Watulawang Resort, Sajikan View Eksotis Pantai Gunung Kidul




Pantai Watulawang di Gunung Kidul, Yogyakarta (sumber: beritagar.id)
Pantai Watulawang di Gunung Kidul, Yogyakarta (sumber: beritagar.id)

Daerah Gunung Kidul, Yogyakarta memang dapat dikatakan sebagai paket lengkap untuk berwisata. Selain dapat menikmati banyak eksotis, Anda pun bisa menemukan berbagai tipe penginapan untuk dijadikan lokasi bermalam. Nah, salah satu yang sempat sangat populer di kalangan wisatawan milenial adalah Watulawang Resort yang berada di kawasan Pantai Watulawang.

Gunung Kidul merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang identik dengan pegunungan kapur tandus dan kekeringan saat musim kemarau.[1] Meski demikian, Gunung Kidul juga memiliki potensi yang melimpah, salah satunya pariwisata. Ketika berlibur ke tempat ini, Anda tidak hanya disuguhi pemandangan gunung, melainkan juga air terjun serta pantai.

Untuk Anda yang doyan berwisata air, kawasan ini adalah tempat yang cocok untuk melepaskan penat. Pasalnya, Gunung Kidul memiliki banyak pantai, bahkan diklaim tidak kurang dari 70 pantai, dengan beberapa yang sudah tersohor di kalangan wisatawan antara lain Pantai Drini, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, Pantai Ngandong, hingga Pantai Sundak.[2][3]

Namun, bagi Anda yang bosan dengan pantai yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk menginjakkan kaki di Pantai Watulawang. Terletak di sisi timur Pantai Trenggole, pantai ini terbagi menjadi dua bagian yang dibatasi sebuah bukit karang. Di sebelah barat, ukuran pantai tidak terlalu luas dan bersebelahan langsung dengan Goa Watulawang. Sementara, di sisi timur, ukuran pantai lebih lapang, dengan spot foto berupa bambu kecil yang menghubungkan area pantai dengan pulau karang kecil di tengah laut.

Lihat Juga:   De Boutique Style Hotel, Akomodasi Berbintang Yang Murah di Kota Malang

Untuk menuju Pantai Watulawang sangatlah mudah. Cukup mengikuti jalan menuju Pantai Indrayanti. Setibanya di Pantai Indrayanti, di sebelah timur ada plang petunjuk jalan menuju Pantai Watulawang. Dari sana, tinggal ikuti saja jalan tersebut. Kondisi jalan masih berupa tanah bebatuan dan membutuhkan kehati-hatian untuk mengendarai kendaraan. Jika ragu untuk melewati jalan ini, kendaraan dapat diparkir di Pantai Indrayanti, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Watulawang Resort

Watulawang Resort (sumber: bestrentcar.blogspot.com)
Watulawang Resort (sumber: bestrentcar.blogspot.com)

Selain pemandangan yang unik, di Pantai Watulawang ada sebuah bernama Watulawang Resort. Berselang sekitar dua jam berkendara dari pusat Kota Yogyakarta, resort ini berdiri di atas bebatuan bukit karang. Untuk sampai ke resort, tamu akan dijemput kendaraan jeep beroda besar dari pool di bawah resort, kemudian berjalan menaiki bukit.

Akomodasi ini sebenarnya mirip Tembi Rumah Budaya. Bedanya, Anda akan disuguhi suasana pedesaan yang sangat kental dan juga yang cenderung laki-laki, seperti off-road dan sebagainya. Karena itu, jika wisatawan hendak mengunjungi tempat ini, disarankan tidak memakai kendaraan sedan atau sejenisnya, melainkan kendaraan 4WD agar lebih aman dan nyaman.

Setidaknya, ada dua yang sudah disediakan sebagai tempat bermalam. Fasilitas pendukung resort antara lain jacuzzi yang terletak di bibir pantai, di ruang terbuka, dengan air yang diambil langsung dari laut. Spa yang berada di pinggir bukit juga dapat memanjakan tamu dengan massage dan reflexology sambil menatap ombak dan birunya Samudera Hindia.

Bagi wisatawan yang memiliki minat terhadap dunia off-road, tersedia pula off-road mini circuit tracking. Tamu akan diajak menaiki dan menuruni bukit terjal dengan jeep-jeep beroda jumbo. Nyali pelancong akan diuji dengan menaklukkan kerasnya alam liar. Tantangan lainnya adalah melewati jembatan gantung yang menghubungkan satu bukit ke bukit lainnya di atas deburan ombak. Jembatan yang dibuat para nelayan itu akan membuat jantung berdegup kencang.

Lihat Juga:   Hotel Cepuri Yogyakarta, Penginapan Murah Dekat Malioboro dengan Fasilitas Lengkap

Watulawang Resort

Wallet Guest House (google: Murtijanto Surogapluk mr)
Wallet (google: Murtijanto Surogapluk mr)

Lalu, berapa yang diperlukan untuk bisa menikmati kenikmatan bermalam di Watulawang Resort? Sayangnya, dilansir dari berbagai sumber, penginapan ini kabarnya sudah tutup sejak beberapa tahun yang lalu. Padahal, harga sewa akomodasi yang terletak di Sidoharjo, Tepus ini kabarnya tidak terlalu menguras kantong, bahkan relatif murah jika melihat fasilitas dan suasana yang ditawarkan.

Nah, sebagai alternatif tempat bermalam, Anda bisa menginap di Walet Guest House yang hanya berjarak 0,8 km atau 10 menit berjalan kaki dari Pantai Watulawang. Selain itu, ada pula BOB Homestay yang berselang 1,9 km dari Pantai Watulawang. Rekomendasi lainnya, walaupun agak jauh, termasuk Penginapan Omah Sundak (1,5 km), Penginapan d’Omah Slili (2,1 km), dan Penginapan Mayasari (2,4 km).

[1] Wulandari, Fitri dan Sri Rahayu Budiani. 2017. Strategi Pengembangan Objek Wisata Gunung Ambar di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Bumi Indonesia, Vol. 6(1).

[2] Pramono, Aditya dan Ida Hayu Dwimawanti. 2017. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pantai di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNDIP, Vol. 6(3).

[3] Damayanti, Astrid dan Ranum Ayuningtyas. 2008. Karakteristik Fisik dan Pemanfaatan Pantai Karst Kabupaten Gunungkidul. Makara Teknologi, Vol. 12(2): 91-98.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan