Pantai Trikora Batam, Spot Wisata Eksotis dan Komplet




Pesona Pantai Trikora, Batam (sumber: landscaper.id)
Pesona Pantai Trikora, Batam (sumber: landscaper.id)

Sebagai negara terbesar di dunia, tak salah jika kemudian mendominasi sektor pariwisata di Indonesia. Dari ujung barat hingga ke timur, Anda bisa menemukan beragam eksotis yang punya pesona menakjubkan. Nah, salah satu yang patut Anda kunjungi ketika berlibur ke adalah Pantai Trikora.

Lokasi Pantai Trikora Batam

Sebenarnya, secara administratif, Pantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten , Provinsi Kepulauan Riau. Objek wisata ini dapat Anda tempuh setelah melakukan sejauh 45 km menuju arah timur dari ibukota Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Tanjungpinang. Dengan kata lain, membutuhkan waktu sekitar satu hingga 1,5 jam berkendara untuk tiba di pantai ini.

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Trikora, Anda harus mempersiapkan kendaraan pribadi, karena belum ada umum yang menuju ke sana. Sepanjang perjalanan menuju pantai, akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk perkampungan nelayan yang berjejer rapi, kawasan konservasi lamun dan mangrove, serta resort-resort yang bisa dijadikan tempat menginap. Akses jalan ke Pantai Trikora juga sudah bagus dan beraspal, sehingga tidak bakal menyulitkan Anda.

Apabila Anda bertolak dari pusat Kota Tanjungpinang, Anda bisa memilih rute yang menuju ke perbatasan Kabupaten Bintang. Pada rute ini, jalan yang akan Anda lalui sudah cukup bagus dan beraspal. Setelah itu, dari perbatasan Kabupaten Bintan, Anda bisa menuju ke perbatasan Gunung Kijang. Dari lokasi ini, Anda bisa langsung menuju ke Pantai Trikora.

Sebenarnya, pantai ini memiliki empat bagian, yaitu Pantai Trikora 1, Pantai Trikora 2, Pantai Trikora 3, dan Pantai Trikora 4. Meski keempatnya sama-sama cantiknya, namun yang paling populer adalah Pantai Trikora 3. Konon, menurut cerita masyarakat setempat, penamaan Trikora berasal dari “three coral”, yang diberikan wisatawan asing yang kala itu sedang berkunjung ke kawasan ini. Namun, versi lain mengaitkan nama pantai ini dengan Trikora (Tri Komando Rakyat) yang sempat didengungkan Presiden Soekarno saat berkonfrontasi dengan . Pasalnya, kala itu, pantai ini merupakan basis pertahanan wilayah terluar Indonesia.

Lihat Juga:   Liburan Murah Meriah Mengelilingi Nusantara? Gabung Komunitas BACKPACKER JAKARTA aja!

Pesona Pantai Trikora Batam

Hamparan pesisir Pantai Trikora dari ketinggian (sumber: genpinews.com)
Hamparan pesisir Pantai Trikora dari ketinggian (sumber: genpinews.com)

Pantai Trikora dikenal karena keindahan panorama alam yang ditawarkan. Di pantai ini, Anda dapat menemukan -batu besar seperti yang berada di Bangka, serta pepohonan yang berjejer rapi dengan hamparan pasir putih. Dijamin, berwisata ke Pantai Trikora bakal membuat Anda semakin menyenangkan, sekaligus cocok untuk kegiatan refreshing.

Selain punya pemandangan yang elok, Pantai Trikora juga memiliki air yang bersih dan dangkal, yang bisa Anda gunakan untuk mandi, berenang, atau sekadar bermain air. Jika Anda hobi snorkeling, Anda pun bisa melakukan kegiatan tersebut di pantai ini karena punya keindahan bawah laut yang keren. Tidak usah bingung jika tidak membawa alat snorkeling, sebab Anda bisa menyewa peralatannya di lokasi pantai.

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan ketika rekreasi di Pantai Trikora memancing. Biasanya, pada akhir pekan, batu-batu besar di bibir pantai menjadi lokasi favorit untuk para pemancing. Sementara, bagi mereka yang hobi melakukan petualangan, bisa mencicipi wisata laut atau mengarungi perairan di sekitar Pantai Trikora.

Nah, untuk Anda yang hanya ingin bersantai-santai sambil memandangi pantai, bisa duduk-duduk di pasir putih atau batu-batuan besar. Selain itu, disediakan pula pondok untuk beristirahat di sekitar pantai. Dengan biaya sewa yang cukup , Anda bisa beristirahat di pondok tersebut, sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi.

Lalu, bagaimana dengan makanan? Tidak perlu khawatir karena Anda bisa menemukan banyak warung makan dan restoran di sekitar kawasan pantai. Anda bisa memanjakan lambung Anda dengan berbagai jenis kuliner yang menggoda selera. Layaknya objek wisata pantai lainnya, makanan laut atau seafood memang lebih mudah ditemukan di Pantai Trikora. Tetapi, Anda juga bisa mencoba menyantap makanan khas Sumatera, seperti otak-otak yang terbuat dari ikan laut atau cumi-cumi.

Lihat Juga:   Update Fasilitas & Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya

Fasilitas di Pantai Trikora Batam

Akomodasi berjajar di pesisir Pantai Trikora (sumber: pergidulu.com)
Akomodasi berjajar di pesisir Pantai Trikora (sumber: pergidulu.com)

Seperti dijelaskan sebelumnya, fasilitas di Pantai Trikora tergolong cukup lengkap. Anda bisa menemukan pondok-pondok untuk beristirahat dan juga warung-warung makanan. Selain itu, di pantai ini juga telah disediakan toilet dan kamar mandi untuk berbilas, berbagai olahraga (banana boat, kano, jet ski, single parasailing, parasailing adventure, dan layang-layang), hingga beberapa tempat penginapan.

Harga Tiket Pantai Trikora Batam

Lalu, berapa harga tiket untuk bisa berkunjung ke Pantai Trikora? Menurut beberapa sumber, Pantai Trikora tidak mengenakan harga tiket masuk alias gratis. Namun, apabila pelancong hendak menyewa pondok untuk beristirahat, akan dikenakan biaya sewa mulai Rp30 ribuan per pondok. Sementara, jika ingin mendirikan tenda dan berkemah, juga akan dikenakan biaya Rp30 ribuan.

Penginapan di Pantai Trikora Batam

Seperti dijelaskan sebelumnya, di sekitar kawasan Pantai Trikora, telah berdiri banyak akomodasi yang bisa dijadikan tempat bermalam. Akomodasi-akomodasi ini hadir dalam beragam tipe, mulai guest house hingga resort mewah. Untuk mereka dengan anggaran terbatas, bisa memilih menginap di guest house dengan tarif berkisar Rp250 ribuan per malam. Sementara, apabila memutuskan menyewa resort, akan dikenakan harga mulai Rp500 ribuan per malam.

Namun, apabila ingin berhemat lagi, Anda bisa memilih mendirikan tenda di tempat ini. Seperti diulas sebelumnya, biaya mendirikan tenda di Pantai Trikora hanya sekitar Rp30 ribuan. Tempat-tempat berkemah yang bisa dipilih biasanya berdekatan dengan rumah masyarakat setempat. Sebagai pendatang, Anda sebaiknya meminta izin terlebih dahulu pada warga terdekat sebelum membangun tenda dan bermalam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*