Makanan Khas Pematang Siantar Murah, Harga Murah Mulai Rp3 Ribuan




Mie Sop Pematang Siantar - steemit.com
Mie Sop Pematang Siantar - steemit.com

Pematang Siantar, Anda mungkin sudah sering mendengar nama kota ini. Terletak di Provinsi , Pematang Siantar tidak hanya punya banyak spot oke, melainkan juga kuliner khas yang menggoda selera. khas Pematang Siantar sendiri tergolong unik dan beragam. Mulai dari jajanan ringan hingga berat, bisa Anda jumpai di sepanjang di kota ini. Harganya pun tergolong murah, yaitu mulai Rp3 ribuan per porsinya. Penasaran? Ini rekomendasi makanan khas Pematang Siantar yang wajib Anda coba.

Roti Ganda

Salah satu rekomendasi kuliner jika Anda sedang berkunjung ke Pematang Siantar, yaitu roti ganda. Ini merupakan salah satu makanan khas yang hanya bisa ditemukan di Siantar. Roti ini berbeda dengan roti pada umumnya, bentuk rotinya unik dan hampir menyerupai bentuk setengah lingkaran. Isiannya pun macam-macam, mulai dari meses, mentega, gula, keju, dan beraneka ragam selai.

Dari beragam jenis isian, roti ganda memiliki isian khas berupa meses dan kacang. Jika Anda pergi ke Siantar, Anda bisa mampir ke toko roti ganda yang . Letaknya di Jl. Sutomo No. 89, Kotamadya Pematangsiantar Sumatera Utara. Sepotong roti ini dijual mulai Rp9 ribuan hingga Rp17 ribuan per bungkusnya.

Roti Ganda - www.bukalapak.com
Roti Ganda – www.bukalapak.com

Mie Gomak

Bagi Anda yang ingin menikmati spageti ala Pematang Siantar, bisa mencoba mie gomak. Ini merupakan salah satu makanan khas Siantar yang legendaris. Banyak turis lokal dan mancanegara yang datang jauh-jauh ke Siantar karena mie gomak. Mie gomak sendiri terbuat dari mie lidi yang menyerupai pasta dan dimasak menggunakan rempah-rempah khusus. 

Ada 2 jenis mie gomak yang bisa Anda pesan. Jenis pertama adalah mie gomak kering dengan bentuk mirip dengan spageti Italia, bedanya hanya pada rasa dan sayur pelengkap saja. Ada juga jenis mie gomak kuah yang dilengkapi dengan andaliman dan santan kental. Untuk menikmati mie gomak juga tidak sulit, karena hampir di setiap sudut dan jalanan Siantar pasti terdapat penjual mie gomak. Harganya relatif terjangkau, yaitu mulai Rp3 ribuan hingga Rp5 ribuan saja per porsinya.

Mie Gomak - cookpad.com
Mie Gomak – cookpad.com

Roti Ketawa atau Roket

Jika Anda bosan dengan makanan berat, Anda juga bisa mencicipi jajanan ringan khas Pematang Siantar. Salah satu jajanan ringan yang bisa dijadikan camilan harian, yaitu roket atau roti ketawa. Bentuknya bulat kecil-kecil dengan taburan wijen hampir mirip dengan onde-onde, namun teksturnya garing dan renyah. Roti ini memiliki nama “ketawa” karena ada pola mirip orang tertawa pada bagian tengah roti.

Untuk mendapatkan roti ketawa juga sangat mudah. Anda bisa membelinya di hampir setiap sudut dan pinggir jalan Siantar. Roti ketawa ini akan lebih nikmat jika dimakan selagi hangat dan cuaca sedang dingin atau hujan. Biasanya, roti ketawa juga disuguhkan bersamaan dengan secangkir teh atau kopi. Harga roti ketawa/roket sendiri mulai Rp10 ribuan per bungkus.

Roti Ketawa atau Roket - www.tokopedia.com
Roti Ketawa atau Roket – www.tokopedia.com

Kopi Kok Tong

Ada juga khas Pematang Siantar yang bisa Anda coba, yaitu kopi kok tong. Ini merupakan salah satu jenis kopi dengan bahan dasar biji kopi robusta dari Simalungun. Bagi penikmat kopi, rasanya belum puas jika pergi ke Siantar tanpa mencoba kopi kok tong. Rasa kopinya lembut, dengan rasa pahit dan sedikit asam yang pas.

Berbeda dengan jenis kopi lainnya, kopi kok tong sendiri diproses secara tanpa bantuan mesin. Inilah yang membuat cita rasa kopi kok tong melekat di lidah para penikmatnya. Untuk menikmati minuman ini, Anda bisa berkunjung ke kedai kopi kok tong di Jl. Cipto No. 115, Dwikora, Kec. Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Harga secangkir kopi kok tong dibanderol mulai Rp8 ribuan hingga Rp12 ribuan, sedangkan untuk kopi kemasan kok tong harganya mulai Rp20 ribuan per kotak.

Kopi Kok Tong - travelingyuk.com
Kopi Kok Tong – travelingyuk.com

Mie Sop Pematang Siantar

Jika musim hujan dan hawa sedang dingin, paling enak memang makan-makanan yang hangat dan berkuah. Salah satu rekomendasi makanan khas Pematang Siantar dengan kuah hangat yang lezat, yaitu mie sop. Ini merupakan sop dengan kuah rempah yang dilengkapi dengan suwiran daging ayam, mie kuning, cabe rawit, dan sayuran. Ada juga beberapa menu yang dicampur dengan gorengan serta sate telur puyuh.

Untuk mencari mie sop seperti ini, sangat mudah, karena Anda bisa menemukannya di pinggir jalan dengan konsep kaki lima hingga mewah. Harga mie sop ini pun terbilang terjangkau, yaitu sekitar Rp5 ribuan untuk jenis mie sop biasa hingga Rp25 ribuan untuk jenis mie sop spesial dengan aneka topping, seperti telur, daging, jeroan, bakso, dan lain-lain. Biasanya, mie sop ini juga dilengkapi dengan perkedel kentang dan daging.

Mie Sop Pematang Siantar - steemit.com
Mie Sop Pematang Siantar – steemit.com

Babi Panggang Pematang Siantar

Ada juga rekomendasi makanan non-halal yang banyak dicari orang jika berkunjung ke Pematang Siantar, yaitu babi panggang. Ini salah salah satu makanan khas yang banyak dijual di setiap sudut kota. Babi panggang ini konon memiliki rasa yang lezat dengan aroma rempah yang khas. Cita rasanya gurih dan krispi di bagian luar dan lembut serta meleleh di bagian tengahnya. 

Untuk memproses babi panggang khas Pematang Siantar, juga tidak bisa sembarangan. Babi diolah secara tradisional menggunakan bara arang dan pada bagian perutnya sudah diisi dengan aneka rempah khas, termasuk andaliman. Seporsi babi panggang ini biasanya dijual mulai harga Rp27 ribuan hingga Rp80 ribuan.

Itulah beberapa rekomendasi mengenai makanan khas Pematang Siantar yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke kota tersebut. Jadi, ketika Anda sedang liburan ke kota ini, jangan lupa untuk mencicipi salah satunya.

Lihat Juga:   Panduan Perjalanan ke ‘Kampung di Atas Awan’ Wae Rebo




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan