Info Harga Tiket Masuk & Fasilitas Taman Burung (Bird Park) Palembang




Palembang Bird Park (sumber: palembang.blog)
Palembang Bird Park (sumber: palembang.blog)

adalah ibu dari Provinsi Sumatera Selatan. merupakan kota terbesar kedua di Sumatra setelah Medan. Sebagai kota yang besar, pun memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja Sungai Musi yang sudah sangat terkenal itu, Jembatan Ampera yang juga menjadi ikon dari Kota Palembang, Benteng Kuto Besak, Hutan Punti Kayu, Sungai Gerong, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Kota Palembang ternyata juga memiliki objek wisata buatan yang kekinian dan bernuansa edukatif, yakni Palembang Bird Park alias Taman Burung Palembang. Palembang Bird Park terletak di kawasan Kompleks OPI Mall (sebelah Waterfun), tepatnya di Jalan Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kota Palembang. Palembang Bird Park buka setiap hari Senin-Minggu mulai jam 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Untuk masuk ke objek wisata edukatif ini, Anda akan dikenai tiket dengan Rp50 ribu per orang.

Tapi jangan khawatir, untuk anak usia di bawah 2 tahun dan lansia (umur 60 tahun ke atas) kabarnya tak akan dipungut biaya saat masuk ke Palembang Bird Park, alias gratis. Sesuai dengan namanya, Palembang Bird Park dibangun di atas lahan seluas 1.000 meter persegi serta memiliki lebih dari 100 jenis koleksi burung, seperti burung parkit, jalak, kakatua, kenari, zebra, dan juga beragam satwa menarik lainnya. Tak heran jika kemudian Taman Burung Palembang ramai dikunjungi oleh keluarga dan juga anak-anak pada saat akhir pekan (weekend) maupun musim .

Palembang Bird Park sendiri kabarnya adalah ekspansi bisnis dari taman wisata sejenis yang ada di Bandung bernama Paris Van Java Bird Park, karena pemilik dari kedua tempat wisata ini merupakan orang yang sama. Koleksi burung di Palembang Bird Park pun juga banyak yang didatangkan dari Bandung.

Pengunjung Palembang Bird Park (sumber: merahputih.com)
Pengunjung Palembang Bird Park (sumber: merahputih.com)

Untuk menuju Palembang Bird Park pun tak sulit, karena letak taman wisata ini ada di kawasan OPI Mall dan OPI Waterpark. Jika Anda ingin pergi ke sana, Anda bisa naik kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Apabila memilih sarana transportasi umum, Anda bisa memilih angkot yang rutenya ke OPI Mall.

Lihat Juga:   Update Harga Tiket Masuk Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya

Palembang Bird Park sendiri ada di sebelah selatan pusat Kota Palembang, sekitar 5 km sisi selatan Jembatan Ampera dengan melewati kawasan Jakabaring. Apabila Anda datang dari luar kota dan mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Anda dapat menuju ke Halte Trans Musi Bandara lalu naik bus jurusan Terminal Alang-Alang Lebar, kemudian turun di Halte Dolog Simpang Tanjung Api-Api.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan Anda dengan naik Trans Musi jurusan Trans Alang-Alang Lebar – Ampera kemudian turun di Halte Masjid Agung. Sampai di sana, naiklah bus jurusan PS Mall dan turun di Halte DPRD. Anda masih harus ganti kendaraan lagi dengan naik Trans Musi Jurusan Terminal Karya Jaya – Terminal Jakabaring dan turun di Halte Simpang Dekranasda. Terakhir, Anda bisa naik angkot kuning-merah yang menuju Palembang Bird Park atau OPI Mall.

& di Palembang Bird Park

Koleksi burung Palembang Bird Park (sumber: southsumatratourism.com)
Koleksi burung Palembang Bird Park (sumber: southsumatratourism.com)

Palembang Bird Park memang benar-benar jadi surganya tempat wisata untuk anak-anak. Pasalnya, di tempat satu ini Anda akan disuguhi beragam wahana menarik untuk dicoba. Ketika masuk ke area utama Palembang Bird Park misalnya, terdapat lempar cincin dan lempar bola berhadiah boneka atau mainan yang dikenai biaya antara Rp5.000 hingga Rp10.000.

Selanjutnya ada counter yang menjual hewan-hewan kecil seperti berbagai jenis ikan hias, hamster, beserta kandang atau akuariumnya. Tersedia pula toko souvenir dengan harga yang relatif ramah di kantong. Anda nantinya dapat menukarkan tiket yang Anda peroleh itu dengan makanan hewan. Terdapat beberapa jenis hewan yang bisa Anda beri makan, misalnya saja kura-kura, iguana, dan burung. Apabila Anda kurang puas, Anda bisa membeli pakan hewan tambahan dengan harga Rp5.000.

Lihat Juga:   Zavier Hotel, Akomodasi Populer di Jalan Imam Bonjol, Kota Batu

Koleksi hewan di Palembang Bird Park pun cukup lengkap, tak hanya burung, Anda bisa menemukan koleksi ikan, rusa, ular piton, iguana, kuda poni, kura-kura, kanguru, kelinci, musang, monyet, berang-berang, dan rumah kucing. Untuk masuk ke area rumah kucing, Anda harus mengeluarkan biaya lagi sebesar Rp15 ribu. Sementara itu, jika ingin keliling area taman burung dengan naik kuda poni, Anda dikenai karcis seharga Rp25 ribu. Seekor kuda poni dapat dinaiki 2 anak.

Bagi yang ingin berfoto bersama satwa seperti burung hantu, burung elang, dan ular piton pun bisa membayar sekitar Rp10 ribu hingga Rp15 ribu untuk satu orang. Bila Anda merasa lelah berkeliling area Palembang Bird Park pun tak perlu khawatir, sebab tersedia ruang-ruang khusus yang dilengkapi kursi untuk duduk atau beristirahat.

Pengunjung kecil Palembang Bird Park (twitter: @palembangbirdpk)
Pengunjung kecil Palembang Bird Park (twitter: @palembangbirdpk)

Urusan kebersihan pun tak perlu dirisaukan. Di Palembang Bird Park tersedia banyak wastafel yang bisa digunakan oleh pengunjung. Bahkan di beberapa tempat biasanya Anda diharuskan untuk mencuci tangan terlebih dahulu jika ingin berinteraksi dengan hewan, kemudian selesainya pun juga diwajibkan untuk mencuci tangan kembali.

Palembang Bird Park dilengkapi pula dengan sarana penunjang seperti musala, toilet, restoran atau kantin, area parkir kendaraan yang luas, dan sebagainya. Jika Anda penasaran seperti apa keseruan yang ada di Palembang Bird Park, Anda bisa langsung datang ke lokasi untuk mencoba seluruh wahana yang ada di sana sambil bermain-main dengan ratusan burung jinak yang lucu.

Palembang Bird Park

Alamat: Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30257
Nomor telepon: (0711) 5740127
Jam buka: Senin-Minggu, pukul 08.00 – 18.00 WIB
Website: www.palembangbirdpark.com




Tentang Dian Kartika1108 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan