Objek Wisata & Daftar Penginapan di Lasem




penginapan, di, lasem, daftar, nama, alamat, harga, tarif, per, kamar, surya, wijaya, nyah, tiongkok, kecil, heritage, rumah, oei, rombongan, review, online, objek, wisata, kuliner, alam, karang turi, lontong, tuyuhan
Kawasan Sendangcoyo, Lasem (instagram: @novannino133)

Begitu banyaknya tujuan berlibur di Indonesia mungkin menjadi satu keuntungan, karena Anda memiliki banyak pilihan. Tetapi, banyaknya pilihan juga bisa membuat Anda bingung, mana yang Anda kunjungi lebih dulu. Apabila Anda masih bingung, dan belum punya destinasi yang pasti, mungkin tempat satu ini bisa menjadi pilihan.

Destinasi wisata yang dimaksud adalah di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Lasem sempat berjaya dalam era perdagangan candu di Pulau Jawa pada abad ke-19. Lasem sebagai kota kecil di pesisir utara Jawa memiliki sejarah panjang dalam menjaga dan mengelola keragaman budaya dan etnis. Setidaknya terdapat 241 rumah kuno di kawasan pecinan Lasem. Sejarah panjang dalam mengelola keragaman budaya dan etnis serta perdagangan candu adalah sederet daya tarik wisata Lasem. Ada pula makanan khas dan segala keramahan warga setempat.

Objek Wisata di Lasem

Lasem menawarkan banyak pilihan wisata seperti wisata , alam, dan budaya. Untuk wisata alam, wisatawan bisa menikmati hamparan sawah dan menyisir sungai melihat hutan bakau. Di ujung daratan Lasem, pantai utara Jawa juga bisa disambangi. Aktivitas yang tak boleh dilewatkan adalah menyusuri Kampung Turi yang dipenuhi rumah-rumah bergaya Hindia. Bangunan tersebut terlihat dari arsitektur atap berbentuk ekor walet dan tiang-tiang penyangga bangunan besar.

Bicara tentang objek wisata di Lasem, ada beberapa tempat lain yang patut dikunjungi. Ada Desa Karang Turi, Klenteng Cu Ang Kiong, Klenteng Po An Bio, Klenteng Gie Yong Bio, Pantai Caruban, tambak garam Desa Dasun, dan wisata lain. Berkunjung ke klenteng-klenteng di Lasem, wisatawan bisa melihat arsitektur bangunan yang unik. Salah satunya adalah dinding-dinding klenteng yang memiliki gambar kisah komik.

Klenteng Cu An Kiong di Kampung Turi (sumber: phimenon.com)
Klenteng Cu An Kiong di Kampung Turi (sumber: phimenon.com)

Untuk urusan makanan, wisata kuliner yang mesti dicoba di Lasem salah satunya adalah Lontong Tuyuhan. Hidangan ini berisi daging ayam yang telah direbus hingga lunak dan tentunya lontong kemudian disiram kuah santan. Cita rasa makanan ini adalah manis pedas. Lontong Tuyuhan di Desa Tuyuhan berada di Jalan Raya Lasem-Pandan. Ada lebih dari lima penjual Lontong Tuyuhan di sentra kuliner Lontong Tuyuhan.

Lihat Juga:   Inada Losmen, Penginapan Murah Rp100 Ribuan di Seminyak, Bali

Selain itu, Anda juga patut menikmati sirup kawista. Ada pula minuman yang bercita rasa seperti Coca-cola. Minuman itu berasal dari buah kawista. Wisatawan bisa menemukan minuman itu, juga dengan merek Kawista.

di Lasem

Bagi Anda yang berasal dari luar Jawa Tengah, atau warga sekitar Lembang, namun ingin menghabiskan waktu lebih lama di Lasem, bisa menginap di beberapa penginapan yang ada.

Di Lasem, ada banyak rumah dengan gaya India. Ada yang masih ditempati, ada juga yang sudah tidak berpenghuni. Saat masuk ke Desa Karangturi, Anda langsung dimanjakan oleh tembok rumah setinggi sekitar tiga meter. Pintu rumah berbahan kayu penuh ukiran bisa ditemukan di setiap rumah. Setidaknya ada dua rumah bergaya India yang bisa diinapi tepatnya di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem. Adalah Homestay Tiongkok Kecil Heritage dan Guest House Nyah Lasem yang bisa dijadikan tempat singgah selama berwisata di Lasem.

Tiongkok Kecil Heritage (sumber: booking.com)
Tiongkok Kecil Heritage (sumber: .com)

Tiongkok Kecil Heritage sering dikenal juga sebagai Rumah Merah. Hal itu lantaran tembok luar dan dalam bangunan yang dicat warna merah. Karyawan di Homestay Tiongkok Kecil Heritage, Kiki menyebut terdapat empat kamar yang bisa digunakan oleh wisatawan. Nama-nama kamar di Tiongkok Kecil Heritage diambil dari nama kota di China seperti Beijing, Guangzhou, Shanghai, dan Shenzhen.

Semua kamar kapasitas untuk empat orang. Untuk kamar Shenzhen dan Guangzhou dipatok sekitar Rp 300.000 per malam. Sedangkan kamar Beijing dan Shanghai dipatok Rp 390.000 per malam. itu sudah termasuk sarapan. Tamu bisa milih lontong tuyuhan atau sate srepeh. Untuk , antara lain ruangan dengan pendingin ruangan, air mineral, air panas, sabun, dan sikat gigi. Kamar juga dilengkapi dengan selimut.

Lihat Juga:   Losmen Arimbi, Penginapan Murah Rp60 Ribuan dekat Stasiun Bandung

Tidak jauh dari Tiongkok Kecil Heritage, ada satu penginapan bergaya China Hindia yang bisa diinapi. Guest House Nyah Lasem punya dua kamar yang bisa digunakan oleh wisatawan. Bangunan Nyah Lasem terdiri dari bangunan induk dan samping. Tempat yang digunakan untuk menginap adalah di samping kiri dan bangunan utama Nyah Lasem berfungsi sebagai museum.

Selain penginapan di atas, berikut ini akan disajikan tabel mengenai daftar penginapan yang bisa Anda jadikan pilihan ketika ingin menginap di Lasem.

Daftar Nama & Penginapan di Lasem

Nyah Lasem Guest House (sumber: kesengsemlasem.com)
Nyah Lasem Guest House (sumber: kesengsemlasem.com)
Nama PenginapanAlamat PenginapanTarif (Rp)
Guest House Nyah LasemKarangturi Gang V No 2, Karangturi, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengahmulai 50.000
Hotel Surya LasemJalan Untung Suropati No.9, Pandeyan Kulon, Dorokandang, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah55.000-250.000 (tergantung kamar yang dipilih)
Hotel Wijaya LasemJl. Raya Lasem No. 101-105, Sumber Girang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah70.000-175.000 (tergantung kamar yang dipilih)
Hotel Sewu BeachJl. Raya Tuban ‐ Lasem Km 5 Lasem, Rembang80.000-100.000 (tergantung kamar yang dipilih)
Tiongkok Kecil HeritageJl.Eyang Sambu, Mahbong, Karangturi, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengahmulai 300.000
Rumah OeiJl.Provinsi Lasem – Sale, Pandeyan, Sumbergirang, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah300.000-700.000 (tergantung kamar yang dipilih, tersedia kamar untuk rombongan)

Tarif di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Setidaknya, untuk menginap di Lasem, Anda bisa memperkirakan bujet untuk penginapan. Untuk mendapatkan terbaru mengenai harga per kamar atau tarif, bisa langsung menghubungi pihak penginapan. Anda juga bisa mencari review mengenai masing-masing penginapan secara online.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*