Malibo Anai Padang Panjang, Kolam Alam dengan Harga Tiket Masuk Murah




Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai - (www.pariwisatasumut.net)
Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai - (www.pariwisatasumut.net)

Ada banyak wisata di Sumatera Barat dan salah satu yang terbilang cukup populer, yakni Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai yang letaknya tidak jauh dari Kota Padang Panjang. Anda hanya perlu berkendara sekitar 25 menit untuk sampai di tempat rekreasi. Selain menawarkan keindahan alam, Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai memiliki fasilitas wisata lengkap dengan harga tiket masuk relatif terjangkau.

Rute Menuju Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai

Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai merupakan rekreasi keluarga yang terletak di Provinsi Sumatera Barat tepatnya di Kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Lokasinya tepat ada di kaki Gunung Tandikat, sehingga suasananya masih sangat asri.

Untuk menuju Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai dari Kota Padang, bisa lewat rute Jl. Raya Padang – Bukit Tinggi. Ikuti saja jalan ini hingga Anda menemukan pertigaan, lalu belok kiri. Lurus saja hingga Anda menemukan gapura dengan tulisan nama pemandian alam. Di sampingnya sudah ada loket tiket sebelum masuk.

Pesona Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai

Tak hanya spot rekreasi yang terkenal asri, jalur menuju Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai memiliki pemandangan yang hijau. Di kiri dan kanan jalan merupakan hutan dengan pepohonan sedang hingga besar. Tak hanya itu, terdapat banyak tanaman berbunga di jalan menuju pemandian alam tersebut. Anda bisa menikmati kesejukan udara ini sambil melepas penat.

Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai terletak di kaki Gunung Tandikat dengan tinggi sekitar 2439 m dan merupakan di mana terdapat serangkaian mata yang sangat jernih. Sebagian di antaranya ditampung menjadi sebuah kolam renang alami yang sekilas terlihat seperti air terjun.

Lihat Juga:   Coban Rondo, Tak Hanya Sekadar Air Terjun
Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai - (www.escapeswithandrew.com)
Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai – (www.escapeswithandrew.com)

Beberapa juga ada yang ditampung ke kolam dengan batu bulat di sekelilingnya. Air yang segar dan sejuk ini selalu berganti, tak heran jika airnya selalu jernih dan bersih. Sekilas, ini mirip dengan pemandian bidadari di film fantasi. Menurut penjelasan Manajer Personalia dan Umum, Herna Wilis, Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai sudah ada sejak dulu dan tidak tahu kapan kepastian berdirinya, sedangkan menurut Akta Perusahaan Tirta Alami Malibo Anai sendiri sudah ada sejak tahun 1990.[1]

Menjadi primadona bagi para pelancong, Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai kerap dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung. Tak hanya foto keluarga, bahkan beberapa orang menjadikannya sebagai lokasi untuk foto prewedding. Ini karena pemandangan dan bukit yang hijau dengan suasana alam seperti dalam cerita dongeng. Tak hanya itu, rekreasi ini memiliki fasilitas lengkap seperti berikut.

Fasilitas Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai

Tak hanya ada satu pemandian alam, Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai menyediakan beberapa kolam alami dengan kedalaman beragam. Area kolam dewasa dan anak-anak dipisah dengan bebatuan bulat dan diberi tanda khusus.

Berbeda dengan pemandian alam lainnya, Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai memiliki arsitektur kolam sesuai lingkungan sekitar. Beberapa kolam juga dihias dengan akar pohon yang sangat besar, sehingga tampak sangat eksotis.

Lihat Juga:   Hotel Femina Padang, Punya Akses Terdekat Menuju Pantai dan Museum

Selain ada kolam alami dengan air tawar yang segar, Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai menawarkan camping ground dekat sumber air bersih. Area camping ini juga sudah dipetak-petak, sehingga Anda tinggal mendirikan tenda sesuai dengan ukuran petaknya. Ada juga khusus untuk mebuat api unggun dan memasak, sehingga terbilang cukup nyaman.

Fasilitas lain di Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai, yaitu toilet, area bilas, ganti, area outbound, tempat bermain anak-anak, area piknik, warung makanan, lapak jajanan ringan, kafe, spot foto, dan musala. Semua fasilitas dan keindahannya baru bisa Anda nikmati setelah membayar tiket masuk dengan tarif berikut.

Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai - (www.pariwisatasumut.net)
Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai – (www.pariwisatasumut.net)

Harga Tiket Masuk Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai

Menurut review wisatawan, biaya tiket masuk Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai mulai Rp15.000 per orang. Ini belum termasuk harga tiket parkir mulai Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per kendaraan. Tentunya, tarif tersebut bisa berubah sesuai kebijakan pengelola spot rekreasi.

Untuk lebih detail mengenai Kolam Renang Tirta Alami Malibo Anai, Anda bisa langsung datang ke lokasi atau menghubungi pihak pengelola melalui telepon di nomor 0821 6921 3330. Spot rekreasi tersebut buka mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

[1] Wahyudi, Alvi. 2018. Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pengunjung Pada Tirta Alami Malibo Anai Berbasis Web (Tugas Akhir). Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan