Oleh-Oleh Khas Langkawi yang Wajib Dibawa Pulang




Songket Langkawi - divasweet.blogspot.com
Songket Langkawi - divasweet.blogspot.com

Ketika berlibur ke suatu tempat, salah satu kegiatan yang menjadi menu wajib banyak pelancong adalah berburu oleh-oleh. Setiap wilayah tentunya memiliki barang khas yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan, tidak terkecuali saat berkunjung ke Langkawi. Salah satu spot di tersebut juga menyediakan beragam oleh-oleh khas yang wajib Anda bawa pulang.

Sebelum membahas mengenai oleh-oleh khas Langkawi, tidak ada salahnya apabila kita mengulik sekilas mengenai kawasan yang satu ini. Dilansir Wikipedia, Langkawi adalah distrik di dalam negara bagian Kedah Darul Aman. Pulau ini telah diberi status bebas cukai sejak tahun 1987 silam. Saat ini, pulau yang kaya akan keindahan alami dan legenda masa silam ini telah menjadi salah satu tujuan wisata populer di Malaysia.

Salah satu spot populer di daerah ini adalah Jembatan Langit Langkawi. Berada di atas permukaan laut di puncak Mat Chinchang di Pulau Langkawi, jembatan ini sendiri dapat Anda akses menggunakan kereta gantung atau cable car yang akan membawa Anda menuju ketinggian hingga 700 meter.

Jembatan dicancang pada tiang tunggal setinggi 82 meteran, bergantung di sekitar 100 meter di atas tanah, untuk memberikan pengunjung pengalaman yang unik dan pemandangan spektakuler. Jembatan selebar 1,8 meter ini memiliki dua platform segitiga yang bertindak sebagai “pemberhentian”, tempat pengunjung dapat mengagumi pemandangan dan mengistirahatkan kakinya.

Jembatan Langit Langkawi sendiri masuk dalam 10 jembatan paling mendebarkan di dunia versi salah satu web wisata. Saat ini, ketegangan yang menyelimuti Jembatan Langit Langkawi telah disejajarkan dengan Jembatan Gunung Tai yang berada di China, Jembatan Trift yang berada di Swiss, dan Hanging Bridge of Ghasa Nepal yang sangat terkenal.

Nah, apabila Anda bingung menentukan tempat bulan madu bersama pasangan, mungkin Pulau Rebak bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik. Pulau Rebak atau Rebak Island adalah salah satu pulau di Langkawi yang memang telah terkenal sebagai tempat untuk honeymoon. Di sini, Anda bisa memanjakan diri dengan bermain olahraga air atau mewah lainnya.

Masih seputar pulau, Anda pun bisa berkunjung ke Pulau Singa Besar, salah satu pulau di Langkawi dengan keasrian yang masih terjaga. Berada di antara Pulau Beras Basah dan Pulau Daayang Bunting, Pulau Singa Besar memberikan keunikan tersendiri bagi traveler, dengan beragam flora dan fauna yang tumbuh bebas.

Sementara, apabila Anda penyuka binatang, Anda bisa mampir ke The Buffalo Park Langkawi, salah satu peternakan kerbau berjenis Murrahand Swap, spesies yang berasal dari India. Di samping itu, Anda pun bisa melancong ke Kilim Geoforest Park, yang menyajikan aneka gua dan keindahan perairan, termasuk spot burung elang yang memukau.

Oleh-Oleh Khas Langkawi

Tidak lengkap rasanya jika berlibur tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman. Di Langkawi sendiri, ada beberapa barang yang wajib Anda bawa pulang selepas rekreasi. Oleh-oleh ini dapat Anda peroleh atau beli di beberapa tempat belanja, seperti Pasar Malam Langkawi, Atma Alam Batik Village, Coco Valley, Teow Soon Huat Duty Free Shop, Langkawi Fair, atau Langkawi Craft Complex. Berikut beberapa oleh-oleh khas Langkawi yang bisa menjadi souvenir menarik.

Batik

Merupakan salah satu hasil kerajinan Langkawi yang memiliki pola yang rumit dan multi-warna sehingga menjadi ideal bagi siapa saja yang menyukai seni dan kerajinan. Memang, batik bisa ditemukan di Indonesia dengan mudah, namun tidak ada salahnya apabila Anda berburu batik khas Langkawi yang memiliki pola berbeda. batik di sini pun lumayan terjangkau, berkisar 15 ringgit.

Batik Langkawi - mat-drat.blogspot.com
Batik Langkawi – mat-drat.blogspot.com

Kerajinan Tangan

Terbuat dari bambu, kerajinan tangan ini dapat Anda beli di toko pinggir jalan. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai 15 ringgit hingga ratusan ringgit, tergantung jenis dan ukuran kerajinan yang bersangkutan.

Coklat

Langkawi bisa dibilang sebagai surganya para penggemar coklat. Pasalnya, berbagai merek coklat dari berbagai belahan dunia tersedia di kawasan ini. Anda bisa memilih Belgium chocolate, Italian chocolate, Kisses, Hershey’s, Ritter Sports, Ferrero Rocher, dan masih banyak lagi. Salah satu tempat yang menyediakan beragam merek coklat adalah Haji Ismail Group, dengan harga sekitar 10 ringgit.

Coklat di Langkawi - www.ceriteraibu.com
Coklat di Langkawi – www.ceriteraibu.com

Songket

Ini adalah jenis kain yang terdiri dari benang multi-warna yang terjalin menjadi pola yang mirip dengan batik. Bahannya sendiri dapat digunakan untuk membuat pakaian dan aksesori atau menggantung di dinding sebagai hiasan. Songket mewakili perpaduan budaya China, Malaysia, dan India.

Songket Langkawi - divasweet.blogspot.com
Songket Langkawi – divasweet.blogspot.com

Ikan Bilis

Ikan ini sendiri menjadi salah satu sumber daya perairan yang melimpah di kawasan Langkawi. Biasanya, ikan ini diburu dengan menyisir laut di sekitar Langkawi dengan sistem sonar untuk menemukan lokasi ikan. Segera setelah sebuah kawanan terdeteksi, pukat meletakkan jalanya di sekitar kawanan itu, menjebaknya dalam ‘kolom jaring’.

Setelah tangkapan mendarat, setiap ikan dikeringkan, disortir secara manual sesuai dengan ukurannya, dikemas dalam karton besar dan dikirim ke Jepang, Eropa, dll. Ikan bilis sendiri sering digunakan sebagai hidangan pembuka karena rasanya yang renyah. Di Langkawi, salah satu kedai yang menjual olahan ikan ini terletak di depan Bella Vista, dengan harga mulai 22 ringgit sekilo.

Selain barang-barang di atas, ada beberapa oleh-oleh lain yang dapat Anda bawa sepulang dari Langkawi. Untuk mereka yang merokok, Langkawi juga menyediakan banyak merek rokok yang unik. Sementara, untuk mereka yang suka wewangian, parfum seperti Gucci Flora tersedia dengan harga berkisar 300 ringgit. Nah, untuk para ibu rumah tangga, bisa membeli perabotan seperti piring, mangkuk, dan barang pecah belah lainnya.

Lihat Juga:   The Batu Villas No. 5, Punya Fasilitas Apik dan Tarif Murah




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*