Pantai Mini, Surga Mungil dan Tersembunyi di Kabupaten Malang




Pantai Mini Kabupaten Malang

Jika Anda beranggapan bahwa indah hanya ada di Pulau Bali, anggapan tersebut tentunya salah besar. Banyak daerah lain di Indonesia yang memiliki pantai yang tak kalah indah. Tak heran memang, karena garis pantai Indonesia merupakan yang terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.

Nah, salah satu wilayah yang memiliki keindahan pantai yang tak kalah dari Pulau Dewata adalah Kabupaten . Di kabupaten yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa ini, banyak terdapat pantai indah, yang sayangnya belum banyak di-ekspos, salah satunya adalah Pantai Mini.

Pantai Mini
Pantai Mini

Pantai Mini beralamatkan di Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, . Pantai ini juga merupakan kawasan konservasi, yang dikelola oleh BASB (Bakti Sendang Biru), sama halnya dengan Celungup Mangrove Conservation (CMC) dan Pantai Tiga Warna.

Pantai ini memang sangat unik. Anda harus melalui jalan antara besar dan tebing untuk menuju lokasinya. Pantainya sendiri tak terlalu luas, namun soal keindahan tak perlu ditanyakan lagi. Pasirnya yang putih bersih berpadu dengan birunya air laut dan ombak yang tenang akan memanjakan mata Anda.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, di pantai ini ombaknya tidak terlalu besar sehingga sangat memungkinkan jika Anda ingin berenang. Akan tetapi, karena belum memiliki penjaga pantai, Anda harus tetap berhati-hati jika bermain air di pantai. Selain berenang, apabila beruntung, Anda bisa berinteraksi dengan beberapa satwa yang singgah di Pantai Mini. Satwa yang paling mudah dijumpai di pantai ini adalah gurita, bangau, dan biawak.

Lihat Juga:   Pantai Kobaran, Pantai Eksotis Nuansa Bali di Gunung Kidul-Yogyakarta

Rute menuju Pantai Mini sama dengan ke Pantai Tiga Warna, karena memang lokasinya persis sebelah barat Pantai Tiga Warna. Kedua pantai tersebut hanya dipisahkan oleh tebing karang yang tinggi menjulang. Seperti dijelaskan sebelumnya, akses menuju pantai ini memang cukup sulit, belum ada jalan setapak yang sengaja dibuat untuk menjangkaunya. Anda harus terlebih dahulu menuruni tebing karang. Atau, kala air di Pantai Gatra sedang surut, Anda bisa berjalan lewat jalanan sempit di sisi tebing sebelah timur Pantai Gatra.

Ketika berjalan di sisi tebing tersebut, Anda bisa melihat keindahan terumbu karang yang berwarna-warni. Jika Anda beruntung, terkadang ada beberapa ikan kecil atau gurita yang terjebak di cekungan karang.

Akses ke Pantai Mini

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini secara rombongan ataupun sendiri, Anda tak perlu khawatir. Jalan yang dilewati sangat mudah untuk dilalui semua jenis kendaraan. Sayangnya, seperti halnya tujuan lain di Kabupaten Malang, belum ada kendaraan umum yang menuju langsung ke pantai ini.

Bila ingin benar-benar merasakan esensi petualangan, naik kendaraan umum menuju Pantai Mini patut dicoba. Dari Terminal Arjosari, Anda bisa naik angkutan kota jurusan Terminal Gadang. Lalu, dilanjutkan dengan naik angkutan kota jurusan Sumbermanjing Wetan. Sesampainya di Sumbermanjing Wetan, wisatawan bisa menggunakan jasa ojek untuk meneruskan perjalanan menuju Pantai Mini.

Lihat Juga:   Fasilitas Lengkap Dekat Museum Angkut, Tarif Villa Estate 43 Cukup Terjangkau
Pantai Mini Malang
Pantai Mini Malang

Sementara, jika hendak pergi berwisata ke Pantai Mini bersama rombongan besar atau teman, ada baiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan selama perjalanan. Ada dua rute yang bisa ditempuh, yaitu melewati Kepanjen dan melewati Turen.

Jika melewati Kepanjen, wisatawan dapat melewati Desa Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco. Sesampainya di perempatan menuju arah Balekambang, Anda cukup belok kiri menuju Pantai Goa Cina. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke utara menuju arah Kota Malang. Setelah itu, Anda akan menemukan pertigaan menuju ke arah Sendang Biru. Dari persimpangan tersebut, jaraknya sekitar 4 km menuju pintu gerbang Sendang Biru. Dari sana, ikuti saja penunjuk arah ke CMC.

Nah, jika memilih rute Turen, Anda bisa belok kiri sebelum Pabrik Gula Krebet. Setelah itu, ikuti papan penunjuk jalan ke arah Sendang Biru, kemudian lanjutkan saja perjalanan Anda sampai Kec. Sumbermanjing Wetan. Setelah itu, lanjutkan perjalanan Anda sekitar 8 km sampai menemukan sebuah persimpangan menuju ke arah Sendang Biru. Dari persimpangan tersebut, ikuti saja penunjuk arah ke CMC.

 




Tentang M. Nur Fahmi1287 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan