Pantai Ngrenehan, ‘Pantai Nelayan’ dengan Pemandangan Menawan di Saptosari-Gunungkidul

Pantai Ngrenehan - ksmtour.com

memang surganya di Indonesia selain Bali. Tak kalah dengan , Jogja punya beragam pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya seperti Pantai Ngrenehan. Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Jarak Pantai Ngrenehan sekitar 30 km di sebelah selatan Wonosari. Pantai yang juga dijuluki ‘Pantai Nelayan’ ini menawarkan pemandangan unik yang mungkin tak bisa Anda temui di tempat lainnya.

Pantai Ngrenehan memiliki keunikan berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan panorama alam yang mempesona. Tak cukup sampai di situ, saat berada di Pantai Ngrenehan Anda bisa menikmati pemandangan perahu-perahu nelayan yang diparkir berjajar di bibir pantai.

Pantai Ngrenehan - ksmtour.com

Pantai Ngrenehan – ksmtour.com

Untuk menuju Pantai Ngrenehan tidak sulit, rute yang dapat Anda tempuh dari Yogyakarta – Piyungan – Pathuk – Sambipitu – Gading (lapangan terbang) ada pertigaan ambil yang ke kanan arah Playen – Paliyan – Trowono – Kanigoro – Pantai Ngrenehan dan Pantai Ngobaran.

Karena jalan menuju Pantai Ngrenehan masih relatif sepi, belum ada kendaraan umum yang dapat mengantarkan Anda ke sana. Sehingga bagi Anda yang berminat berpetualang ke Pantai Ngrenehan sebaiknya naik kendaraan pribadi atau menyewa mobil maupun sepeda motor dari Kota Jogja.

Jika dari arah Yogyakarta, Anda bisa berkendara mengambil jalur ke arah Wonosari dan mengikuti jalur tersebut hingga tiba di Pasar Trowono. Kemudian ambil jalan ke arah selatan sampai Kelurahan Kanigoro Saptosari. Apabila Anda menemukan pertigaan di jalur Wonosari-Imogiri, ambil arah kiri dan Anda sudah bisa melihat pemandangan pantai yang indah.

Selain melewati rute tersebut, Anda juga bisa memiliki rute lain dari Jogja ke Gading. Kemudian lanjutkan ke Playen dan ikuti saja jalurnya hingga menuju Pasar Trowono. Lalu arahkan kendaraan ke selatan hingga sampai di Kanigoro. Tak perlu khawatir, sebab sudah ada banyak papan petunjuk arah yang menuntun Anda ke Pantai Ngrenehan. Terlebih karena posisi Pantai Ngrenehan juga dapat Anda temukan di Google Maps.

Lihat Juga:   Harga Tiket Gondola di Taman Impian Jaya Ancol - 2016

Harga tiket masuk Pantai Ngrenehan cukup murah, hanya Rp 5.000 per orang dan pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi Anda bisa berkunjung kapan saja ke sana. Jika Anda membawa sepeda motor, Anda masih akan dikenai parkir sekitar Rp 3 ribuan, parkir mobil Rp 5 ribuan, dan bus sekitar Rp 15 ribuan. Tidak terlalu menguras kantong bukan?

Ombak yang ada di Pantai Ngrenehan cukup tenang lantaran sekeliling pantai ini dihiasi oleh karang yang cukup besar, sehingga deburan ombak akan dipecah oleh karang-karang tersebut. Uniknya lagi, di Pantai Ngrenehan Anda bisa menemukan banyak cangkang kerang kecil yang berserakan. Apabila dilihat dari kejauhan tampak seperti koral laut yang begitu indah.

Pantai Ngrenehan - www.jogja.co

Pantai Ngrenehan – www.jogja.co

Selain cocok untuk dijadikan tempat berenang dan berjemur, Pantai Ngrenehan benar-benar menjadi spot yang Instagrammable. Pastikan Anda tidak lupa membawa kamera digital, kamera ponsel, atau action camera untuk mengabadikan setiap momen seru di Pantai Ngrenehan. Yang tak kalah menarik, Anda juga bisa melihat langsung seperti apa kampung nelayan di sana, mulai dari aktivitas nelayan yang hendak melaut, membenahi jaring, dan menjual hasil ikan tangkapannya.

Daya tarik lain dari Pantai Ngrenehan adalah tersedianya tempat pelelangan ikan (TPI) hasil tangkapan para nelayan di sana. Anda bisa turut berpartisipasi dalam lelang atau berbelanja aneka ikan segar yang baru saja ditangkap. Tak usah khawatir, sebab harga ikan-ikan segar di Pantai Ngrenehan tentunya lebih murah dibandingkan yang ada di pasaran.

Anda pun dapat menikmati menu-menu masakan laut (seafood) yang ada di Pantai Ngrenehan. Ikan goreng dan sambal di warung yang terletak di Pantai Ngrenehan kabarnya sangat patut untuk dicoba karena benar-benar menggugah selera. Walaupun masih serba alami, Pantai Ngrenehan sudah dilengkapi dengan beragam yang memadai untuk menunjang kegiatan Anda mulai dari kamar mandi untuk membilas badan, toilet, musala, hingga area parkir kendaraan yang cukup luas.

Lihat Juga:   D’Paragon Surabaya, Kost Eksklusif Masyarakat Urban

Walaupun Pantai Ngrenehan buka setiap hari dan bisa dikunjungi setiap saat, menurut komentar orang-orang lain yang pernah berwisata ke sana, rupanya waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Ngrenehan adalah saat menjelang bulan purnama. Pasalnya lokasi Pantai Ngrenehan cukup dekat dengan 2 pantai lainnya yang juga tak kalah mempesona, yakni Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan yang berjarak sekitar 1 km di sebelah barat Pantai Ngrenehan.

Sebagai informasi, setiap bulan purnama, terutama pada Hari Raya Nyepi biasanya umat Hindu setempat melaksanakan upacara melasti di Pantai Ngobaran. Upacara adat yang dilaksanakan setahun sekali ini dimaksudkan agar seluruh umat Hidu diberikan kekuatan lahir batin oleh Sang Hyang Widhi ketika melakukan ibadah nyepi.

Seperti halnya upacara melasti di Bali, upacara melasti di Pantai Ngobaran Gunung Kidul dimulai dengan doa bersama, dilanjutkan dengan pemberian air suci pada umat, hingga acara puncaknya adalah melarung sesaji beserta sejumlah hewan seperti ayam, bebek, dan burung. Meski upacara melasti adalah upacara keagamaan umat Hindu, kalangan umum pun kabarnya juga bebas menyaksikan secara langsung acara tersebut dari Pantai Ngobaran yang kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh dari Pantai Ngrenehan.

Karena lokasi Pantai Ngobaran satu jalur dengan Pantai Ngrenehan, kabarnya Anda tak perlu membayar masuk lagi jika ingin memasuki wilayah Pantai Ngobaran. Wah, asyik kan cukup dengan membayar satu Anda sudah bisa menikmati pemandangan dari 2 pantai sekaligus!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>