Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Kunjungi Sederet Tempat Wisata Menarik di Ho Chi Minh Ini!




Ben Thanh Market - www.vietnam-guide.com
Ben Thanh Market - www.vietnam-guide.com

Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang kerap dijadikan tujuan wisata oleh masyarakat di Indonesia dan juga penduduk dari berbagai belahan dunia lainnya. Salah satu yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi ketika Anda berlibur ke Vietnam adalah Ho Chi Minh. yang dulunya merupakan ibu koloni Perancis ini mengundang perhatian wisatawan karena deretan bangunan bergaya klasik ala Perancis.

Tak cukup sampai di situ, Ho Chi Minh City (HCMC) juga dikenal dengan wisata belanjanya yang murah. Terdapat banyak cenderamata yang bisa Anda beli di HCMC. Berikut ini daftar wisata menarik di Ho Chi Minh, Vietnam.

Cu Chi Tunnels

Cu Chi Tunnels merupakan salah satu objek wisata yang ikonik di Vietnam. Terowongan ini menghubungkan terowongan bawah tanah di Distrik Cu Chi Kota Ho Chi Minh (Saigon) dengan jaringan terowongan yang jauh lebih besar yang mendasari beberapa wilayah sekitar. Dulunya Chu Chi Tunnels dipakai untuk kampanye militer selama pergolakan Perang Vietnam.

Terowongan tersebut juga dipakai tentara Viet Cong untuk bersembunyi sekaligus menjadi komunikasi dan penyimpanan selama perang melawan . Meski dulu kawasan ini dikenal minim udara, air, makanan, bahkan dipenuhi semut, laba-laba, dan lipan berbisa, Cu Chi Tunnels justru saat ini menjadi salah satu tempat wisata wajib yang dikunjungi para turis ketika pelesir ke Vietnam. Terowongan yang panjangnya mencapai 121 km tersebut dilestarikan pemerintah dan disulap menjadi taman peringatan perang.

Cu Chi Tunnels - www.vietnam-guide.com
Cu Chi Tunnels – www.vietnam-guide.com

Saigon River

Jika Anda suka tempat yang bernuansa romantis, cobalah mengunjungi Saigon River. Sungai yang berhulu di Kamboja ini merupakan sungai yang memiliki peranan penting bagi masyarakat di Ho Chi Minh City sejak zaman dulu kala. Tak hanya menjadi sumber air, namun Saigon River juga berperan sebagai jalur perdagangan. Bahkan hingga kini pelabuhan di Saigon River masih diakui sebagai dermaga terpenting di Vietnam. Menariknya, di malam hari Anda bisa melihat beberapa kapal dengan kelap-kelip lampu warna-warna yang indah sekaligus instagramable.

Saigon River - www.vietnam-guide.com
Saigon River – www.vietnam-guide.com

Ben Thanh Market

Nah, bagi Anda penyuka shopping, jangan lewat kegiatan di Ben Thanh Market. Pasar yang terletak di Distrik 1 Kota Ho Chi Minh ini menjajakan kerajinan lokal hingga suvenir bermerek lainnya. Anda dapat menemukan berbagai barang menarik seperti pakaian, jam tangan, koper, sampai barang-barang antik yang belum tentu dapat Anda temukan di tempat lainnya. Jika kelaparan pun tak perlu khawatir, sebab pasar yang telah ada sejak abad 17 ini juga menjual khas Vietnam seperti mie goreng, ikan bakar, daging, dan masih banyak lagi.

Ben Thanh Market - www.vietnam-guide.com
Ben Thanh Market – www.vietnam-guide.com

Saigon Central Mosque

Bagi Anda yang beragama Islam tak perlu bingung mencari masjid untuk beribadah selama di Ho Chi Minh. Pasalnya ada Saigon Central Mosque yang bukan hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, tetapi juga menjadi salah satu destinasi wisata wajib saat ke Vietnam. Masjid yang memiliki nama asli Jamia Al Muslimin Mosque ini kabarnya telah dibangun sejak tahun 1935 silam untuk umat muslim India yang bermukim di Saigon. Masjid satu ini berlokasi di Dong Du Street, sekitar 1 km di sebelah utara Ben Thanh Market. Di sekitar Saigon Central Mosque pun ada banyak restoran halal yang bisa jadi tujuan Anda traveler muslim untuk mengisi perut.

Notre Dame Church

Konstruksi bangunan bergaya Eropa memang menakjubkan. Anda bisa menyaksikan langsung seperti apa kemegahan sekaligus keindahan gereja Notre Dame de Paris di ujung Timur Lle de La Cite. Gereja katedral Katolik ini disebut-sebut sebagai bangun pertama di dunia yang memakai penopang melayang atau terbang. Di gereja ini banyak patung kecil yang berfungsi sebagai pendukung kolam dan spouts air yang diletakkan di bagian luar. Katedral yang terkenal ini digagas oleh Maurice de Sully, seorang uskup Paris.

Fine Arts

Vietnam memiliki banyak sisa-sisa peninggalan masa kolonial, termasuk Fine Arts Museum. Bangunan museum ini khas dengan warna kuningnya yang lekat dengan gaya kolonial. Fine Arts Museum kabarnya dibangun sejak tahun 1929 silam serta menjadi museum seni rupa yang terkenal dan terbesar kedua di Vietnam. Harga tiket masuk Fine Arts Museum cukup murah, hanya VND 10.000 saja atau sekitar Rp 6 ribuan.

Dalam Fine Arts Museum menyimpan berbagai koleksi menakjubkan seperti patung-patung era Funan sampai seni Cham yang berasal dari abad ke-7. Selain itu ada juga lukisan, patung, atau ukiran kayu bergaya Hang Trong Dong Ho dan Kim Hoang, serta keramik Vietnam dan koleksi seni Budha kuno. Bahkan ada pula peninggalan arkeologi dari Champa dan Oc Eo.

Saigon Central Post Office

Satu lagi destinasi unik sekaligus menarik yang bisa Anda kunjungi di Ho Chi Minh, yaitu Saigon Central Post Office. Saigon Central Post Office terletak di dekat Diamond Plaza dan Katedral Notre Dame. Kantor pos besar ini memiliki arsitektur bangunan yang menakjubkan dan sampai saat ini masih difungsikan sebagai kantor pos pada umumnya untuk berkirim kartu pos atau lain-lain. Bagi Anda penggemar filateli tampaknya layak untuk mencoba membeli perangko atau bahkan kartu pos dari Saigon Central Post Office untuk dijadikan koleksi.

Selain tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, masih banyak destinasi wisata menarik lain di Ho Chi Minh, seperti Golden Dragon Water Puppet Theater, Ho Chi Minh City Hall, War Remnant Museum, Taman Kota, Reunification Palace, Giac Lam Pagoda, dan masih banyak lagi.

Lihat Juga:   Ingin Liburan ke Gili Genting? Ini Info Tarif & Fasilitas Penginapan di Gili Genting Madura




Tentang Dian Kartika1086 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan