6 Museum di Kota Malang yang Menarik untuk Dikunjungi




Museum benda bersejarah di Malang (sumber: travelingyuk.com)
Museum benda bersejarah di Malang (sumber: travelingyuk.com)

Kota mempunyai beragam daya tarik yang patut untuk dieksplor. Selain wisata alam atau kulinernya, di Malang Anda juga bisa menikmati wisata sejarah dengan berkunjung ke museum. Jangan salah, ternyata di Kota Malang ada beberapa museum yang memiliki berbagai koleksi menarik. Berikut ini museum di Kota Malang yang layak untuk dikunjungi.

Museum Brawijaya

: Jl. Ijen No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang
Nomor telepon: (0341) 562394

Museum Brawijaya (sumber: mampir.id)
Museum Brawijaya (sumber: mampir.id)

Museum Brawijaya merupakan sebuah museum militer yang ada di Malang, Jawa Timur. Museum Brawijaya buka setiap hari mulai jam 08.00 WIB. Adapun harga tiket masuk Museum Brawijaya dipatok sekitar Rp5.000 untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak tarifnya Rp3.000.

Di museum yang ikonik di kawasan Ijen ini Anda bisa menemukan berbagai koleksi barang peninggalan bersejarah di Kota Malang selama masa penjajahan. Beberapa koleksi yang bisa Anda temukan antara lain berupa tank, senjata, hingga gerbong maut yang sudah sangat terkenal itu. Tak cukup sampai di situ, di Museum Brawijaya pun ada sebuah perpustakaan yang mengoleksi buku-buku dan dokumen-dokumen sejarah perjuangan TNI, karya-karya umum, dan referensi yang terkait dengan pengabdian terhadap negara Republik Indonesia.

Museum Zoologi Frater Vianney

Alamat: Jl. Raya No.7, Doro, Karangwidoro, Malang, Jawa Timur 65146
Nomor telepon: (0341) 558965

Museum Zoologi Frater Vianney (sumber: travelingyuk.com)
Museum Zoologi Frater Vianney (sumber: travelingyuk.com)

Museum Zoologi Fr. Vianney adalah sebuah museum menarik yang terletak di kawasan Tidar, Kota Malang. Museum Zoologi Frater Vianney memiliki koleksi sekitar 12.000 spesies, mulai dari ular, kadal, gurita, dan ribuan kerang. Koleksi yang ada di sana kabarnya memang diperuntukkan ilmu pengetahuan. Tak heran jika banyak pengunjung yang berasal dari kalangan pelajar datang ke sana untuk belajar.

Museum satu ini buka setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 06.30 WIB hingga jam 14.00 WIB. Menariknya, untuk masuk ke Museum Zoologi Frater Vianney kabarnya tak dipungut masuk. Hanya disediakan kotak sumbangan sukarela untuk mendukung keberlangsungan dari Museum Zoologi Frater Vianney.

Lihat Juga:   Peye Guest House, Penginapan Tengah Kota Malang yang senyaman Rumah Sendiri

Museum Musik Indonesia

Alamat: Jl. Nusakambangan No. 19, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117
Nomor telepon: (0341) 3012518

Museum Musik Indonesia (sumber: superradio.id)
Museum Musik Indonesia (sumber: superradio.id)

Museum Musik Indonesia (MMI) kabarnya merupakan satu-satunya museum seni musik di Indonesia. Museum yang terletak di Gedung Kesenian Gajayana Lantai 2 ini tergolong baru karena baru diresmikan pada tahun 2015 lalu. Di Museum Musik Indonesia kabarnya memiliki hingga 26.000 koleksi yang berupa piringan hitam (vinyl), kaset, CD, instrumen musik, majalah, serta buku dari dalam dan luar negeri. Bahkan seluruh koleksi lawas yang ada di sana masih dalam kondisi bagus dan bisa didengarkan.

Museum Musik Indonesia buka setiap hari Selasa-Minggu mulai jam 10.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Jangan khawatir, masuk Museum Musik Indonesia pun cukup , hanya Rp5 ribuan saja per orang. Selain itu, sudah tersedia fasilitas cafetaria bagi Anda yang kebetulan sedang lapar atau haus.

Museum Mpu Purwa

Alamat: Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Shanta Blk. B No.210, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141
Nomor telepon: (0341) 404515

Museum Mpu Purwa (sumber: ongistravel.com)
Museum Mpu Purwa (sumber: ongistravel.com)

Museum Mpu Purwa merupakan sebuah museum yang baru saja diresmikan pada tahun 2018 lalu. Museum yang terletak di kawasan Perumahan Griya Shanta ini buka setiap hari sejak pukul 07.30 WIB sampai pukul 14.45 (Jumat-Sabtu) atau 15.30 (Minggu-Kamis). Untuk masuk ke Museum Mpu Purwa pun kabarnya gratis, alias tidak dipungut biaya sama sekali.

Museum satu ini direvitalisasi sejak beberapa tahun sebelumnya di atas lahan seluas 1.800 meter persegi dengan bangunan seluas 1.200 meter persegi. Di dalam Museum Mpu Purwa terdapat sekitar 136 koleksi peninggalan Mpu Sendok dan Majapahit. Kabarnya ada sekitar 58 koleksi yang dipamerkan ke pengunjung dan sisanya disimpan di ruang penyimpanan khusus. Bahkan di Museum Mpu Purwa terdapat arca unik, yakni arca Ganesha yang duduk di atas tikus kecil. Arca tersebut di Indonesia kabarnya hanya ada di Kota Malang serta di negara India.

Lihat Juga:   Ketentuan Dan Harga Tiket Terusan Jatim Park I

Indonesian Old Cinema Museum

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.45, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142
Nomor telepon: (0341) 498858

Indonesian Old Cinema Museum (Sabrina Saby via google travel guide)
Indonesian Old Cinema Museum (Sabrina Saby via google travel guide)

Anda penggemar film? Rasanya belum lengkap jika belum mampir ke Indonesian Old Cinema Museum. Museum yang terletak di area Rumah Makan Ringin Asri ini didirikan tahun 2017 lalu. Dalam Indonesian Old Cinema Museum para pengunjung dapat melihat langsung berbagai barang antik yang zaman dulu digunakan sebagai alat pemutar film di layar tancap.

Tak hanya alat pemutar film jadul saja, ada juga berbagai poster film, majalah, papan pengumuman pemutaran film, sampai roll film lawas pun tersedia di museum unik ini. Yang lebih asyik lagi, saat berkunjung ke sana kabarnya Anda diizinkan untuk meminta pemutaran film Indonesia lawas. Sebab tersedia sekitar 20 judul film Indonesia jadul yang bisa Anda nikmati di Indonesian Old Cinema Museum.

Museum Mulia Nusantara

Alamat: Jl. Veteran Malang, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145

Museum Batu Mulia Nusantara (sumber: koran-jakarta.com)
Museum Batu Mulia Nusantara (sumber: koran-jakarta.com)

Bagi pecinta batu mulia tentu bakal sangat dimanjakan ketika datang ke Museum Batu Mulia Nusantara. Museum yang terletak di lobi Gedung Rektorat Universitas Brawijaya ini memang tergolong baru, karena diresmikan tahun 2016 lalu. Meski demikian, Museum Batu Mulia Nusantara mempunyai sekitar 150 koleksi batu mulia dari berbagai daerah.

Setiap batuan yang ada di Museum Batu Mulia Nusantara diberi nama, mulai dari yang ukurannya kecil sampai berbentuk bongkahan. Ada beberapa batuan seperti Black Jade, Chalcedony, Batu Gambar (Picture Jasper), Jasper, Meteorite Chondrite, Neprite, Sojol, Denrite Agate, fosil kerang kima, dolomite, dan lain-lain. Bahkan ada juga batuan yang langka seperti Giok Nabire.




Tentang Dian Kartika1102 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan