Menikmati Indahnya Sunrise dan Sunset di Pantai Kondang Merak




Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak

Apabila Anda berkunjung ke Balekambang, tak lengkap jika Anda tak menyempatkan mampir ke Kondang Merak. ini memiliki suasana yang lebih tenang bila dibandingkan dengan Balekambang, karena pengunjungnya memang lebih sedikit.

Pantai Kondang Merak berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten , . Dinamakan Kondang Merak karena pantai ini memiliki kondang (muara) yang dulu banyak dihuni burung merak, sebelum akhirnya punah karena perburuan liar pada era 1980-an.

Pantai Kondang Merak Malang
Pantai Kondang Merak Malang

Rute menuju pantai ini sama dengan ke Pantai Balekambang. Jika Anda berangkat dari pusat Malang, arahkan kendaraan Anda ke selatan menuju Gadang. Sesudah melewati Gadang, ikuti petunjuk arah menuju Bululawang, dan sesampainya di pertigaan Krebet, ikuti petunjuk arah menuju Gondanglegi atau Pantai Balekambang. Setibanya di perempatan JLS (Jalur Lintas Selatan) Balekambang, belok kanan. Kemudian, lanjutkan melalui jalan makadam sekitar 5 km hingga Anda menemukan pintu masuk menuju Pantai Kondang Merak.

Untuk menuju Pantai Kondang Merak, sebaiknya Anda terlebih dahulu memperhatikan kesiapan kendaraan Anda, sebab perjalanan ke pantai ini cukup jauh, sekitar 66 km dari pusat kota. Selain itu, setelah JLS Balekambang, jalan yang dilalui kondisinya kurang baik apalagi saat musim hujan tiba.

Lihat Juga:   Villa Wijaya, Akomodasi Rp3 Jutaan Tawarkan View Terbaik Gunung Panderman

Atraksi utama yang menjadi nilai jual dari pantai ini adalah sunrise dan sunset-nya. Ya, pantai ini memang unik, karena menghadap ke arah selatan, sehingga Anda bisa menikmati kedua momen tersebut. Ketika sunrise, Anda akan disuguhi pantulan cakrawala berupa semburat cahaya kemerahan yang terpantul dari air , perlahan-lahan cahaya tersebut berubah menjadi kuning cerah dan semakin terang ketika matahari mulai muncul dari balik bukit karang.

Sunsetnya pun tak kalah indahnya. Cahaya matahari yang tak lagi berada di atas kepala pelan-pelan berjalan ke ufuk, hingga cahaya yang awalnya berwarna kekuningan berubah menjadi kemerahan, sebelum akhirnya matahari tak dapat lagi dipandang.

Ketika menginjakkan kaki di Pantai Kondang Merak, dijamin mata Anda langsung takjub melihat keindahan yang dipancarkan oleh pantai tersebut. Mulai dari deru ombak yang tenang, pohon-pohon hijau yang tumbuh dengan rindang, angin yang bertiup dengan semilir, sampai menikmati kelembutan dari pasir yang terkenal dengan warna putihnya. Sekitar 200 meter dari bibir pantai, terdapat jejeran karang yang berdiri kokoh untuk menghadang terjangan ombak sehingga ombaknya tidak terlalu besar.

Lihat Juga:   Villa Felia Batu, Tawarkan Lima Kamar & Fasilitas Lengkap dengan Tarif Rp1,2 Jutaan

Soal masuk, Anda tak usah pusing. Pasalnya, tiket masuk pantai Kondang Merak cuma Rp5.000 rupiah saja per orang, sedangkan untuk parkir roda dua Rp3.000 dan parkir roda empat biayanya sebesar Rp5.000 rupiah.

Fasilitas yang ada di pantai yang berada di barat Balekambang ini terbilang cukup memadai. Anda bisa menemukan , menara pantau, ibadah, dan toilet umum. Sayangnya, saat weekday, warung-warung sekitar pantai sering tutup, jadi lebih baik Anda sudah mempersiapkan bekal dari rumah.

Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak

Kegiatan di Kondang Merak

Nah, jika Anda sangat menginginkan menikmati momen sunrise & sunset, sebaiknya Anda berkemah, karena di sekitar pantai ini, Anda tidak akan menemukan akomodasi untuk menginap. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berkemah di Kondang Merak. Pertama, Anda harus mempersiapkan segala perlengkapan dari rumah, karena di sekitar pantai tidak ada tempat penyewaan peralatan. Kemudian, Anda harus terlebih dahulu meminta izin kepada penjaga di bagian pintu masuk. Terakhir, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan pantai, karena wilayah Kondang Merak merupakan salah satu wilayah konservasi lutung jawa.

 




Tentang M. Nur Fahmi872 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*