Pantai Teluk Asmoro, Pantai Perawan di Kabupaten Malang




Pantai Teluk Asmoro
Pantai Teluk Asmoro

Kabupaten Malang tak pernah kehabisan tempat untuk dikunjungi. Mulai dari gunung yang tinggi hingga indahya pantai dengan pasir putih bisa dijumpai di kabupaten yang terletak di selatan Pulau Jawa ini.

Pantai Teluk Asmoro
Pantai Teluk Asmoro

Saat ini, wisata pantai memang menjadi bagi yang berkunjung ke Kabupaten Malang. Keindahan pantainya dengan pasir yang putih dan air yang masih bersih dan biru menjadi daya tarik pantai-pantai di Malang Selatan. Pantai-pantai seperti Goa Cina, Balekambang, Ngudel, Ngliyep, dan Sendang Biru bahkan sudah jadi favorit wisatawan kala datang. Akan tetapi, jika Anda sudah bosan dengan pantai-pantai tersebut cobalah untuk berkunjung ke Pantai Teluk Asmoro.

Mungkin, banyak dari Anda yang belum familiar dengan nama pantai satu ini. Benar saja, Pantai Teluk Asmoro memang baru diresmikan April 2017, sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya.

Pantai Teluk Asmoro
Pantai Teluk Asmoro

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan disuguhi hamparan lahan yang cukup luas yang mirip dengan Savana Bekol di Nasional Baluran, Situbondo. Kemiripan tersebut dapat dilihat dari padang rumput yang cukup luas yang dipadu dengan keberadaan semak dan pohon-pohon yang tumbuh jarang.

Pantai Teluk Asmoro ini beralamatkan di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, . Lokasinya berada di kiri jalan sekitar 1 km sebelum pintu masuk Pantai Goa Cina.

Pantai ini dinamakan Teluk Asmoro karena apabila dilihat dari udara, konfigurasi bukit kapur yang mengelilingi pantai tersebut berbentuk menyerupai hati. Selain alasan tersebut, tak ada alasan mistis yang melatarbelakangi penamaan pantai ini.

Aktivitas di Pantai Teluk Asmoro

Seperti namanya, Pantai Teluk Asmoro memang berada di sebuah teluk dan karenanya membuat ombak di pantai ini cukup tenang. Ombaknya yang masih tenang membuat pantai ini sangat cocok untuk kegiatan berenang, meski Anda juga tetap harus berhati-hati.

Lihat Juga:   Fasilitas Mewah, Ini Kisaran Tarif Tempat Camping di Sentul

Selain berenang, Anda juga bisa bersantai di gazebo yang sudah tersedia di beberapa titik. Apabila bersantai di gazebo sudah terlalu mainstream, Anda bisa mencoba untuk bersantai di sebuah goa yang berada di sisi barat pantai. Goa ini tidak terlalu panjang namun cukup lebar dan di dalamnya terdapat beberapa stalaktit yang kebanyakan sudah mati. Goa ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi berlindung dari sengatan hawa panas pantai di siang hari.

Pantai Teluk Asmoro
Pantai Teluk Asmoro

di Pantai Teluk Asmoro

Sebagai sebuah pantai yang baru diresmikan, fasilitas di pantai Teluk Asmoro kebanyakan memang masih dalam tahap pembangunan. Anda hanya bisa menemui beberapa gazebo yang baru dibangun. Untuk fasilitas dasar seperti kamar mandi dan musala, memang masih belum tersedia. Anda hanya akan menjumpai toilet di sebuah sebelum pintu masuk.

Jalan yang harus Anda lalui dari pintu gerbang menuju pantai juga masih berupa tanah dan bebatuan. Untuk pengaspalan, rencananya baru akan dilakukan akhir tahun 2017. Dengan fasilitasnya yang masih minim, pengelola pantai ini belum memungut masuk. Untuk tempat parkir pun masih belum ada, sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam menjaga kendaraan Anda.

Pantai Teluk Asmoro
Pantai Teluk Asmoro

Akses Pantai Teluk Asmoro

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini secara rombongan ataupun sendiri, Anda tak perlu khawatir. Jalan yang dilewati sangat mudah untuk dilalui semua jenis kendaraan. Sayangnya, seperti halnya tujuan wisata lain di Kabupaten Malang, kendaraan umum belum ada yang menuju langsung ke pantai ini.

Berikut rute yang bisa Anda lewati baik menggunkan kendaraan pribadi ataupun umum jika ingin mengunjungi Pantai Teluk Asmoro.

Lihat Juga:   Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Kampoeng Anggrek di Kediri

Kendaraan Umum (bus, angkutan kota, ojek)

Bila wisatawan ingin benar-benar merasakan esensi petualangan, naik kendaraan umum menuju Pantai Teluk Asmoro patut dicoba. Rutenya adalah dari Terminal Arjosari, Malang, naiklah angkutan kota jurusan Terminal Gadang. Lalu, lanjut dengan naik angkutan kota jurusan Sumbermanjing Wetan. Sesampainya di Sumbermanjing Wetan, wisatawan bisa menggunakan jasa ojek untuk meneruskan perjalanan menuju Pantai Teluk Asmoro karena memang belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke pantai tersebut.

Kendaraan Pribadi

Jika hendak pergi berwisata ke Pantai Teluk Asmoro bersama rombongan keluarga besar atau teman, ada baiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan selama perjalanan. Dari pusat kota Malang, wisatawan dapat memilih salah satu diantara dua rute berikut ini.

Malang-Kepanjen

Jika memilih rute ini, wisatawan dapat melewati Desa Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco. Sesampainya di perempatan menuju arah Balekambang, belok kiri menuju Pantai Goa Cina. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke utara menuju arah Kota Malang. Setelah perjalanan kurang lebih 1 km, Anda akan menemukan gerbang menuju Pantai Teluk Asmoro yang lokasinya berada di kanan Jalan. Dari pintu gerbang ini, Pantai Teluk Asmoro berjarak sekitar 1,5 km.

Malang-Turen

 

Jika memilih rute ini, Anda bisa belok kiri sebelum Pabrik Gula Krebet, setelah itu ikuti papan penunjuk jalan ke arah Sendang Biru. Kemudian, lanjutkan perjalanan Anda sampai Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Diteruskan dengan perjalanan sekitar 8 km, maka Anda akan menemukan sebuah persimpangan menuju ke arah Sendang Biru. Dari persimpangan tersebut, belok ke arah Goa Cina dan sekitar 1 km sebelum Goa Cina, Anda akan menemukan pintu gerbang Pantai Teluk Asmoro yang berada di kiri jalan.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan