Pantai Cinibung, Pantai Eksotis dengan Ombak yang Tenang di Pandeglang




Pantai Cinibung - travel.kompas.com

Kabupaten Pandeglang memang terkenal dengan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Sebenarnya pesona Pandeglang tak hanya TNUK dan badak bercula satu-nya saja, tetapi ada sederet wisata alam yang juga menarik untuk dieksplor lebih lanjut.

Nah, jika Anda penasaran, cobalah merapat ke Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Anda akan menemukan sebuah pantai indah bernama Pantai Cinibung. Pantai ini berlokasi di Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi . Pantai Cinibung menawarkan suasana alam yang sejuk dan tenang. Terlebih karena ada hamparan pasir putih yang sangat cocok untuk dijadikan bersantai sembari memandangi laut yang ada di hadapan Anda.

Ombak di Pantai Cinibung cukup tenang, sehingga relatif aman untuk berenang di sana. Cinibung sendiri maknanya adalah pasir panjang. Maklum saja, Pantai Cinibung memiliki panjang pantai mencapai 400 meter. Beberapa yang berada di sana biasanya kerap berolahraga lari atau jogging di sepanjang pantai.

Walaupun belakangan Pantai Cinibung sedang naik daun, rupanya suasana di Pantai Cinibung masih relatif lengang. Bagi Anda yang mendambakan suasana liburan yang jauh dari hiruk pikuk keramaian, tampaknya berkunjung ke Pantai Cinibung bisa menjadi pilihan yang tepat. Pemandangan senja saat matahari terbenam di Pantai Cinibung benar-benar dapat membius mata Anda seketika. Pasalnya suasana langit di Pantai Cinibung kala itu akan bernuansa jingga.

Salah satu pemandangan unik di Pantai Cinibung selain deretan pohon kelapa adalah kehidupan penduduk sekitarnya. Karena bermukim di daerah pantai, maka mobilitas penduduk setempat biasanya bukan hanya berjalan kaki, tetapi lalu-lalng di atas Pantai Cinibung dengan menaiki sepeda motor. Penduduk di sana memang sengaja mengendarai motor melewati tepi pantai karena jalan tanah di sana rusak. Di tempat lain pun Anda belum tentu bisa menemukan pemandangan unik macam ini.

Lihat Juga:   Objek Wisata & Daftar Penginapan di Lasem
Pantai Cinibung - www.teluklove.com
Pantai Cinibung – www.teluklove.com

Hal lain yang tak kalah menarik adalah terkadang Anda bisa melihat gerombolan kerbau dari yang masih anakan hingga induk melintas di pantai. Uniknya lagi, sesekali sang anak kerbau akan terlihat bermain ombak, lalu kembali berjalan mengikut sang induk. Pemandangan semacam ini tentunya jangan sampai terlupa untuk diabadikan.

Sebagian besar wisatawan menganggap Pantai Cinibung sebenarnya lebih bagus dari pantai lainnya di kawasan Ujung Kulon. Salah satu hal yang disukai tentu saja pasir pantainya yang dinilai lebih halus. Sayangnya akses jalan menuju Pantai Cinibung kabarnya kurang nyaman untuk dilewati. Mulai dari kawasan wisata Carita di Pandeglang sampai Pantai Cinibung dikabarkan memiliki akses jalan yang sudah rusak, sehingga pengendara mobil dari arah berlawanan seringkali harus melintas secara bergantian di beberapa ruas jalan yang tengah mengalami perbaikan.

Untuk urusan kuliner, bagi pecinta makanan laut alias seafood tampaknya bakal benar-benar dipuaskan. Pasalnya ketika berada di Pantai Cinibung, Anda bisa mencicipi lezatnya sajian ikan kuwe dan kerapu bakar, selar pedas, cumi goreng tepung, kakap merah goreng, sayur jantung pisang, aneka sambal, dan sebagainya. Jajanan khas di sana pun ada bermacam-macam, pastikan Anda mencicipi makanan lokal seperti jojorong, pasung putih, dan kue apem.

Bagi yang hobi berbelanja, Anda bisa mencari oleh-oleh souvenir berupa kerajinan tangan karya penduduk setempat. Kerajinan yang dihasilkan cukup variatif, sebelumnya warga banyak membuat cenderamata berbahan kayu seperti pembuka surat dan sumpit dengan motif badak. Namun kini lebih banyak membuat patung berbentuk monyet, babi hutan, harimau, kura-kura, dan yang paling laris tentu saja patung berbentuk badak.

di Pantai Cinibung

Di Pantai Cinibung kabarnya saat ini sudah tersedia beberapa akomodasi yang cukup memadai, antara lain Honje Ecolodge, Sarang Badak, dan PGRI. Honje Ecolodge terletak di Jalan Raya Taman Nasional Ujung Kulon dan kabarnya akses jalan menuju penginapan ini masih cukup terjal, sehingga pastikan Anda mengendarai kendaraan yang sedang berada dalam kondisi prima agar Anda lebih nyaman. Honje Ecolodge kabarnya terdiri dari 2 yang dapat menampung hingga kapasitas 20 orang. Tarif atau rate menginap di Honje Ecolodge berkisar mulai Rp 1 jutaan per .

Lihat Juga:   The Waroeng of Raminten Kaliurang, Tempat makan Asyik dengan Menu-menu Nyentrik

Lokasi Honje Ecolodge cukup strategis karena tepat berada di depan pantai dan menawarkan pemandangan alam sekitar yang benar-benar indah. Nuansa villa di tempat ini pun cukup homey dan unik. Anda bisa menikmati fasilitas standar layaknya ranjang yang bersih dan nyaman, dapur, ruang , lounge untuk bersantai, teras, balkon, hingga area parkir kendaraan.

Honje Ecolodge - www.tripadvisor.co.id
Honje Ecolodge – www.tripadvisor.co.id

Lalu untuk pilihan penginapan murah adalah Wisma Sarang Badak. Lokasi Wisma Sarang Badak juga cukup strategis karena dekat dengan Pulau Oar, Pulau Umang, Pantai Daplangu, dan Pantai Cipenyu. yang ditawarkan oleh Wisma Sarang Badak ada beragam, mulai dari Mahogany dengan fan yang dibanderol dengan rate Rp 120 ribuan per malam, Basic Room dengan shared bathroom seharga Rp 150 ribuan per malam, Standard Fan Rp 180 ribuan per malam, dan paling mahal tipe Standard AC yang dipatok dengan harga Rp 313 ribuan per malam.

Seluruh kamar di Wisma Sarang Badak sudah dilengkapi fasilitas akses internet gratis atau free wifi, selain itu ada pula fasilitas umum berupa AC, area bebas asap rokok, teras, resepsionis 24 jam, porter, jasa tur, meja, area parkir, kafe, restoran, pemancingan, hingga jasa antar jemput bandara dengan biaya tambahan. Wisma Sarang Badak ini juga termasuk penginapan yang cocok untuk rombongan karena dapat menampung hingga 50 orang.




Tentang Dian Kartika1077 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*