Pantai Blebak, Pantai Menawan dengan Air Jernih & Berpasir Putih di Jepara




Pantai Blebak, Jepara (sumber: Traveloka)
Pantai Blebak, Jepara (sumber: Traveloka)

termasuk salah satu destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Jawa di sebelah barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di sebelah timur, serta Kabupaten Demak di sisi selatan. Wilayah Kabupaten pun mencakup Kepulauan Karimunjawa yang keindahannya sudah sangat terkenal itu. Selain Karimunjawa, ada lagi satu spot wisata yang juga tak kalah menarik, yakni Blebak.

Pantai Blebak merupakan sebuah objek wisata yang ada di Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Pantai satu ini kabarnya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jepara dan akses menuju Pantai Blebak pun cukup mudah karena seluruh jalan menuju pantai sudah tertata cukup baik. Salah satu hal menarik dari Pantai Blebak adalah hamparan pasirnya yang putih dan lembut. Selain itu, pemandangan air lautnya pun bersih dan jernih, sehingga cukup menyenangkan untuk dijadikan tempat melepas penat atau sekadar bermain air laut bersama keluarga.

Di pantai yang masih tenang dan belum terlalu ramai dengan pengunjung ini menawarkan berbagai wahana air menarik yang disediakan oleh pemerintah desa. Terlebih fasilitas yang ada di Pantai Blebak pun cukup lengkap. Anda bisa menemukan banyak cafe atau warung pinggir pantai yang menyuguhkan makanan-makanan untuk pengganjal perut.

Pantai Blebak disebut-sebut tak kalah indah dengan Pantai Bandengan atau Pantai Tirto Samodra. Bahkan Pantai Blebak kabarnya cenderung lebih bersih dan memiliki air laut yang jernih. Pantai ini cocok dijadikan tempat berenang atau bermain air karena kabarnya memiliki kedalaman laut yang tak terlalu dalam. Bahkan menurut pengakuan beberapa pengunjung, untuk jarak 100 meter ke arah laut pun kedalaman airnya tidak lebih dari sepinggang orang dewasa.

Suasana Pantai Blebak Jepara (sumber: inibaru.id)
Suasana Pantai Blebak Jepara (sumber: inibaru.id)

Ombak yang ada di Pantai Blebak pun kabarnya tak terlalu besar, sehingga relatif aman untuk digunakan berenang atau bermain bersama anak-anak. Meski demikian, bagi Anda yang membawa putra-putri Anda untuk berlibur ke Pantai Blebak, sebaiknya tetap waspada dan tak boleh lalai dalam menjaga mereka supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Supaya lebih aman, Anda juga bisa membawakan pelampung atau menyewa ban yang ada di lokasi.

Lihat Juga:   Pantai Teluk Asmoro, Pantai Perawan di Kabupaten Malang

Nah, lalu berapa harga tiket masuk Pantai Blebak? Fasilitas apa saja yang tersedia di pantai tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Rute/Jalan Menuju Pantai Blebak

Lokasi Pantai Blebak berjarak sekitar 10 km atau 1 jam perjalanan dari Kota Jepara menuju arah utara. Anda bisa mengawali perjalanan dari Jalan Jepara-Bangsri, kemudian Anda akan melewati dua gapura yang menuju arah Pantai Bandengan dan Pantai Pungkruk. Anda bisa terus melanjutkan perjalanan di jalur Jepara-Bangsri sampai menemukan traffic light. Kemudian Anda bisa belok kiri dan ikuti saja petunjuk jalan ke arah Mlonggo-Bondo sampai menemukan gapura Pantai Blebak.

Nah, jika dari gapura untuk sampai ke bibir Pantai Blebak sekitar 3 km atau akan sampai antara 10-15 menit perjalanan saja. Tak usah khawatir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, sebab akses jalan ke bibir Pantai Blebak kabarnya sudah sangat baik dan beraspal, sehingga cukup mudah dilewati oleh mobil, sepeda motor, maupun bus. Ketika dalam perjalanan dari gapura menuju bibir pantai, Anda akan melalui jalanan Desa Sekuro dan dapat menikmati pemandangan perkampungan, hamparan sawah, serta perkebunan yang masih asri di sebelah kanan dan kiri jalan.

Masuk Pantai Blebak

Pantai Blebak Jepara (sumber: kartininews.com)
Pantai Blebak Jepara (sumber: kartininews.com)

Adapun harga tiket masuk setiap hari Senin-Kamis kabarnya gratis alias tidak dipungut . Kemudian untuk parkir motor pada hari Jumat-Minggu dikenai Rp3.000, sedangkan pada hari libur nasional parkirnya Rp5.000, di hari biasa Rp2.000. Nah, untuk parkir mobil pada hari biasa Rp5.000, hari Jumat-Minggu ditarik Rp5.000, dan parkir mobil saat hari libur nasional naik drastis jadi Rp10.000. Sementara itu, parkir bus Rp10.000 atau Rp40.000 saat hari libur nasional.

Lihat Juga:   Nusa Lembongan Villas, Villa Nyaman di Lembongan Bali

Bagi yang ingin bermain air tetapi masih belum bisa berenang juga bisa menyewa ban yang disediakan di Pantai Blebak. Adapun biaya sewa ban berukuran kecil dipatok Rp5.000 per buah, sedangkan ban besar dikenai Rp10.000 per buah. Tersedia pula fasilitas becak air yang dapat Anda sewa dengan tarif Rp15.000 per jam. Bagi Anda yang ingin membilas diri atau mandi setelah bermain pasir pun bisa menggunakan fasilitas toilet umum dengan tarif Rp2.000.

Fasilitas & Wahana di Pantai Blebak

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, di Pantai Blebak tersedia beberapa wahana permainan air yang cukup menarik untuk Anda coba. Misalnya saja Perahu Sapta Pesona, becak air, kano, banana boat yang seru, donut buoy (pelampung ban dalam mobil), duck buoy (pelampung berbentuk bebek), dan juga taman bermain anak-anak untuk Anda yang bepergian ke Pantai Blebak sambil mengajak buah hati.

Tak perlu khawatir pula dengan ketersediaan sarana penunjang di Pantai Blebak. Pasalnya, pantai yang eksotis nan indah ini menyediakan musala untuk umat yang ingin beribadah, tempat sampah di sejumlah titik, tempat parkir kendaraan yang cukup luas, area duduk, spot-spot foto yang instagramable, hingga tempat penginapan untuk Anda yang ingin bermalam di Pantai Blebak.

Apabila Anda ingin mengunjungi Pantai Blebak, sebaiknya berkunjunglah pada hari-hari yang tidak padat seperti hari kerja supaya Anda lebih leluasa dan tenang saat berlibur. Sebagai , Pantai Blebak akan sangat ramai dengan pengunjung pada hari Jumat, akhir pekan, dan juga hari libur nasional. Pengunjung yang datang ke Pantai Blebak biasanya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.




Tentang Dian Kartika1096 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan