Menikmati Suasana Kerajaan Jawa Kuno di Lembah Tumpang Resort dengan Tiket Masuk Terjangkau




Lembah Tumpang Resort (sumber: idntimes.com)
Lembah Tumpang Resort (sumber: idntimes.com)

Tumpang, kota kecil yang masih masuk wilayah administrasi Kabupaten Malang ini biasanya hanya dikenal sebagai transit menuju Bromo Tengger Semeru (BTS). Namun, menjelang akhir tahun 2016, Kecamatan Tumpang mulai terkenal dengan keberadaan resort-nya.Ya, resort yang dimaksud adalah Lembah Tumpang Resort.

Akomodasi yang juga biasa dijadikan tempat wisata ini beralamat di Desa Selamet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama Lembah Tumpang Resort sendiri diambil karena lokasi penginapan yang memang berada di sebuah lembah di samping sungai.Sebagai informasi, resort merupakan hotel yang berlokasi di daerah wisata, seperti pantai atau pegunungan.[1]

Rute menuju akomodasi ini memang gampang-gampang susah. Pasalnya, Anda harus terlebih dahulu masuk perkampungan untuk menemukan lokasinya. Jika Anda berangkat dari Kota Malang, dari pertigaan Jalan Raya Ki Ageng Gribig dan Jalan Raya Madyopuro, Anda bisa ambil arah ke kanan. Setelah itu, lurus saja ikuti jalan tersebut hingga melalui gapura ‘Selamat Datang’ Kecamatan Tumpang. Kemudian, lanjutkan perjalanan Anda sekitar 500 meter, lalu belok kiri di gang sebelum gapura hijau Jalan Bokor. Ikuti jalan tersebut, dan sekitar 400 meter maka Anda akan menemukan resort ini.

Layaknya akomodasi di sekitar Tumpang lainnya, resort ini juga cocok bagi Anda yang ingin bepergian ke Bromo. Pasalnya, untuk menuju yang terkenal dengan legenda Joko Seger dan Roro Anteng tersebut, hanya butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan. Selain itu, beberapa objek wisata sekitar wilayah Tumpang juga berjarak cukup dekat, misalnya Coban Pelangi dan Air Terjun Sumber Pitu yang jaraknya hanya sekitar 12 km.

Lihat Juga:   Villa Batu Malang 1, Rekomendasi Akomodasi Menarik di Kompleks Panderman Hill
Lembah Tumpang Resort berkonsep Kerajaan Jawa Kuno
Lembah Tumpang Resort berkonsep Kerajaan Jawa Kuno

Lembah Tumpang Resort merupakan sebuah akomodasi yang menawarkan konsep kerajaan Jawa kuno. Di ini, terdapat berbagai macam patung Dewa Hindu seperti Brahma, Wisnu, Siwa, dan Ganesha. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kemegahan miniatur candi dan tiruan candi asli berlanggam Jawa Tengah. Tiruan candi asli yang berada di tengah-tengah resort sebenarnya merupakan sebuah menara yang bisa dinaiki. Dari atas candi tersebut, bisa menikmati keindahan layout resort.

Saat pertama kali masuk Resort Lembah Tumpang, Anda bisa langsung merasakan suasana yang tenang. Maklum saja, lokasinya yang cukup jauh dari jalan raya dan pemukiman warga membuat suasananya memang sunyi dan sepi. Selain itu, udara di penginapan juga sejuk karena di sekitar kawasan hotel banyak terdapat tanaman dan pohon-pohon besar.

Fasilitas yang ditawarkan resort yang hadir mulai tahun 2016 tersebut juga sangat beragam. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati fasilitas seperti taman, gazebo, kolam ikan koi, tempat parkir yang luas, kamar mandi, dan kolam teratai. Selain itu, ada juga tiga kolam renang outdoor yang bisa digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa. Berbeda dari kolam renang pada umumnya, kolam renang di Resort Lembah Tumpang dihiasi dengan ornamen bebatuan seperti candi hingga patung-patung yang menyerupai batuan kuno. Tak heran jika spot ini bisa menjadi spot yang sangat instagramable.

Selain menyediakan fasilitas wisata, layaknya resort pada umumnya, Lembah Tumpang Resort juga menawarkan cottage untuk menginap. Sayangnya, pihak pengelola belum bisa memberitahukan publish rate resminya. Namun, menurut penuturan beberapa pengunjung yang pernah menginap, tiap cottage dipatok dengan sekitar Rp1.000.000 per malam.Yang terbaru, ada juga pengunjung yang mengungkapkan bahwa harga penginapan di Lembah Tumpang Resort berkisar Rp500 ribu untuk kapasitas 4 orang.

Lihat Juga:   Losmen Vivi, Akomodasi Kelas Melati di Bima
Cottage dan fasilitas akomodasi Lembah Tumpang Resort (sumber: idntimes.com)
Cottage dan fasilitas akomodasi Lembah Tumpang Resort (sumber: idntimes.com)

Harga tiket masuk Lembah Tumpang Resort Malang ini relatif terjangkau. Pengunjung saat ini akan dikutip Rp60.000 per orang (update tahun 2020) dan untuk pengunjung anak-anak di bawah usia 4 tahun tidak perlu membayar tiket masuk. Tarif tiket masuk tersebut sudah termasuk fasilitas kolam renang. Jika Anda ingin menyewa ban, maka Anda akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp10 ribu.

Tersedia pula wahana flying fox yang kabarnya hanya beroperasi tiap hari Minggu dengan tarif tiket Rp10 ribu. Kemudian fasilitas naik delman Rp20 ribu, naik kuda Rp25 ribu, dan untuk Anda yang ingin memberi makan burung merpati atau ikan juga bisa membeli pakan burung merpati atau ikan seharga Rp5 ribu saja per bungkus. Asyik kan? Tak perlu khawatir juga untuk Anda yang datang dari jauh, sebab di masa pandemi seperti sekarang pun Lembah Tumpang Resort masih tetap buka setiap hari seperti biasanya.

Sebelumnya, biaya untuk masuk Lembah Tumpang Resort hanya dikenakan sebesar Rp30.000/orang (dewasa), Rp20.000 untuk anak-anak dan balita. jika Anda tertarik berkunjung ke tempat ini, terlebih dahulu Anda perlu menanyakan ketersediaannya ke pihak pengelola dengan menghubungi via di nomor 0813 3281 7778.

[Update: Dian]

[1] Ismayanti. 2011. Pengantar Pariwisata (hlm 139). Jakarta: Grasindo.




Tentang M. Nur Fahmi1496 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan