk. Tak heran jika hawanya sejuk dan udaranya dingin.

Lihat Juga:   Bantal Guling Guest House Bandung Sediakan Kamar Mulai Rp90 Ribuan

Dengan kondisinya yang masih asri, tak heran jika pengunjung betah berendam di Pemandian Air Panas Brungkah. Apalagi, konon sumber air panas yang ada di pemandian ini suhunya stabil selama 24 jam. Ini membuat air di tempat rekreasi tersebut diklaim memiliki banyak khasiat, mulai dari menghilangkan lelah, nyeri otot, hingga menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa pengunjung juga percaya, air panas di Pemandian Air Panas Brungkah mampu mengatasi rematik, asam urat, gatal-gatal, dan penyakit kulit. Tak heran jika banyak orang, mulai dari anak-anak hingga lansia senang berendam di kolam pemandian air panas tersebut.

Daya tarik Pemandian Air Panas Brungkah lainnya adalah keindahan taman dan wahana permainan anaknya. Selain menyediakan area untuk berendam air panas, sebagian besar kawasannya adalah taman berbunga dengan bangku-bangku taman. Di beberapa sudut taman, terdapat ayunan dan jungkat-jungkit yang bisa dimainkan anak. Ada juga spot berfoto dengan latar belakang lampion, patung hewan, dan masih banyak lagi.

Fasilitas Pemandian Air Panas Brungkah

Sebagai pemandian air panas yang cukup populer di Pacitan, Air Panas Brungkah menyediakan kolam air panas dengan suhu beragam. Pengunjung bebas memilih kolam berendam sesuai dengan kebutuhan. Ada juga kolam air dingin bagi mereka yang ingin berenang dengan leluasa.

Ada pula kolam berendam khusus dengan suhu air hangat di Pemandian Air Panas Brungkah dan mengandung belerang. Ini biasanya digunakan untuk berendam dengan tujuan kesehatan. Kolam-kolam berendam maupun berenang terbagi menjadi dua bagian, yakni kolam khusus anak dan dewasa.

Lihat Juga:   Lokasi, Fasilitas, dan Tarif ke Pantai Kalangan Sibolga
Pemandian Air Panas Brungkah Pacitan - (@Yoga RastaMan)
Pemandian Air Panas Brungkah Pacitan – (@Yoga RastaMan)

Berbeda dengan pemandian alam, Pemandian Air Panas Brungkah juga menawarkan kolam terbuka dan tertutup. Bagi Anda yang ingin berendam sambil melihat pemandangan Gunung Gajah, Anda bisa memilih pemandian terbuka. Sementara bagi Anda yang lebih suka berendam sendiri, lebih cocok memilih kolam pribadi.

Fasilitas lain yang ada di Pemandian Air Panas Brungkah, antara lain tempat ganti, area bilas dengan air hangat atau air dingin, toilet dengan kloset duduk, area piknik, dan area makan. Khusus area makan, bentuknya seperti kantin dan terdapat banyak lapak dengan dagangan beragam. Anda bisa memesan aneka nasi atau makanan berkuah, seperti bakso dan mi kuah.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Brungkah

Menurut bocoran para pelancong, untuk menikmati berendam di kolam Pemandian Air Panas Brungkah, setidaknya wisatawan harus membayar tarif tiket Rp15.000. Tentunya, tiket masuk tersebut tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola.

Anda tidak harus membeli makanan dari kantin, tetapi juga boleh membawanya sendiri dari rumah. Untuk informasi lebih detail mengenai Pemandian Air Panas Brungkah, Anda bisa langsung datang ke lokasi.

[1] Marlina, Eka. 2019. Pengelolaan Objek Wisata Air Panas Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) di Desa Cikupa Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan UNIGAL, Vol. 5(1): 153-165.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan