Melihat Koleksi Museum Motor Klasik Malang, Ada Oplet Si Doel




Koleksi Museum Motor Klasik Malang (youtube: BerwisataTV)
Koleksi Museum Motor Klasik Malang (youtube: BerwisataTV)

Bagi pencinta otomotif, tempat yang satu ini mungkin menjadi spot wajib yang Anda kunjungi, namanya Motor Klasik. Meski terbilang anyar karena baru berdiri tahun 2020 lalu, Museum Motor Klasik Malang rupanya terus menarik perhatian pengunjung, terlebih dengan adanya oplet Si Doel yang sekarang menjadi ikon museum. 

Rekor Indonesia (MURI) mencatat Museum Motor Klasik sebagai yang pertama di Indonesia, bahkan dunia. Itu artinya, SMK National Media Center (NMC) menjadi pelopor dan satu-satunya yang mempunyai museum motor klasik. Sebelum menetapkan Museum Motor Klasik SMK NMC, MURI terlebih dahulu melakukan verifikasi dan validasi. Langkah ini dengan memohon pertimbangan dari Asosiasi Museum Indonesia (AMI). Rekomendasi dari AMI mengklaim hanya SMK NMC yang memiliki museum motor klasik satu-satunya di dunia.

Berlokasi di lingkungan SMK NMC Malang, tepatnya di Jl. Simpang Candi Panggung No. 133, Motor Klasik memiliki gedung bergaya Eropa. Museum dengan tiga lantai tersebut dipenuhi berbagai merk kendaraan produksi Italia, India, hingga Jepang. Tak salah jika ada ratusan unit kendaraan antik yang terpampang di sana.

Koleksi Motor Klasik Malang

Tercatat lebih dari 400 unit kendaraan antik keluaran tahun 1930 hingga 1990-an yang dipajang di Motor Klasik Malang. Di lantai satu, ada koleksi Vespa tua hingga Vespa terbaru, yakni Primavera Sean Weatherspoon. Selain keluaran lawas,Vespa  keluaran tahun 2021 juga ada di museum tersebut. Naik ke lantai dua, ada Honda series mulai C70 sampai tipe CB. Lalu, di lantai tiga, ada Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki, serta beberapa tambahan motor trail. 

Beberapa motor memiliki history istimewa lantaran model yang sama sempat dipakai syuting film. Semisal motor Honda CB 100 yang digunakan untuk film ‘Dilan’ hingga sekuel ketiga. Begitu juga dengan motor Suzuki TS 100 yang sempat digunakan raja dangdut, Rhoma Irama, untuk shooting film ‘Camelia’ sekitar tahun 1979. Menariknya, semua koleksi motor klasik tersebut masih bisa dioperasikan dengan kelengkapan surat-surat kendaraannya. Bahkan, pajak dari tiap-tiap kendaraan juga dibayar secara rutin.

Pihak pengelola Motor Classic SMK NMC mengungkapkan, ada tim khusus yang mencari motor klasik melalui situs jual beli online. Meski begitu, tak semua motor klasik tersebut dalam kondisi sepenuhnya bagus. Pasalnya, ada motor klasik dalam keadaan rusak atau beberapa sparepart yang tidak lengkap. 

Sebelum masuk display, motor-motor tersebut terlebih dahulu akan menjalani proses restorasi mengacu pada model awal saat diproduksi. Proses restorasi ada yang hanya sekedar memoles cat, tetapi juga ada yang hingga merakit ulang kendaraan tersebut. Proses restorasi tersebut dijalankan oleh pengajar SMK NMC, sekaligus sebagai pembelajaran para siswanya.

Oplet Si Doel di Museum Motor Klasik Malang (youtube: BerwisataTV)
Oplet Si Doel di Motor Klasik Malang (youtube: BerwisataTV)

Ikon Motor Klasik Malang

Dari banyaknya koleksi Motor Klasik Malang, satu yang menjadi magnet pengunjung untuk datang adalah oplet Si Doel. Kendaraan antik bersejarah milik tokoh yang diperankan Rano Karno itu benar-benar membuat pengunjung nostalgia. Pasalnya, mesin yang dihibahkannya merupakan orisinal dari oplet yang selama ini digunakan syuting ‘Si Doel Anak Sekolahan’. Para pengunjung pun dapat berfoto di depan mobil antik itu saat mengunjungi Museum Motor Klasik Malang.

Konon, oplet Morris Minor Traveller itu dibeli tahun 1953 seharga Rp500 ribu dengan kondisi tanpa roda. Pada saat diluncurkan, oplet tersebut memakai mesin buatan Austin dengan kapasitas 803 cc dan dirawat dengan baik oleh Rano Karno, dan sempat ditawar miliaran rupiah oleh Raffi Ahmad. Namun, anggota DPR RI itu memilih untuk menghibahkannya ke Motor Klasik Malang.

Pada pembukaan dan penetapan MURI ini, Rano Karno datang sendiri ke Museum Motor Klasik Malang. Selain oplet legendarisnya yang berwarna biru dan kuning, dia juga menyerahkan satu unit sepeda motor legendaris yang pernah ikut dalam sinetron ‘Si Doel’. Rano mengaku sengaja memberikan oplet kesayangannya itu untuk keperluan pembelajaran dan bermanfaat bagi generasi mendatang.

Selain Museum Motor Klasik ada beberapa museum lain yang patut Anda kunjungi saat wilayah Malang. Sebagai bahan referensi, berikut nama dan alamat museum lain di Malang Raya.

Daftar Museum Lain di Malang Raya

Nama MuseumAlamat & Nomor Telepon
Museum BrawijayaJl. Besar Ijen No. 25 A, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang.
Museum Musik IndonesiaJl. Nusakambangan No. 19, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang. Telp: (0341) 3012518
Museum Mpu PurwaPerumahan Griya Shanta, Jl. Soekarno-Hatta No. 210, Mojolangu, Lowokwaru, Malang. Telp: (0341) 551333
Museum Batu Mulia NusantaraJl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.
Indonesian Old Cinema MuseumJl. Soekarno-Hatta No. 45, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Telp: (0341) 498858
Museum AngkutJl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu. Telp: (0341) 595007
Museum Satwa Jawa Timur Park 2Jl. Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu. Telp: (0341) 5025777
The Bagong Adventure Museum TubuhJl. Kartika No. 2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu. Telp: (0341) 597777
Museum Musik Dunia Jawa Timur Park 3Jl. Raya Ir. Soekarno Nomor 144, Beji, Kota Batu.
Museum SinghasariKrajan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang. Telp: (0341) 456644
Museum Zoologi Frater VianneyJl. Mahameru VE 7 Tidar No. 10, Karangwidoro, Kec. Dau. Telp: (0341) 558965
Museum PanjiJl. Raya Bangilan No. I, Ringin Anom, Slamet, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang. Telp: (0341) 789678
Museum Kesehatan JiwaRSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat, Krajan Utara, Sumber Porong, Lawang. Telp: (0341) 426015 ext. 429067
Museum Ganesya (Gelar Indonesia Budaya)Jl. Graha Kencana Raya Jl. Raya Karanglo, Karanglo, Banjararum, Kec. Singosari, Kabupaten Malang. Telp: 0822-2345-8110

Itu tadi nama museum yang berada di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Jika Anda penasaran dengan koleksinya, tak ada salahnya mampir ke salah satu museum saat akhir pekan.

Lihat Juga:   Singhasari Spa Malang, Lokasi Relaksasi Oke Tarif Kompetitif




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan