Mengintip keindahan Sunrise di Puncak B29 – Bromo, Lumajang




puncak b29 - ekspedisikenthang.blogspot.com

Puncak B29 bisa Anda temukan di Desa Argosari, yakni sekitar 40 kilometer dari pusat Kabupaten Lumajang, . Nama B29 menandakan bahwa kawasan ini berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut. B29 juga masih termasuk dalam bagian Taman Nasional Tengger Semeru.

puncak b29 - ekspedisikenthang.blogspot.com
puncak b29 – ekspedisikenthang.blogspot.com

 

Banyak yang menyebut B29 sebagai negeri di atas awan, namun pastikan Anda menyaksikan keindahannya secara langsung. Dalam kondisi suasana cerah, segala penjuru mata angin akan menampakkan keelokannya masing-masing. Di arah barat, tampak Gunung Bromo dan Gunung Batok yang unjuk gigi lengkap dengan padang pasirnya yang membentang. Di belakangnya, seakan bersembunyi keindahan Gunung Welirang dan Arjuno. Melihat ke selatan, tampak puncak Mahameru berdiri dengan gagah mengepulkan asap dari kawahnya. Sedangkan di siis utara, petualangan selanjutnya telah menunggu Anda di puncak bukit B30 dengan ketinggian 3.000 dpl.

Untuk menuju ke desa Argosari, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi yakni mobil atau sepeda motor karena tidak tersedia umum. Walau terhitung masih baru, aksesibilitas menuju desa ini terhitung mudah untuk ditempuh, yakni hanya sekitar 2 jam dari pusat . Jalur umumnya akan didominasi tanjakan dan tikungan tajam khas lintasan pegunungan.

Mulanya dari arah Lumajang, pacu kendaraan Anda menuju kecamatan Senduro, lalu ke Pura Mandara Giri Semeru Agung, hingga sampai ke desa Kandang Tepus. Selepas dari Desa Kandang Tepus, Anda akan melewati jalanan terjal tanpa penghuni dan tanpa penerangan, itulah menuju desa Argosari. Meski begitu, kondisi jalannya sudah beraspal mulus tanpa lubang. Lanjutkan Anda hingga menemukan papan bertuliskan Selamat Datang di “Kawasan B29 Desa Argosari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang”.

Saat memasuki pintu masuk desa Argosari, Anda akan mendapat tawaran dari tukang-tukang ojek lokal Argosari untuk diantar menuju ke puncak B29. Mengapa harus menggunakan jasa tukang ojek ini, padahal Anda membawa kendaraan sendiri? jawabannya, karena medan jalan yang akan Anda tempuh setelah ini tergolong sulit untuk dilewati. Jaraknya pun cukup jauh, sekitar 8 kilometer atau sekitar 30 menit menggunakan jasa ojek tersebut. Jika ingin berjalan kaki saja, Anda harus menyiapkan stamina karena perjalanan menuju puncak B29 akan menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam.

Waktu terbaik untuk datang ke puncak B29 adalah pada pagi hari menjelang saat matahari terbit. Sebab, B29 dikenal sebagai sempurna untuk mengabadikan keindahan saat sunrise.

Lihat Juga:   Referensi Tempat Makan Pagi yang Populer di Kota Malang




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*