Rekomendasi Mall Surga Belanja di Batu Malang




Alun-alun Kota Batu (sumber: wikimedia.org)
Alun-alun Kota Batu (sumber: wikimedia.org)

Usai berhasil meraih penghargaan di sektor wisatanya, Pemerintah Kota Batu-Malang tampaknya tak berdiam puas. Pasalnya, daerah yang memiliki keindahan luar biasa ini akan bergerak untuk memaksimalkan potensi pada sektor lainnya. Salah satu yang mulai terlihat yakni di sektor pusat perbelanjaan atau mall.

Pemerintah Batu berkilah pembangunan mall ditujukan untuk pelayanan publik dalam mendorong perekonomian lebih maju. Namun, pembangunan sejumlah pusat perbelanjaan tersebut sepertinya menjadi awal pengembangan bisnis mall lain setelahnya. Terlebih, setiap tahun jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat yang menjadi peluang besar para investor di Kota Batu.

Hingga saat ini terdapat total tiga mall besar di Batu-Malang. Tak hanya mudah diakses, mall-mall tersebut memiliki yang memadai dan patut Anda kunjungi. Berikut sejumlah informasi menarik terkait deretan mall tersebut.

Lippo Plaza Batu (Batos)

Lebih dikenal sebagai Batos (Batu Town Square) memang bukanlah mall yang besar, namun kehadirannya cukup lengkap dengan total tiga lantai dan basement. Sejumlah supermarket juga berjejer di dalamnya, mulai dari Matahari, Hypermart, dan cabang Miniso.

Lippo Plaza Batu/Batos (sumber: instanbooking.com)
Lippo Plaza Batu/Batos (sumber: instanbooking.com)

Meski tak terlalu ramai di luar musim libur, tapi banyak masyarakat lokal maupun wisatawan yang mengunjungi Batos untuk menonton film. Sebab, di sana juga terdapat Cinemaxx yang cukup luas dan bersih. Tentu saja, dengan ruangan yang dingin karena full AC membuat pelajar pun ‘ngadem’ sepulang sekolah.

Belum lagi letak mall yang cukup strategis membuat banyak orang mudah menjangkaunya. Lokasi mall dengan akses mudah karena begitu dekat dengan akomodasi penginapan meliputi Apple Green , Ciptaningati , De Lobby Suite , dan Samara Batu. Terletak di Jalan Diponegoro No 1, membuat mall ini menjadi salah satu tempat transit untuk berbelanja maupun sekadar minum kopi bagi sejumlah wisatawan yang hendak ke Batu maupun yang menuju ke Malang.

Lihat Juga:   Pantai Mini, Surga Mungil dan Tersembunyi di Kabupaten Malang

Fasilitas penunjang berupa food court menjadi komponen penting yang harus dimiliki setiap mall dan Batos telah lengkap memenuhi kebutuhan ragam kuliner Anda. Di sana banyak berjejer resto lokal maupun gerai franchise makanan maupun minuman dengan lokasi tempat makan yang bersih.

Bagi Anda yang kerap mengajak anak keluar bersama, di Batos juga terdapat arena playground lengkap dengan beragam di dalamnya yang tentu membuat anak Anda gembira. Area parkir yang luas, sudah pasti membuat Anda lebih nyaman saat menghabiskan waktu berbelanja.

Dino Mall

Berlokasi di Jawa Timur Park 3, pusat perbelanjaan ini menjadi salah satu mall yang bikin Anda penasaran. Betapa tidak, letaknya yang berada di kawasan objek Jatim Park ini pasti membuat Anda ragu perlu membayar atau tidak. Sama persis seperti mall lainnya, Anda tak perlu membayar bahkan secara gratis dapat menikmati wahana dari pintu masuknya saja.

Dino Mall (sumber: skyscrapercity.com)
Dino Mall (sumber: skyscrapercity.com)

Dino Mall memiliki tiga lantai dan tampilannya jelas berbeda dengan mall pada umumnya, sebab pengunjung akan dibuat penasaran untuk menjelajahinya. Di sudut lantai satu, Anda langsung disuguhi beberapa atraksi seperti pemusik jalanan yang tengah manggung. Sudah pasti Anda akan terhibur sejak pertama kali memasuki mall.

Saat Anda mulai naik di lantai dua, di sana sudah terdapat deretan toko baju (factory outlet) yang menawarkan berbagai jenis busana dari cabang Kota Batu dan Bali. Tak perlu takut jika Anda merasa lelah dan lapar, karena di lantai ini pengunjung bisa mendapati sejumlah outlet makanan termasuk stand penjual souvenir alat musik.

Begitu spesial saat berada di lantai tiga karena Anda dapat menemui pintu masuk ke sejumlah wahana mulai dari Dino Innovation, Cinema, dan juga Fun Teach Plaza. Jika belum ingin mengeksplorasi wahana-wahana tersebut, Anda dapat pergi menikmati pijat refleksi.

Lihat Juga:   Oleh-Oleh Khas Langkawi yang Wajib Dibawa Pulang

Plaza Batu

Plaza Batu (sumber: r1sthree.wordpress.com)
Plaza Batu (sumber: r1sthree.wordpress.com)

Salah satu pusat perbelanjaan yang terbilang paling lama di Kota Batu yakni Plaza Batu. Gedung yang juga menjadi aset Pemkot itu memiliki tiga lantai dan berada di tepat di depan Alun-alun Batu. Tak heran jika banyak masyarakat yang kerap mengunjungi pusat perbelanjaan seluas 6000 meter persegi itu.

Plaza Batu sudah dikelola sejak 1994, bangunannya pun tampak tua berbeda dengan mall-mall modern lainnya. Meski begitu, outlet yang menjual kebutuhan sehari-hari terbilang lengkap. Termasuk adanya penjual aneka souvenir, aksesoris, sepatu, bahkan alat tulis dengan relatif . Area parkir yang luas juga menjadi daya tarik pusat perbelanjaan ini.

Batu Paradise Factory Outlet

Batu Paradise Factory Outlet (sumber: batuparadisehotel.com)
Batu Paradise Factory Outlet (sumber: batuparadisehotel.com)

Banyak yang masyarakat yang mengklaim Batu Paradise Factory Outlet adalah surganya wisata murah. Di sana banyak tersedia kebutuhan rumah tangga, meliputi furniture, aneka pakaian, perabot dapur, sepatu, aksesoris, tas, dan sejumlah barang elektronik lainnya. Sama seperti Plaza Batu, lokasi Batu Paradise juga tak jauh dari Alun-alun Batu. Pusat perbelanjaan ini terintegrasi dengan Hotel Paradise Batu, sehingga lokasinya sering ramai para wisatawan.

Pelayanan para pramuniaga juga begitu ramah dan kooperatif dalam membantu pengunjung menjelajahi Batu Paradise. Banyak promo yang ditawarkan terlebih dengan harga grosir, sehingga tak jarang jika Anda akan menemukan sejumlah barang kebutuhan dengan harga yang murah. Gedung tiga lantai ini juga memiliki area parkir yang luas.

Kalau berkunjung ke Kota Batu, hendaknya Anda mampir ke sejumlah mall yang telah direkomendasikan tadi. Tidak hanya menjelajahi objek wisatanya, Anda dipastikan akan merasa puas berbelanja di mall yang juga mudah diakses tersebut. Meski terbilang masih sedikit, tapi sepertinya untuk beberapa tahun ke depan Kota Batu juga akan mengalami peningkatan pelayanan publik melalui deretan mal di pusat kota.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan