Objek Wisata Menarik dan Populer di Berastagi, Sumatera Utara




air terjun sikulikap - travel.detik.com

di selama ini memang identik dengan Danau Toba. Padahal, di provinsi tersebut, juga terdapat banyak spot wisata lain yang menarik dikunjungi, salah satunya di Berastagi. Berastagi sendiri merupakan salah satu tempat wisata populer yang berada di dataran tinggi Karo. Tempat ini bisa ditempuh selama 2 jam berkendara dari Medan. Berikut beberapa spot wisata populer di Berastagi yang wajib Anda kunjungi.

Air Panas Lau Debuk-Debuk

Pemandian ini terletak di Desa Doulu dan berada di kaki Gunung Sibayak. Air panas Lau Debuk-Debuk bersumber dari retakan aliran lava di daerah selatan lereng Gunung Sibayak. Berastagi yang satu ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Berastagi. Anda dapat tiba di kolam dengan menggunakan atau kendaraan pribadi.

Setelah mendaki Gunung Sibayak, lazimnya banyak wisatawan berhenti dan berendam di kolam air panas ini untuk menyegarkan tubuh. Durasi pendakian ke gunung dari kolam ini biasanya ditempuh dalam waktu 2-4 jam dengan berjalan kaki. Anda hanya perlu membayar masuk kolam air panas di Berastagi ini tak lebih dari Rp8 ribu per orang.

Pemandian Air Panas Lau Debuk-Debuk - www.indonesia-tourism.com
Pemandian Air Panas Lau Debuk-Debuk – www.indonesia-tourism.com

 

Gundaling

Gundaling berjarak kurang lebih 3 km dari pusat kota Berastagi dan memiliki ketinggian 1.575 dari permukaan . Dari atas bukit ini, Anda dapat menikmati pemandangan menakjubkan dari Gunung Sinabung dan Sibayak sekaligus pemandangan alam kota Berastagi yang masih asri dan sejuk. Lebih asyik lagi jika mengelilingi bukit ini sambil menunggangi kuda.

bukit gundaling - www.triptrus.com
bukit gundaling – www.triptrus.com

 

Lihat Juga:   Oleh-Oleh Khas Langkawi yang Wajib Dibawa Pulang

Air Terjun Sikulikap

Air terjun ini berada di Desa Doulu. Air Terjun Sikulikap hanya berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Berastagi. Di gerbang perbatasan Kabupaten Tanah Karo-Deli Serdang, Anda dapat menjumpai pintu masuk ke lokasi Air Terjun Sikulikap. Jika Anda ingin sampai ke lokasi air terjun setinggi 30 meter ini, Anda perlu turun melewati anak tangga dan jalan setapak sejauh sekitar 800 meter atau sekitar 15 menit.

air terjun sikulikap - travel.detik.com
air terjun sikulikap – travel.detik.com

 

Alam Lumbini

Objek wisata alam lainnya yang cukup ramai dikunjungi di Berastagi adalah Taman Alam Lumbini. Di taman ini, wisatawan dapat menemukan pagoda indah yang juga merupakan pagoda terbesar di Indonesia. Anda dapat menyaksikan ornamen-ornamen indah dengan balutan warna emas tatkala berkeliling pagoda tersebut.

Kebun Raya Tongkoh

Jika Anda hobi tanaman hias, Kebun Raya Tongkoh menjadi spot yang wajib Anda kunjungi. Di sini, Anda dapat memilah dan memilih berbagai tanaman hias jika ingin menjadikannya sebagai cendera mata dari Berastagi. Selain itu, di sini Anda juga dapat melihat-lihat kebun milik masyarakat yang ditanami markisa, jeruk, hingga strawberry.

Danau Lau Kawar

Lihat Juga:   Villa Sarah, Villa Dua Lantai di Kawasan Puncak Bogor

Danau yang dikelilingi perbukitan hijau ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena keberadaannya yang berada di bawah kaki Gunung Sinabung. Danau ini memiliki luas 200 hektar dan pemandangan alam yang sangat menyegarkan. Di salah satu sisi danau juga terdapat area camping ground.

Desa Lingga

Ini merupakan salah satu desa kuno yang berada di Kecamatan Simpang Empat dan berjarak sekitar 15 km dari Berastagi. Di desa ini, wisatawan dapat menelusuri wisata budaya dan mendapatkan pengetahuan . Selain itu, terdapat pula sebuah museum yang berisi peninggalan Kerajaan Karo dan rumah-rumah tua berumur ratusan tahun.

Pasar Buah Berastagi

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Berastagi tanpa mampir ke tempat ini. Di sini, Anda dapat membawa oleh-oleh berupa buah-buahan, termasuk markisa dan jeruk, salah satu oleh-oleh khas Berastagi. Selain buah-buahan, di sini juga tersedia berbagai macam bunga dan sayuran.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan