Lokasi, Fasilitas dan Tiket Masuk Pantai Turki Banjarmasin




Pantai Turki Banjarmasin - koranbanjar.net
Pantai Turki Banjarmasin - koranbanjar.net

Bagi Anda yang saat ini sedang berkunjung ke , ada baiknya Anda mencoba menjelajah wilayah Ketapang. Di daerah tersebut, Anda akan menemukan banyak alam yang kece. Salah satu rekomendasi menarik yang sedang saat ini adalah Pantai Tungkaran Kiri atau biasa dikenal dengan Pantai Turki. Ini merupakan salah satu objek dengan pengunjung diklaim lebih dari 100 orang setiap , dengan harga tiket cukup terjangkau.

Destinasi wisata ini cocok untuk Anda yang berlibur bersama keluarga. Ada banyak yang bisa Anda gunakan untuk merasakan keseruan berlibur ke Pantai Turki. Letak Pantai Turki sendiri juga tidak jauh dari Banjarmasin, inilah mengapa pantai ini selalu dipadati wisatawan. Anda bisa berpiknik dan bersantai dengan keluarga atau teman ketika berlibur ke pantai ini. 

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Turki

Pantai Tungkaran Kiri ini berada di Desa Swarangan RT 8 RW 4, Kec. Jorong, Kab. Tanah , Kalimantan Selatan. Untuk menuju pantai ini, tampaknya Anda harus lebih jeli ketika melihat jalan atau peta. Tidak sedikit wisatawan yang tersesat karena bingung melihat peta dan jalan. Beberapa turis yang mengikuti GPS dan Google Maps juga dibuat bingung dengan lokasi serta rutenya.

Sebetulnya, jika Anda dari arah Banjarmasin dan mengikuti Google Maps, Anda hanya perlu memperhatikan jalan menuju pantai dari arah Pelaihari. Setelah itu, Anda akan menjumpai SPB. Tidak begitu jauh dari SPBU, ada pos penanda khusus untuk menuju kabupaten Tanah Laut. Dari sini, Anda bisa langsung menuju pertigaan dan Anda akan menemukan papan penanda khusus yang membimbing Anda menuju Pantai Turki.

Pantai Turki Banjarmasin - banuabicara.com
Pantai Turki Banjarmasin – banuabicara.com

Ada juga jalan alternatif lainnya, dari Banjarmasin, Anda bisa langsung menuju Jl. Ahmad Yani. Kemudian, masuk ke arah Pantai Swarangan dan menuju Pos Satpolairud Tanah Laut. Terus saja lurus hingga Anda menemukan gapura dengan tulisan Jl. Desa Tungkaran, dan sekitar 10 menit perjalanan dari gapura, Anda akan menemukan desa yang menghubungkan jalan utama menuju Pantai Turki.

Jika Anda masih saja bingung dan tidak yakin dengan rute yang Anda lewati, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar. Biasanya, para penduduk tidak segan menunjukkan jalan menuju pantai. Mereka juga akan menggambarkan dengan jelas mengenai rute yang harus Anda tempuh untuk menuju ke pantai.

Panorama dan Fasilitas Pantai Turki

Pantai Turki memiliki keindahan tersendiri yang dapat memuaskan wisatawan yang berkunjung. Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan pasir putih yang lembut. Deburan ombak di Pantai Turki juga tidak terlalu besar, beberapa orang sering memanfaatkannya untuk berselancar. Pemandangan pantai yang asri akan lebih indah ketika menjelang sore dan di waktu senja. Banyak pelancong berbondong-bondong mengabadikan momen ketika hari mulai petang. Tak jarang mereka akan mengantre di satu spot terbaik untuk berfoto dengan latar belakang senja Pantai Turki.

Di area pantai, Anda akan menjumpai banyak tempat bersantai. Ini bisa Anda manfaatkan beramai-ramai dengan keluarga atau teman. Ada sekitar 8 buah gazebo kecil yang bisa Anda manfaatkan untuk berpiknik. Di sekitar pantai, juga terdapat tempat duduk payung yang bisa Anda gunakan untuk berteduh. Jika Anda bosan menggunakan fasilitas gazebo atau kursi payung, ada beberapa pondokan kecil di sekitar bibir pantai yang bisa Anda pakai untuk bersantai sambil memandangi laut lepas.

Pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas publik, seperti toilet, mushola, air bersih, hingga tempat untuk bilas dan ganti. Dengan banyaknya fasilitas tersebut, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan membuat wisatawan betah saat berwisata di Pantai Turki. Anda bisa menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut secara gratis, namun tetap pada batas yang wajar dan tidak merusaknya.

Untuk masalah perut, Anda tidak perlu khawatir karena di area pantai terdapat banyak warung dan kafe. Anda bisa memilih tempat makan yang sesuai dengan keinginan. Kebanyakan warung atau kafe di Pantai Turki menyediakan menu seafood dengan bahan yang segar dan diambil langsung dari laut. Beragam hidangan seafood di Pantai Turki memiliki cita rasa yang khas dengan rempah-rempah yang membuat perut dan leher terasa hangat. Sebagian besar masakan mungkin akan terasa agak pedas. Jika Anda tidak suka rempah atau pedas, ada baiknya memesan seafood original. Seafood original sendiri adalah masakan laut yang dibakar atau digoreng dengan bumbu kecap atau mentega.

Pantai Turki Banjarmasin - www.kompasiana.com
Pantai Turki Banjarmasin – www.kompasiana.com

Pantai Turki

Untuk menikmati keindahan pantai dan fasilitasnya, tentunya Anda juga perlu mengetahui harga tiket masuk di Pantai Turki ini. Sebelum memasuki area pantai, Anda akan melewati pos penjagaan terlebih dahulu. Anda akan dikenai tiket masuk mulai Rp10 ribuan hingga Rp15 ribuan. Harga tiket yang terjangkau membuat pantai ini tak pernah sepi. Pengunjungnya bukan hanya dari kalangan wisatawan lokal saja, banyak juga pelancong dari luar kota dan yang berkunjung. 

Ketika berkunjung ke Pantai Turki, ada banyak penjaga pantai yang bakal memantau keamanan dan kebersihan lingkungan. Bagi Anda yang berkunjung ke Pantai Turki, ada baiknya Anda tidak membuang sampah sembarangan dan merusak properti pantai. Pasalnya, Anda akan dikenai sanksi atau denda dari penjaga pantai jika melakukan hal tersebut. Dengan tidak merusak properti dan membuang sampah pada tempatnya, Anda juga telah menjaga lingkungan pantai. Keindahan pantai pun akan tetap lestari dan bisa dinikmati hingga anak cucu kita kelak.

Lihat Juga:   Hotel Selecta, Penginapan Lawas dengan Pemandangan Indah di Batu




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan