Libur Lebaran Enaknya ke Mana? Ini Referensi untuk Anda

Bali - www.traveloka.com

Hari Raya Idul Fitri, atau Lebaran, merupakan salah satu momen yang cocok digunakan untuk bersama dan kerabat dekat. Ada banyak tempat atau destinasi yang bisa Anda kunjungi di momen hari besarnya umat Islam tersebut. Nah, berikut beberapa tempat yang dapat Anda jadikan referensi melakukan liburan bersama .

, Referensi Liburan Nomor Satu

Tidak bisa disangkal jika Bali, hingga detik ini, masih menjadi destinasi wisata paling populer di Indonesia. Karena itu, tidak mengherankan jika ketika musim liburan, seperti Natal, Tahun Baru, hingga Lebaran, Pulau Dewata ramai didatangi wisatawan. Itu sebabnya, tidak semua destinasi wisata di Bali cocok untuk mereka yang membutuhkan suasana yang tenang.

Jika Anda ingin berwisata ke Bali selama Lebaran, Anda bisa mengunjungi Candidasa yang berlokasi di Bali bagian timur. Lokasinya yang jauh dari pusat , ditambah masih belum adanya hotel-hotel berstandar internasional, membuat Bali bagian timur masih relatif sepi. Candidasa ini sendiri terdapat di Teluk Amuk, merupakan sebuah resort dengan pemandangan pantai yang indah.

Selain itu, tempat yang masih relatif sepi adalah Pantai Pandawa. Tertutup oleh dua tebing, pantai ini juga sering disebut sebagai Secret Beach. Tidak berbeda dengan pantai di Bali kebanyakan, Pantai Pandawa juga memiliki hamparan pasir berwarna putih yang membentang luas, dengan air laut yang biru dan jernih. Di samping itu, wisatawan juga akan merasakan suasana yang tenang dan damai.

Objek wisata lainnya di Bali yang cocok dijadikan lokasi berlibur selama Lebaran adalah Pantai Gunung Payung yang terletak di kawasan Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan dan Pantai Karma Kandara Ungasan yang berlokasi paling selatan di Pulau Bali. Banyak yang menyebut Pantai Karma Kandara Ungasan sebagai pantai bernuansa pesisir Mediterania.

Bali - www.traveloka.com

Bali – www.traveloka.com

Menikmati Dinginnya Bandung

Jika Anda warga Jawa Barat, Anda mungkin bisa pergi ke Bandung untuk menghabiskan waktu libur Lebaran bersama keluarga. Populer sebagai salah satu destinasi wisata wisatawan lokal dan mancanegara, ibukota Jawa Barat tersebut tentunya menawarkan beragam spot wisata menarik, menyenangkan, bahkan banyak di antaranya yang gratis.

Untuk wisata gratis, Anda bisa bepergian ke Alun-Alun Bandung yang mulai tahun 2014 lalu, memiliki wajah baru, salah satunya dilapisi rumput sintetis. Kemudian, ada juga Sejarah yang diresmikan awal 2017 dan mengusung konsep wisata edukasi. Wisata gratis lainnya adalah Balai Kota Bandung, Bus Bandros, serta Jalan Asia Afrika dan Braga.

Lihat Juga:   Referensi Tempat Wisata diMalaysia selain Kuala Lumpur

Sementara, jika ingin berwisata alam, Lembang merupakan spot yang sangat direkomendasikan. Pasalnya, di dataran tinggi ini, Anda bisa menemukan banyak objek wisata alam, yang tidak hanya elok, tetapi juga sejuk dan terkadang menantang. Tempat wisata di Lembang yang wajib dikunjungi di antaranya De Ranch, Bandung Treetop Adventure, Farm House Lembang, Gunung Tangkuban Perahu, Situ Lembang, dan berbagai air terjun yang populer dengan sebutan curug.

Bandung - www.booking.com

Bandung – www.booking.com

Wisata Budaya dan Alam di

Selain Bandung, Yogyakarta juga menjadi salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di kalangan pelancong. Masih mempertahankan tradisi leluhur, salah satu daerah istimewa di Indonesia ini memang terkenal akan wisata budaya dan sejarah. Tetapi, tidak hanya itu, Kota Gudeg juga memiliki beragam objek wisata alam dan wisata belanja yang tidak kalah menarik dengan daerah lain.

Untuk wisata budaya dan sejarah, siapa yang tidak mengenal Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Museum Benteng Vredeburg, Situs Ratu Baka, hingga Candi Prambanan. Semua tempat-tempat tersebut merupakan spot yang sering dikunjungi wisatawan, terutama mereka yang menyukai budaya dan sejarah unik khas Yogyakarta.

Sementara, untuk wisata alam, Anda bisa berkunjung ke Yogyakarta sebelah selatan, tepatnya di Gunung Kidul. Di kabupaten ini, beragam pantai siap memanjakan hasrat Anda untuk menikmati pemandangan laut selatan yang menakjubkan, sebut saja Pantai Baron, Pantai Drini, hingga Pantai Pok Tunggal. Di samping itu, ada juga Watu Giring, Pulau Kalong, Air Terjun Kedung Kandang, hingga keindahan sunrise di Gunung Ireng.

Nah, bagi mereka yang doyan berbelanja, salah satu tempat hits di Yogyakarta yang wajib disambangi adalah Jalan Malioboro. Ini adalah kawasan populer di Yogyakarta yang berlokasi tidak jauh dari Stasiun Tugu dan Keraton Yogyakarta. Di tempat ini, turis bisa berbelanja berbagai souvenir, menikmati nasi gudeg, hingga menyaksikan pertunjukan seni dari seniman-seniman lokal.

Yogyakarta - id.wikipedia.org

Yogyakarta – id.wikipedia.org

Wisata di Jakarta, Untuk yang Nggak Mudik

Tidak bisa dipungkiri, menjelang Lebaran, banyak warga perantauan di Jakarta yang memilih untuk pulang kampung atau mudik. Di satu sisi, hal ini sering menimbulkan kemacetan yang luar biasa di jalan-jalan provinsi. Namun, di sisi lain, hal tersebut membuat ibukota menjadi lengang dan suasana menjadi lebih asyik untuk penduduk lokal maupun mereka yang memilih tidak ikutan mudik.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Populer dan Wajib Kunjung di Jakarta

Sebenarnya, di Jakarta, banyak spot menarik yang bisa Anda jadikan lokasi liburan ketika Lebaran. Monumen Nasional atau Monas salah satunya, yang merupakan ikon Jakarta dengan ketinggian 132 meter. Didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan, monumen ini memiliki ‘lidah api’ yang dilapisi lembaran emas.

Jika Monas sudah terlalu mainstream, Anda bisa pergi utara menuju Kepulauan Seribu. Ini merupakan objek wisata di Jakarta yang terdiri dari beberapa pulau kecil, termasuk Pulau Harapan, Pulau Bidadari, dan Pulau Pari. Selain menikmati keindahan pantai, di Kepulauan Seribu, Anda bisa melakukan beragam olahraga air, seperti diving dan snorkeling, atau sekadar berjalan-jalan.

Untuk mereka yang memiliki anak kecil, di Jakarta juga sudah tersedia beragam wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Salah satu yang populer adalah Dunia Fantasi (Dufan). Di samping itu, jangan lupakan juga Taman Impian Jaya Ancol (sekarang bernama Ancol Dreamland) dan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII.

Jakarta - www.turwisatajakarta.com

Jakarta – www.turwisatajakarta.com

Alternatif Lainnya

Jika Anda tidak berencana melakukan ke luar kota atau luar daerah selama Lebaran, Anda masih bisa menghabiskan waktu di kota Anda. Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk refreshing. Jika Anda doyan berbelanja, mall adalah tempat menarik untuk menyalurkan hobi Anda. Sementara, jika Anda hobi menonton, Anda bisa mengajak orang terdekat untuk nonton film-film terbaru di bioskop.

Apabila Anda termasuk orang yang penyendiri dan tidak suka keramaian, mengasingkan diri di toko buku atau nongkrong di kafe sambil nge-blog juga bisa menjadi alternatif yang menarik. Nah, jika membutuhkan tempat yang lebih ekstrem untuk menyendiri, naik ke gunung bisa Anda coba, tetapi pastikan jalur pendakian tidak ditutup.

Maven Gunung Sahari Maven Gunung Sahari Rp 138.843 grade 2
Rumah Shinta Rumah Shinta Rp 195.000 grade 2
Hotel Fiducia Kaji Hotel Fiducia Kaji Rp 229.885 grade 0
Hollywood Hotel Hollywood Hotel Rp 229.999 grade 1

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>