Pantai Haeundae, Pantai Tersohor Berpagar Bangunan Mewah di Busan, Korea Selatan




Pantai Haeundae - wisatakorselbusan.blogspot.co.id
Pantai Haeundae - wisatakorselbusan.blogspot.co.id

Pantai Haeundae atau Heundae Beach merupakan sebuah pantai yang terletak di Distrik Haeundae, kota Busan, Selatan. Pantai ini merupakan yang kerap dikunjungi oleh wisatawan pada musim panas. Karena lokasinya berdekatan dengan pusat kota Busan, terdapat bangunan tinggi dan -hotel berjajar di sepanjang pesisir pantai ini.

Pantai Haeundae - id.wikipedia.org
Pantai Haeundae – id.wikipedia.org

Pantai Haeundae berada di antara Dalmaji dan Pulau Dongbaekseom kota Busan, Korea Selatan. Pantai ini dikenal sebagai pantai terbaik di Negeri Gingseng.  Dari pantai ini, Anda juga bisa melihat pemandangan lain yang tak kalah indah yakni Suspension Brigde Gwangan, jembatan terbesar kedua di Korea.

Berbagai festival yang diselenggarakan di Pantai Haeundae sepanjang tahun antara lain perayaan Jeongwol Daeboreum pada bulan Februari, kompetisi berenang Polar Bear di musim dingin, membuat patung dari pasir pada bulan Juni, serta Festival Laut Busan yang digelar pada bulan Agustus.

Pada musim panas di bulan Juli dan Agustus, Pantai Haeundae merupakan paling di Kota Busan. Pantai yang dikelilingi oleh payung warna-warni terbentang di sepanjang bibir pantai yang memiliki area satu kilometer. Kebanyakan dari wisatawan juga mengapung menggunakan banana boat. Umumnya, lebih dari 100.000 wisatawan mengunjungi pantai ini dalam setiap harinya. Namun pada saat cuaca panas terik, pantai ini bisa dikunjungi oleh satu juta wisatawan, yang ingin menghabiskan waktunya untuk berenang.

Pantai Haeundae - wisatakorselbusan.blogspot.co.id
Pantai Haeundae – wisatakorselbusan.blogspot.co.id

Bila Anda merasa lapar, Anda juga dapat memesan makanan dari salah satu tempat di area pantai dan meminta mereka untuk mengirimkannya ke tempat Anda. Apabila Anda haus, Anda juga dapat menikmati bir sembari menikmati pesona pantai Haeundae. Wisatawan menganggap bahwa mengkonsumsi bir atau minuman beralkohol sembari menikmati keindahan pantai adalah paduan yang sempurna. Meskipun tidak ada larangan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman di pantai ini, namun kebersihan dan keindahan pantai tetap bisa dirasakan. Karena terdapat tim khusus dari pemerintahan Kota Busan yang bertindak untuk menjaga kebersihan pantai Haeundae.

Lihat Juga:   Referensi Tempat Wisata Oke di Dampit, Malang

Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan suasana yang ramai, Anda bisa mengunjungi pantai ini pada pagi hari. Tingkat keramaian di pantai Haeundae berkisar antara pukul 9 atau 10 pagi. Ketika Anda mulai bosan untuk menikmati keindahan pantai Haeundae, Anda juga dapat menikmati beberapa di sekitar pantai yang tak kalah indahnya. The Busan Aquarium adalah aquarium terbesar di Korea Selatan.

Daya tarik pantai ini terletak pada cahaya mataharinya yang cerah. Setelah dibekap musim dingin, tak heran jika bermain di pantai memberikan kesenangan tersendiri. Anda akan merasakan cuaca hingga 30 derajat celcius yang menghangatkan badan. Pantai dengan panjang 1,5 kilo meter ini pada 2 Agustus 2008 lalu memecahkan rekor dunia untuk pantai dengan jumlah payung paling banyak, yakni 7.397 payung dengan aneka warna. Hal ini menunjukkan betapa Haeundae sangat populer di Korea.

Pantai Haeundae juga kerap menjadi tuan rumah untuk Busan International Film Festival yang diadakan setiap musim gugur. Festival film yang sudah terkenal ini menampilkan sejumlah film Korea yang sudah dirilis serta karya-karya sineas terbaik dari seluruh Asia, termasuk Indonesia. Selama kurang lebih 9 hari perayaan Busan International Festival, sekitar 300 film dan 70 negara di seluruh dunia berkompetisi memperebutkan gelar di 11 katagori termasuk Gala Presentation, New Currents, dan World Cinema.

Terdapat beberapa festival tahunan yang seringkali digelar di pantai Haeundae ini, misalnya festival ramah yang biasanya berlangsung selama 4 hari saat musim panas. Di festival ini akan dibuat patung pasir kelas dunia yang menampilkan sosok legendaris seperti Laksamana Yi Sun-shin dan Alexander Agung. Haeundae Sand Festival juga gelaran yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan.

Lihat Juga:   Referensi Tempat Wisata Hits di Padangsidimpuan

Banyak hal yang bisa kita lihat saat perayaan festival tersebut berlangsung misalnya mandi pasir panas, dimana pengunjung dikubur dalam pasir dari leher hingga ujung kaki. Kegiatan lainnya yakni kompetisi voli pantai, pameran berbagai jenis pasir dari seluruh dunia dan perlombaan maraton. Festival ini diadakan sejak tahun 2005 dan awalnya menjadi bagian dari kegiatan APEC.

Pada tahun 2009, Haeundae sempat menjadi tempat syuting film bencana Korea pertama dengan judul “Haeundae”. Jadi tak heran jika banyak yang mengatakan pantai ini adalah pantai paling terkenal di Korea. Sebenarnya di era 70an, kawasan ini tidak terlampau dikenal banyak orang karena saat itu belum ada hotel dan gedung-gedung pencakar langit yang dibangun di sekitar pantai. Kini pantai tersebut seperti berpagar bangunan mewah yang beberapa diantaranya merupakan bar dan penginapan. Saat malam tiba dan air pantai surut, bar-bar di sekitar kawasan inilah yang menjadi pusat kehidupan.

Akses ke Pantai Haeundae adalah gratis. Namun Anda dapat menyewa payung dan perlengkapan pantai lainnya pada stan yang tersedia di sepanjang pantai. Pantai haeundae memiliki area parkir yang cukup luas, akan tetapi Anda harus datang lebih awal untuk mendapatkan tempat. Selain itu, pantai ini juga dapat diakses dengan jalur bus secara langsung dari stasiun kereta api Busan pusat.

Untuk mencapai tempat ini, Anda cukup naik jalur 2 menuju Haeundae Station dan keluar melalui exit 5, berjalan lurus sekitar 5 menit dan Anda akan tiba ke Haeundae Beach. Beberapa alternatif hotel yang bisa digunakan untuk bermalam selama berwisata di Busan adalah Haeundae Grand Hotel, Commodore Hotel atau Lotte Hotel Busan. Anda bisa menikmati asyiknya air lainnya di Korea Selatan, seperti danau Cheongpyeong , danau Ilsan atau mengendarai kapal selam di Seogwigpo, Jeju.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan