Lokasi dan Fasilitas Menginap di Incheon Airport




Capsule Hotel Darakhyu - moverblog.goguin.com
Capsule Hotel Darakhyu - moverblog.goguin.com

ternyata tidak hanya berfungsi sebagai pintu gerbang kedatangan dan keberangkatan pesawat terbang. Pelabuhan udara ini ternyata juga bisa dijadikan lokasi menginap dan beristirahat bagi mereka yang menunggu jadwal penerbangan lanjutan atau baru turun dari pesawat. Nah, dari sekian banyak yang terdapat di Asia, salah satu yang cukup nyaman dijadikan tempat tidur adalah Incheon Airport.

Incheon Airport atau Bandara Internasional Incheon, dilansir Wikipedia, adalah bandara terbesar di Selatan dan merupakan salah satu yang terbesar di Benua Asia. Pelabuhan udara ini menggantikan Bandara Internasional Gimpo yang sekarang berstatus sebagai bandara domestik (kecuali penerbangan internasional ke Bandara Haneda di Tokyo). Berdasarkan survei Global Traveler, bandara ini merupakan yang terbaik di dunia selama tiga tahun beruntun, mulai 2006 sampai 2008.

Pada awal dekade 1990-an, Bandara Internasional Gimpo dirasa sudah tidak mampu mengatasi peningkatan lalu lintas udara di langit Negeri Ginseng. Untuk mengurangi beban bandara tersebut, maka dibangun Bandara Internasional Incheon pada bulan November 1992 Dibangun di atas tanah reklamasi antara Yeongjong dan Youngyu, bandara ini resmi dibuka pada bulan Maret 2001.

Pada tahap pertama, bandara ini memiliki kapasitas penumpang 30 juta orang per tahun dan kapasitas kargo 1,7 juta metrik ton setiap tahun. Kemudian, pada pembangunan tahap kedua di awal milenium ketiga, bandara ini memiliki kapasitas tahunan mencapai 410 ribu penerbangan, 44 juta penumpang, dan hampir 4,5 juta ton metrik kargo.

di Incheon Airport

Sebagai salah satu bandara terbaik di dunia, fasilitas yang disediakan di Bandara Incheon memang tidak main-main. Paling baru, pada Januari 2018 kemarin, Terminal 2 Bandara Incheon resmi beroperasi. Berbagai fasilitas dan teknologi baru yang belum ada di Terminal 1 diaplikasikan di terminal anyar ini, termasuk robot , sistem tampilan penerbangan, kereta bandara ke Seoul, sleeping box, fasilitas olahraga, area games, Great Hall, hingga area taman yang indah di luar terminal.

Menginap di Incheon Airport - supersempoi.blogspot.com
Menginap di Incheon Airport – supersempoi.blogspot.com

Sebelumnya, bandara ini sudah didukung dengan fasilitas yang terbilang komplet. Meja check-in, bea cukai dan imigrasi, pintu keberangkatan, bus luar kota, dan parkir sementara merupakan beberapa di antaranya. Tidak ketinggalan ruangan khusus internet, tempat khusus mandi dan berganti pakaian, lapangan golf, zona khusus anak, hingga museum mini yang dihiasi musik tradisional Korea.

Lihat Juga:   Tarif Bersaing, Ini Deretan Hotel Paling Dekat dengan Stasiun Kebumen

Fasilitas Menginap di Incheon Airport

Menurut situs Wego.co.id, Incheon Airport merupakan salah satu dari lima bandara di Asia yang paling nyaman digunakan untuk tidur, selain Bandara Internasional Changi di Singapura, Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Bandara Internasional Taiwan Taoyuan di Taipei, dan Bandara Internasional Hong Kong. Pasalnya, Bandara Incheon memiliki fasilitas komplet untuk kebutuhan beristirahat dari perjalanan jauh atau yang sedang menunggu jadwal penerbangan.

Menurut penuturan salah satu wisatawan asal Indonesia, cukup mudah memahami Incheon Airport. Terdiri dari empat lantai, lantai pertama adalah subway dan tempat sauna. Kemudian, lantai kedua merupakan area kedatangan pesawat, lalu lantai tiga adalah area keberangkatan. Terakhir, lantai empat berisi restoran dan fasilitas pendukung lainnya.

Jika Anda ingin menginap di bandara ini, sudah tersedia banyak kursi, seperti di lantai dua yang terdiri dari kursi model bench alias tidak memiliki sandaran namun telah tersedia TV dengan ukuran 50 inch. Sementara, di lantai tiga, tersedia banyak kursi yang telah dilengkapi dengan sandaran, beberapa di antaranya adalah kursi kayu yang panjang dan lainnya adalah kursi yang sedikit empuk (berada persis di tengah-tengah lantai tiga).

Menginap di Incheon Airport juga tidak bakal membuat Anda kesulitan jika memiliki keperluan mendadak. Kran air minum tersedia di depan setiap rest room, dengan jarak antara rest room satu dengan yang lainnya sekitar 25-50 meter. Ada ruang nursery untuk ibu dan anak yang diklaim sangat nyaman, berada di sayap kiri dan sayap kanan lantai tiga. Jika ingin mengisi perut, tersedia minimarket GS25 yang beroperasi 24 jam, selain KFC dan McDonalds. Sementara, untuk mengisi baterai perangkat elektronik, tersedia colokan listrik dengan jumlah yang berlimpah.

Lihat Juga:   Info Fasilitas & Tarif Menginap di Taman Safari Lodge
Relax Zone Incheon Airport - moverblog.goguin.com
Relax Zone Incheon Airport – moverblog.goguin.com

Jika Anda kebetulan memiliki anggaran berlebih, Anda pun bisa beristirahat di hotel kapsul dan juga hotel transit yang telah disediakan di Terminal 1 maupun Terminal 2. Di Terminal 1 misalnya, terdapat Capsule Hotel Darakhyu yang berlokasi di Center of Transportation Center 1BF dan Transit Hotel yang berada di Near Gate 25 on 4F. Berikut info lengkap tempat menginap di Incheon Airport.

Lokasi Menginap di Incheon Airport

Tempat MenginapLokasiFasilitas
Capsule Hotel Darakhyu (T1)Center of Transportation Center 1BF, Terminal 160 Capsule Rooms, Day Use (06.00-20.00), Overnight (20.00-06.00), Business Center, Shower
Transit Hotel (T1 East)Near Gate 25 on 4F, Terminal 1Guest Rooms, Shower Room, Biz Center
Capsule Hotel Darakhyu (T2)East of Transportation Center 1BF, Terminal 260 Capsule Rooms, Lobby Lounge, Biz Center, Public Shower
Transit Hotel (T2)Near Gate 252 on 4F, Terminal 250 Guest Rooms, Lounge, Biz Center
NAP Zone (T1 East)Near Gate 25 on 4F, Terminal 1Sleeping Beds
NAP Zone (T1 West)Near Gate 29 on 4F, Terminal 1Sleeping Beds
Relax Zone (T1 East)Near Gate 25 on 4F, Terminal 1Rest Chairs, Cell Phone Charger
Relax Zone (T1 West)Near Gate 29 on 4F, Terminal 1Rest Chairs, Cell Phone Charger
NAP Zone ConcourseCenter of 4F, ConcourseSleeping Beds
NAP Zone (T2 West)Near Gate 231 on 4F, Terminal 2Sleeping Beds
NAP Zone (T2 East)Near Gate 268 on 4F, Terminal 2Sleeping Beds
Relax Zone (T2 West)Near Gate 231 on 4F, Terminal 2Rest Chairs, Cell Phone Charger
Relax Zone (T2 East)Near Gate 268 on 4F, Terminal 2Rest Chairs, Cell Phone Charger

Daftar lokasi istirahat dan menginap di Incheon Airport di atas kami rangkum dari situs resmi bandara yang bersangkutan. Untuk hotel kapsul dan hotel transit, dikenakan sewa untuk menginap. Sementara, jika Anda bermalam di NAP Zone dan Relax Zone, tidak dikenakan inap alias gratis.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*